Sukses

Sepanjang 2023, Densus 88 Polri Tangkap 142 Tersangka Terorisme

Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri merilis hasil pengungkapan dan tindakan pencegahan kasus teroris sepanjang 2023. Dengan total telah menangkap sebanyak 142 tersangka teroris yang tersebar di sejumlah wilayah di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri merilis hasil pengungkapan dan tindakan pencegahan kasus teroris sepanjang 2023. Dengan total telah menangkap sebanyak 142 tersangka teroris yang tersebar di sejumlah wilayah di Indonesia.

“Sebagai bentuk pengungkapan dan pencegahan tindak pidana teroris ada 142 tersangka yang diamankan Densus 88 sepanjang tahun 2023,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol, Ahmar Ramadhan saat jumpa pers, Rabu (20/12/2023).

Terperinci dari 142 tersangka, ada sebanyak 101 tersangka masih dalam proses penyidikan, 23 tersangka telah dinyatakan berkas lengkap atau P21. Lalu, ada dua tersangka yang tewas usai dilakukan tindakan tegas terukus, setelah terlibat baku tembak dengan Densus 88 saat operasi.

Selain total update kasus, dari 142 tersangka teroris juga terbagi ke dalam kelompok teroris dari, Jaringan Anshor Daulah (JAD), Negara Islam Indonesia (NII), Jamaah Ansharusy Syariah (JAS), Jamaah Islamiyah (JI), dan kelompok Abu Oemar (AO) tersangja yang berencana menggagalkan Pemilu 2024.

“Kemudian berdasarkan jenis kelamaain tersangka, ada 138 pria dan 4 wanita. Beberapa, tersangka yang diamankan yang paling baru yaitu penangkapan di wilayah Jawa Tengah sebanyak 9 orang, di wilayah Sragen, Boyolali, dan sekitarnya ini dari kelompok JI,” kata dia

“Kemudian penangkapan dari kelompok NII sebanyak 3 orang, dan penangkapan dari kelompok AO terakhir dari densus disampaikan sebanyak 49 tersangka diamankan di Bogor, kemudian Bekasi, dan Sukabumi,” sambungnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2 Pelaku Tewas Saat Operasi

Pada kesempatan yang sama, Juru Bicara Densus 88 Antiteror Polri, Kombes Aswin Siregar menjelaskan terkait dua tersangka yang tewas adalah teroris di Lampung, pada 12 April 2023.

“Telah terjadi kontak tembak antara kelompok teroris JI di lampung dengan anggota densus 88. Yang menyebabkan 2 tersangka teroris atas nama M alias DA dan ZK waktu itu meninggal dunia,” ucap Aswin.

Sementara, Aswin menyampaikan saat operasi tersebut kedua tersangka turut melakukan perlawanan. Sehingga, terjadi baku tembak sampai dua anggota Densus 88 pun terluka dan dilarikan awak medis.

“Dimana korban waktu itu, terkena luka tembakan. Kemudian, dievakuasi waktu itu ada petugas medic lapangan yang kita datangkan saat terjadi luka bagi petugas kita,” tuturnya.

 

Reporter: Bachtiarudin Alam

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.