Sukses

Top 3 News: Detik-Detik Bus Handoyo Terguling di Tol Cipali Sebabkan 12 Orang Meninggal

Kepolisian Daerah Jawa Barat mengungkapkan kronologi kecelakaan bus PO Handoyo yang terguling di ruas Tol Cipali, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Jumat sore 15 Desember 2023. Itulah top 3 news hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Kepolisian Daerah Jawa Barat mengungkapkan kronologi kecelakaan bus PO Handoyo yang terguling di ruas Tol Cipali, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Jumat sore 15 Desember 2023. Itulah top 3 news hari ini.

Kecelakaan bus Handoyo tersebut mengakibatkan 12 orang penumpangnya meninggal dunia dan terjadi diduga karena pengemudi kehilangan kendali atas kendaraannya. Hal itu seperti disampaikan Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jawa Barat Komisaris Besar Polisi Ibrahim Tompo.

Tompo melanjutkan bahwa pengemudi bus PO Handoyo kini sudah diamankan, sedangkan para korban meninggal dan luka-luka serta bus yang mengalami kecelakaan telah dievakuasi.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo atau Jokowi memakai dasi bewarna kuning saat bertolak ke Tokyo, Jepang dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, Sabtu 16 Desember 2023.

Jokowi memadukan dasi kuning dengan jas serta celana bewarna biru gelap dan kemeja putih. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu sempat ditanya awak media perihal makna dibalik dirinya memakai dasi kuning.

Presiden Jokowi awalnya hanya tersenyum sambil memegang dasi bewarna kuning. Namun, Jokowi memberikan jawaban singkat soal makna dibalik dasi kuning yang dipakainya. Jokowi pun mengakhiri sesi tanya jawab bersama wartawan.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait Universitas Gadjah Mada (UGM) angkat bicara soal spanduk penghargaan 'Jokowi Alumnus Paling Memalukan' yang dibuat Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (KM) UGM diganti menjadi 'Jokowi Alumnus Paling Membanggakan'.

UGM menjelaskan bahwa spanduk yang dibuat BEM UGM tidak diubah, namun dibuat sendiri oleh mahasiswa yang berbeda. Hal itu disampaikan Sekretaris UGM Andi Sandi Antonius Tonralipu.

Menurut Andi, munculnya spanduk 'Jokowi Alumnus UGM Paling Membanggakan' merupakan dinamika di lingkungan mahasiswa. Dia menyebut pihak universitas memberikan ruang bagi para mahasiswa untuk menyampaikan aspirasinya.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Sabtu 16 Desember 2023:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Detik-Detik Bus PO Handoyo Terguling di Tol Cipali, 12 Orang Tewas

Kepolisian Daerah Jawa Barat mengungkapkan kecelakaan bus PO Handoyo yang terguling di ruas Tol Cipali, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Jumat sore 15 Desember 2023, dan mengakibatkan 12 orang penumpangnya meninggal dunia, diduga karena pengemudi kehilangan kendali atas kendaraannya.

"Setibanya di TKP (tempat kejadian perkara) saat melaju di jalan yang menikung ke kiri, diduga pengemudi kurang antisipasi sehingga kendaraan oleng tidak terkendali menabrak guardril. Selanjutnya kendaraan terbalik miring, roda kiri di atas di badan jalan menghadap arah selatan," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jawa Barat Komisaris Besar Polisi Ibrahim Tompo seperti dilansir Antara.

Tompo melanjutkan bahwa pengemudi bus PO Handoyo kini sudah diamankan, sedangkan para korban meninggal dan luka-luka serta bus yang mengalami kecelakaan telah dievakuasi.

"Sementara sopir diamankan di Markas Polres Purwakarta dengan kondisi luka ringan. Para korban dievakuasi ke rumah sakit terdekat dan bus sudah dilakukan evakuasi," ujarnya.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Jokowi Pakai Dasi Kuning ke Jepang: Masa Enggak Tahu

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memakai dasi bewarna kuning saat bertolak ke Tokyo, Jepang dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, Sabtu 16 Desember 2023.

Jokowi memadukan dasi kuning dengan jas serta celana bewarna biru gelap dan kemeja putih.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu sempat ditanya awak media perihal makna dibalik dirinya memakai dasi bewarna kuning. Dia awalnya hanya tersenyum sambil memegang dasi bewarna kuning.

Namun, Jokowi memberikan jawaban singkat soal makna dibalik dasi kuning yang dipakainya. Jokowi pun mengakhiri sesi tanya jawab bersama wartawan.

"Pak, memakai dasi kuning maknanya apa, Pak?," tanya awak media kepada Jokowi.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Spanduk Jokowi Alumnus Memalukan Berubah Jadi Membanggakan, Begini Penjelasan UGM

Universitas Gadjah Mada (UGM) angkat bicara soal spanduk penghargaan 'Jokowi Alumnus Paling Memalukan' yang dibuat Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (KM) UGM diganti menjadi 'Jokowi Alumnus Paling Membanggakan'.

UGM menjelaskan bahwa spanduk yang dibuat BEM UGM tidak diubah, namun dibuat sendiri oleh mahasiswa yang berbeda.

"Itu tidak diubah melainkan dilakukan oleh mahasiswa yang berbeda," kata Sekretaris UGM Andi Sandi Antonius Tonralipu kepada Liputan6.com, Sabtu 16 Desember 2023.

Menurut Andi, munculnya spanduk 'Jokowi Alumnus UGM Paling Membanggakan' merupakan dinamika di lingkungan mahasiswa. Sandi menyebut pihak universitas memberikan ruang bagi para mahasiswa untuk menyampaikan aspirasinya.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.