Sukses

Top 3 News: Lima Fakta Kabar Duka Eks Kepala BNPB Doni Monardo Meninggal Dunia

Mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen (Purn) Doni Monardo tutup usia pada Minggu 3 Desember 2023. Kabar duka tersebut dibenarkan oleh Kepala BNPB Letjen Suharyanto. Itulah top 3 news hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen (Purn) Doni Monardo tutup usia pada Minggu 3 Desember 2023. Kabar duka tersebut dibenarkan oleh Kepala BNPB Letjen Suharyanto. Itulah top 3 news hari ini.

Doni Monardo meninggal dunia di Rumah Sakit Siloam Semanggi Jakarta setelah diketahui sebelumnya sempat dirawat karena sakit. Saat masih menjalani perawatan di rumah sakit, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat menjenguk Doni Monardo pada Selasa 7 November 2023.

Menurut Perwakilan Persatuan Purnawirawan TNI-Angkatan Darat (PPAD) Brigjen TNI (Purn) Bambang Irianto, jenazah Doni Monardo terlebih dahulu dibawa ke rumah duka di BSD Tangerang Selatan, usai dimandikan di RS Siloam.

Sementara itu, Gunung Marapi yang terletak di Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar) meletus sekitar pukul 14.55 WIB pada Minggu 3 Desember 2023.

Pantauan Liputan6.com dari Kecamatan Sungai Pua Kabupaten Agam, suara gemuruh terdengar saat erupsi, yang membuat panik warga sekitar dan berlarian ke luar rumah.

Usai Gunung Marapi meletus, hujan abu dan batu melanda sejumlah daerah di Agam, Sumatera Barat. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam melaporkan, setidaknya tercatat 14 dari 16 kecamatan di wilayah tersebut terkena abu dan hujan batu.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait Calon Presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto hadiri doa bersama yang digelar di kediaman Mantan Bupati Lebak, Mulyadi Jaya Baya, pada Minggu 3 Desember 2023.

Dalam sambutannya, Prabowo pun menyingung kerap menjadi korban fitnah. Salah satunya fitnah tentang mengudeta pemerintahan sah saat itu. Dia mengatakan, prajurit tentara telah diambil sumpah dan diajarkan untuk setia kepada negara, bangsa, pancasila dan UUD 1945. Karena itu, tak mungkin apabila ada niatan mengambil alih pemerintahan sah.

Prabowo kemudian menegaskan, tidak ada satupun jenderal-jenderal di Indonesia yang punya pemikiran untuk melakukan kudeta. Dia menyakini, jenderal-jenderal Indonesia setia kepada UUD 45, Pancasila, bangsa dan rakyat.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Senin 4 Desember 2023:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Lima Fakta Kabar Duka Eks Kepala BNPB Doni Monardo Meninggal Dunia pada Minggu 3 Desember 2023

Mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen (Purn) Doni Monardo tutup usia pada Minggu 3 Desember 2023. Kabar duka tersebut dibenarkan oleh Kepala BNPB Letjen Suharyanto.

"Innalillahi wainnaillaihii rojiun.Kami turut berdukacita atas berpulangnya ke rahmatullah Bpk. Letjen TNI (Purn) Doni Monardo," kata Suharyanto saat dikonfirmasi Liputan6.com, Minggu 3 Desember 2023.

Doni Monardo meninggal dunia di Rumah Sakit Siloam Semanggi Jakarta setelah diketahui sebelumnya sempat dirawat karena sakit.

Saat masih menjalani perawatan di rumah sakit, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat menjenguk Doni Monardo pada Selasa 7 November 2023.

Sementara itu menurut Perwakilan Persatuan Purnawirawan TNI-Angkatan Darat (PPAD) Brigjen TNI (Purn) Bambang Irianto, jenazah Doni Monardo terlebih dahulu dibawa ke rumah duka di BSD Tangerang Selatan, usai dimandikan di RS Siloam.

"Selanjutnya, jenazah Doni akan dibawah ke Mako Kopassus Jakarta Timur dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan atau TMP Kalibata Jakarta Selatan pada Senin, 4 Desember 2023," kata Bambang.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Tujuh Fakta Terkait Gunung Marapi Meletus di Sumatera Barat pada Minggu 3 Desember 2023

Gunung Marapi yang terletak di Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar) meletus sekitar pukul 14.55 WIB pada Minggu 3 Desember 2023.

Pantauan Liputan6.com dari Kecamatan Sungai Pua Kabupaten Agam, suara gemuruh terdengar saat erupsi, yang membuat panik warga sekitar dan berlarian ke luar rumah.

Salah seorang warga, Zahra mengatakan dirinya sedang tertidur kemudian tergengar gemuruh yang sangat kuat.

"Saya kira awalnya gempa, tapi tidak ada guncangan, kemudian ketika lari ke luar rumah baru terlihat erupsi di Marapi," ujar Zahra, Minggu 3 Desember 2023.

Sekretaris BPBD Agam Olkawendri mengatakan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam melaporkan, setidaknya tercatat 14 dari 16 kecamatan di wilayah tersebut terkena abu dan hujan batu.

"Ini data yang kita peroleh dari masing-masing camat," kata Olkawendri di Lubuk Basung, Minggu 3 Desember 2023.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Prabowo: Saya Heran Terus Difitnah, Bahkan Dituduh Mau Kudeta

Calon Presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto hadiri doa bersama yang digelar di kediaman Mantan Bupati Lebak, Mulyadi Jaya Baya, pada Minggu 3 Desember 2023.

Dalam sambutannya, Prabowo pun menyingung kerap menjadi korban fitnah. Salah satunya fitnah tentang mengudeta pemerintahan sah saat itu.

"Saya sendiri sudah mengalami dari dulu saya difitnah terus, saya heran juga kenapa aku difitnah terus. Dulu saya dituduh mau kudeta," kata Prabowo saat memberi sambutan.

Prabowo mengatakan, prajurit tentara telah diambil sumpah dan diajarkan untuk setia kepada negara, bangsa, pancasila dan UUD 1945. Karena itu, tak mungkin apabila ada niatan mengambil alih pemerintahan sah.

"Tidak ada niat karena saya ambil sumpah untuk menjaga Pancasila dan UUD 1945, Bagaimana seorang prajurit kok dia harus melanggar," ujar dia.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.