Sukses

5 Fakta Kabar Duka Artis Kiki Fatmala Meninggal Dunia di Usia 56 Tahun

Kabar duka kembali datang dari artis Indonesia. Pada hari ini, Jumat (1/12/2023), aktris cantik Kiki Fatmala meninggal dunia. Kabar duka tersebut terkonfirmasi lewat akun Instagram terverifikasinya @qq_fatmala.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar duka kembali datang dari artis Indonesia. Pada hari ini, Jumat (1/12/2023), aktris cantik Kiki Fatmala meninggal dunia. Kabar duka tersebut terkonfirmasi lewat akun Instagram terverifikasinya @qq_fatmala.

Dikabarkan, sang aktris meninggal dunia pada usia 56 tahun akibat komplikasi kanker. Informasi ini disampaikan lewat pernyataan tertulis pihak keluarga yang diunggah di akun Instagram Kiki Fatmala.

Pernyataan tersebut disertai potret kenangan Kiki Fatmala dalam format monokrom. Pihak keluarga menyampaikan kesedihan mendalam saat menghadapi fakta Kiki Fatmala berpulang.

"Dengan kesedihan mendalam dan hati yang berat, kami ingin mengumumkan berpulangnya yang tercinta Kiki Fatmala yang bukan hanya anggota terkasih keluarga kami tetapi juga seorang sahabat yang dikenal oleh banyak orang," tulis akun Kiki Fatmala di Intagram miliknya @qq_fatmala, Jumat (1/12/2023).

"Kiki Fatmala meninggal dunia pada 1 Desember 2023 pada usia 56 tahun kaena komplikasi akibat kanker," sambung dia.

Permintaan lain keluarga Kiki Fatmala adalah permohonan halus agar sahabat-sahabatnya tidak mengirimkan karangan bunga tanda berdukacita.

"Bagi yang ingin mengirimkan karangan bunga, keluarga meminta agar digantikan dengan sumbangan kepada badan amal sebagai penghormatan untuk Kiki Fatmala," tulis pernyataan keluarga Kiki Fatmala.

Sebelumnya diketahui, selama dua tahun belakangan, Kiki Fatmala memang beberapa kali tampil di muka publik untuk menceritakan soal perjuangannya melawan kanker. Ia didiagnosis menderita kanker paru-paru stadium pada 2021 lalu.

Berikut sederet fakta terkait kabar duka Kiki Fatmala meninggal dunia dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Dikabarkan Keluarga di Akun Instagram Kiki Fatmala

Kabar duka datang dari industri film Indonesia. Kiki Fatmala meninggal dunia. Kabar Kiki Fatmala mangkat terkonfirmasi lewat akun Instagram terverifikasinya @qq_fatmala, Jumat (1/12/2023).

Sang aktris meninggal dunia pada usia 56 tahun akibat komplikasi kanker. Informasi ini disampaikan lewat pernyataan tertulis pihak keluarga yang diunggah di akun Instagram Kiki Fatmala.

Pernyataan ini menyertai potret kenangan Kiki Fatmala dalam format monokrom. Pihak keluarga menyampaikan kesedihan mendalam saat menghadapi fakta Kiki Fatmala berpulang.

"Dengan kesedihan mendalam dan hati yang berat, kami ingin mengumumkan berpulangnya yang tercinta Kiki Fatmala yang bukan hanya anggota terkasih keluarga kami tetapi juga seorang sahabat yang dikenal oleh banyak orang," tulis akun Kiki Fatmala di Intagram miliknya @qq_fatmala, Jumat (1/12/2023).

"Kiki Fatmala meninggal dunia pada 1 Desember 2023 pada usia 56 tahun kaena komplikasi akibat kanker," beri tahu pihak keluarga Kiki Fatmala.

 

3 dari 6 halaman

2. Minta Karangan Bunga Dukacita Diganti Sumbangan ke Badan Amal

Dalam unggahan tersebut juga disampaikan juga dua permintaan khusus dari pihak keluarga Kiki Fatmala yang sedang berduka. Pertama, adalah permintaan kepada media maupun publik agar privasi mereka dihormati.

"Pernyataan ini adalahsatu-satunya komunikasi resmi dari keuarga, dan kami tidak akan memberikan wawancara atau pernyataan tambahan selain ini," kata keluarga Kiki Fatmala.

Permintaan lain keluarga Kiki Fatmala, adalah permohonan halus agar sahabat-sahabatnya tak mengirimkan karangan bunga tanda berdukacita.

"Bagi yang ingin mengirimkan karangan bunga, keluarga meminta agar digantikan dengan sumbangan kepada badan amal sebagai penghormatan untuk Kiki Fatmala," tulis pihak keluarga.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada para penggemar, teman-teman, dan rekan-rekan beliau atas pesan-pesan simpati dan dukungannya. Kami sangat menghargai pengertian rekan-rekan semua selama masa sulit ini. Terima kasih," tambahnya.

Sebagai informasi, kolom komentar dalam unggahan ini ditutup.

 

4 dari 6 halaman

3. Keluarga Ingin Suasana Tenang dan Intim

Keluarga Kiki Fatmala menyampaikan pernyataan sikap seraya mengabarkan bahwa Kiki Fatmala meninggal dunia di usia 56 tahun. Sang aktris berpulang pada Jumat (1/12/2023).

Lewat akun Instagram terverifikasi pada hari yang sama, Kiki Fatmala dinyatakan meninggal dunia akibat komplikasi kanker. Penghormatan terakhir dan layanan memorial untuk mendiang dilakukan secara tertutup.

Pihak keluarga bintang film Masuk Kena Keluar Kena dan Bagi-bagi Dong meminta privasi untuk melewati masa duka dengan tenang. Keluarga Kiki Fatmala juga tak melayani wawancara dengan awak media.

"Di saat-saat sulit ini, keluarga kamı memohon privasi dan pengertian atas rasa berduka dan kehilangan kami. Meskipun kami menghargai minat publik untuk menghormati kenangan beliau, kami memilih untuk menyelenggarakan layanan memorial yang tertutup dan pribadi," tulisnya.

Layanan memorial sekaligus penghormatan terakhir kepada Kiki Fatmala hanya untuk keluarga dan teman-teman terdekat. Tujuannya, agar suasana perkabungan lebih tenang dan khidmat.

"Kami meminta penghormatan dan pengertian Anda untuk memberi kami ruang untuk berduka dan mengenang Kiki Fatmala dalam suasana yang tenang dan intim," tulis pihak keluarga Kiki Fatmala.

Untuk menghindari desas-desus dan kesimpangsiuran, semua informasi terkait meninggalnya Kiki Fatmala dialirkan lewat satu pintu. Keluarga Kiki Fatmala juga tak menjelaskan lokasi layanan memorial.

"Kami dengan tulus meminta agar media dan publik menghormati keinginan privasi keluarga kami selama masa sulit ini. Pernyataan ini adalah satu-satunya komunikasi resmi dari keluarga dan kami tidak akan memberikan wawancara atau pernyataan tambahan selain ini," urainya.

 

5 dari 6 halaman

4. Sempat Berjuang Hadapi Kanker Paru-Paru Stadium 4 dan Membaik Sebelum Meninggal Dunia

Selama dua tahun belakangan, Kiki Fatmala memang beberapa kali tampil di muka publik untuk menceritakan soal perjuangannya melawan kanker. Ia didiagnosis menderita kanker paru-paru stadium pada 2021 lalu.

Dalam wawancara di kanal YouTube Maia Al El Dul TV bersama Maia Estianty, Kiki mengungkap penyakit ini awalnya diketahui saat suaminya, Christopher, ingin melakukan pemeriksaan cancer marker dalam general checkup di RS. Kala itu Kiki merasa kondisinya baik-baik saja, tapi suami memintanya tetap melakukan cancer marker karena dua sahabatnya terkena kanker.

"Akhirnya dicek, kita ke rumah sakit dicek semua pas keluar hasilnya, ada sesuatu di paru-paru. Masih, ‘Apa, nih?’ Dilanjutin di CT Scan ternyata dokter bilang, ‘Wah ini kayaknya kanker’," tutur Kiki Fatmala kala itu.

Peran besar suaminya tak hanya soal deteksi pertama kanker ini saja. Dalam wawancara lain, Kiki menyatakan suaminya selalu memberinya dukungan.

"Aku berjuang cancer enggak sendiri. Aku berjuang karena suami ada di sisi aku. Dia juga yang banyak nyari dokternya di mana, obatnya apa," urai Kiki Fatmala.

Untuk mengalahkan sel kanker yang bersarang di tubuhnya, Kiki menjalani kemoterapi hingga delapan kali. Dalam wawancara pada 2022 lalu, ia mengungkap penyakit ini akhirnya bisa dikendalikan.

"Setelah 8 kali dokter bilang udah enggak ada yang dikemo lagi, karena kankernya udah tidur. Kanker aku sudah mengecil. Sudah enggak kemo lagi, tapi sekarang aku imunologi," tuturnya kala itu.

Meski begitu, ia tetap harus menjalani pengobatan dan berada di bawah pengawasan dokter.

 

6 dari 6 halaman

5. Unggahan Terakhir Kiki Fatmala Sebelum Meninggal Dunia

Sebelum pihak keluarga memberi pernyataan lewat Instagram Kiki Fatmala, ia sempat berbagi momen kebersamaan dengan teman-temannya.

"Girls trip," di keterangan unggahan terakhir yang dibagikan, juga menambahkan tagar #thanksgod, tulis Kiki kala itu.

Bersama potret itu, ia menandai lokasi foto di Bangkok, Thailand.

Di gambar yang dimaksud, Kiki mengenakan gaun mini tali spageti, sementara rambutnya ditata dalam bun cukup ketat, namun tidak sebegitu formal.

Ia pun tampak tersenyum ke arah ke kamera. Rasa syukur juga sempat diungkap Kiki di unggahan sebelumnya.

Keterangan foto yang memperlihatkan dirinya duduk membawa cangkir itu berbunyi, "Aku selalu mengucap syukur dalam segala hal. #blassed #Godisgood #thankful positivethinking."

Sayang, malah kabar duka yang selanjutnya datang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.