Sukses

Polisi Ungkap Penipu Sewa Mobil Jessica Iskandar Pilih Kabur ke Luar Negeri

Christoper Steffanus Budianto alias Steven dilaporkan singgah di beberapa negara untuk menghindari kejaran polisi. Salah satu negara yang dikunjungi Bangkok, Thailand.

Liputan6.com, Jakarta Christoper Steffanus Budianto alias Steven dilaporkan singgah di beberapa negara untuk menghindari kejaran polisi. Salah satu negara yang dikunjungi Bangkok, Thailand.

Steven kini telah diciduk pihak kepolisian, setelah sebelumnya masuk daftar buron saat berstatus tersangka kasus dugaan penipuan dan penggelapan yang dilaporkan oleh artis Jessica Iskandar.

Kasubdit Ranmor Direktorat Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Kompol Yuliansyah menerangkan, alasan tersangka kabur ke luar negeri karena ingin mencari pekerjaan.

Pengakuan kepada polisi, tersangka punya niatan untuk mengembalikan kerugian yang dialami rekan-rekan bisnisnya di Indonesia.

"Jadi yang bersangkutan mencoba mencari satu pekerjaan yang bisa mengumpulkan sejumlah dana untuk dikembalikan ke pada para korban yang ada di Jakarta," kata Yuliansyah kepada wartawan, Rabu (22/11/2023).

Yuliansyah menerangkan, berdasarkan catatan Christoper Steffanus Budianto alias Steven meninggalkan Indonesia pada bulan Mei 2022. Dia pergi kota Singapura.

"Dari Singapura tersangka sering bolak-balik antara Bangkok, pernah juga ke Hongkong, pernah juga ke Vietnam. Itu yang akan kami dalami sesuai dengan perlintasan," ujar dia.

Sementara itu, tersangka sudah tiga bulan berada di Bangkok sendirian. Hal itu merujuk dari keterangan pihak imigrasi. Di sana, dia disebut tak ada keluarga, tetapi memang sudah mempunyai relasi-relasi atau teman bisnis.

"(tinggal) sendiri di suatu kondominium," ujar dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Membangun Bisnis

Yuliansyah mengatakan, Christoper Steffanus Budianto alias Steven membangun bisnis terkait sewa-menyewa kendaraan selama tinggal di Bangkok.

Namun, kata Yuliansyah pengakuan masih harus didalami.

"Itu yang akan kita dalami, apa saja yang dilakukan selama yang bersangkutan lari, kegiatan apa saja itu yang akan kita dalami," ujar dia.

 

3 dari 3 halaman

Jessica Iskandar Pasrah

Sebelumnya, Artis Jessica Iskandar mengklaim sudah pasrah akan ulah Christopher Sfefanus Budianto yang telah menipu dan menggelapkan sewa mobil terhadapnya.

"Sebenarnya ditahap ikhlas sudah ditahap sudah setahun setengah kan. Sudah panjang dan lama banget, sudah banyak makan waktu, tenaga, biaya, memakan emosi juga,” ujarnya kepada wartawan, Selasa 21 November 2023.

Pasalnya, yang bersangkutan telah jadi buron sejak tahun lalu. Jedar mengaku tidak habis pikir atas tindakan Christoper yang tega menipunya saat sedang hamil hingga melahirkan.

“Apalagi disayangkan di saat aku melahirkan jadi sudah momennya itu mental jatuh," tuturnya.

Jessica minta pelaku mengembalikan kerugian atas apa yang dilakukan. Dia berharap hukum ditegakkan seadil-adilnya.

"Emosional gitu, tapi kalau sesuai apa yang harus aku jalani, ya paling hanya bisa bertanya kenapa kamu ngelakuin ini apalagi di saat saya hamil, saya melahirkan kamu kemana uang-uang saya, ayo balikin uang saya," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.