Sukses

Jenderal Agus Subiyanto Klarifikasi soal Foto Gibran Bersama Sejumlah Anggota TNI di Solo

Calon Panglima TNI, Jenderal Agus Subiyanto buka suara terkait beredarnya foto cawapres Koalisi Indonesia Maju (KIM) Gibran Rakabuming Raka bersama sejumlah anggota TNI di Solo.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Panglima TNI, Jenderal Agus Subiyanto buka suara terkait beredarnya foto cawapres Koalisi Indonesia Maju (KIM) Gibran Rakabuming Raka bersama sejumlah anggota TNI di Solo.

Foto itu diunggah oleh sastrawan Goenawan Mohamad di akun media sosial twitter alias X baru-baru ini.

Agus meluruskan kabar yang beredar. Dia menceritakan, foto itu diambil saat Kuliah Kerja Dalam Negeri (KKDN) Staf Komando Tentara Nasional Indonesia (Sesko TNI) AD.

"Biasanya ya kita menanyakan rute wilayah tersebut, kemudian ya seperti itulah, kita biasanya ada tugas untuk mencari 9 komponen strategis di wilayah tersebut. Sehingga nanti jadi masukan buat kita dalam kita paparan di sekolah nanti," ujar dia kepada wartawan di Jakarta Timur, Senin (13/11/2023)

Agus menerangkan, KKDN Sesko TNI AD tidak hanya dilakukan di Solo, tapi juga daerah-daerah laon di Indonesia.

"Waktu saya dulu ke Lombok dulu. Jadi itu udah lama. Bukan baru-baru ini. 2 bulan atau 3 bulan yang lalu," ujar dia.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pastikan Netralitas TNI

Dalam kesempatan Agus memastikan TNI akan bersikap netral saat pemilu 2024.

"Tadi saya juga sudah jelaskan dalam fit and proper test. Jangan ragukan saya, saya punya koridor," ujar dia.

Aghs menuturkan, anggota dari pangkat tinggi sampai terendah sudah diberikan penyuluhan, bahkan diberikan buku saku supaya memahami hal-hal apa saja yang dilarang oleh anggota TNI pada saat pemilu.

"Kalau dia ini bisa baca-baca tentang UU tentang apa yang boleh dilakukan dan tidak dilakukan. Itu ada dalam buku itu," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.