Sukses

Prabowo - Gibran Deklarasi dan Daftar KPU Pagi Ini, Cek Pengalihan Arus Lalu Lintas di GBK dan KPU

Pasangan Prabowo - Gibran akan melakukan deklarasi dan mendaftar ke KPU hari ini. Polisi pun melakukan pengalihan arus lalu lintas untuk mengurai kemacetan yang akan terjadi.

Liputan6.com, Jakarta Kondisi lalu lintas di kawasan Gelora Bung Karno dan KPU bakal dipenuhi oleh massa dari pasangan Prabowo-Gibran. Kedua pasangan capres cawapres tersebut akan melakukan deklarasi dan mendaftar di KPU pada hari ini, Rabu (25/10/2023). 

Pasangan bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka akan mendaftar ke KPU pada pukul 10.00 WIB.

"Pasangan capres-cawapres dari KIM yakni bapak Prabowo Subianto dengan mas Gibran Rakabuming Raka yang rencananya akan mendaftar ke KPU dalam 17 jam mendatang sejak sekarang, besok hari Rabu jam 10 pagi di kantor KPU Jalan Imam Bonjol Jakarta Pusat," ujar Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani di Sriwijaya, Jakarta Selatan, Selasa (24/10/2023).

Sebelum menuju KPU, pasangan capres dan cawapres itu akan deklarasi di Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat. Mereka akan memulai perjalanan dari kediaman Prabowo di Kertanegara, Jakarta.

"Keberangkatan calon presiden dan calon wakil presiden besok dari Kertanegara rencananya akan berangkat pagi menuju Indonesia Arena disertai oleh para ketua umum dari seluruh Koalisi Indonesia Maju," kata Muzani.  

Muzani menyampaikan Prabowo-Gibran akan menyampaikan pidato pertama kali di hadapan para pendukung. 

Selanjutknya paslon akan ke Taman Suropati untuk melakukan kirab budaya dan dilanjut berjalan kaki untuk mendaftar di KPU. 

"Dari sana, akan berangkat menuju Taman Suropati, dan akan diiringi dengan kirab budaya yang akan mewakili kesenian yang ada dari seluruh Indonesia, termasuk baju dan pakaian adat dari berbagai macam daerah di seluruh indonesia. Dari sana kemudian menuju kantor KPU dan insya Allah mendaftar," katanya.

Ditlantas Polda Metro Jaya pun telah menyiapkan berbagai skema arus pengalihan lalu lintas yang menuju sekitar kawasan Senayan, dan sejumlah ruas jalan menuju KPU, Menteng, Jakarta Pusat.

"Menjamin Kamseltibcar Lantas yang aman dan nyaman bagi warga masyarakat yang akan melintas objek kegiatan-kegiatan deklarasi paslon Prabowo dan Gibran," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman dalam keteranganya, Selasa (24/10/2023).

Latif Usman menerangkan, skenario arus lalu lintas guna menjamin keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran arus lalu lintas. Total 140 personel Ditlantas Polda Metro Jaya dan Satlantas Polres dikerahkan ke lokasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengalihan arus lalu lintas di GBK:

1. Arus lalu lintas dari arah Jalan Gatot Subroto yang akan menuju ke Jalan Gerbang Pemuda diarahkan lurus ke arah Slipi.

2. Arus lalu lintas dari arah Slipi diarahkan lurus ke arah Semanggi, tidak ada yang menuju layang Ladokgi ke arah Jalan Gerbang Pemuda.

3. Arus lalu lintas dari arah Bundaran Senayan yang akan menuju Jalan Pintu 1 Senayan diluruskan ke Jalan Jenderal Sudirman arah Semanggi.

4. Arus lalu lintas dari arah Jalan Mustopo yang menuju ke arah Jalan Asia Afrika dibelokkan ke kanan menuju Jalan Hang Tuah Raya.

5. Arus lalu lintas dari arah Jalan Patal Senayan 1 yang akan menuju ke arah Jalan Asia Afrika di belokkan ke kiri ke Jalan Tentara Pelajar.

6. Arus lalu lintas dari arah Jalan Tentara Pelajar yang akan menuju Jalan Patal Senayan diluruskan ke arah Jalan Permata Hijau.

7. Arus lalu lintas dari arah Manggala Wanabakti yang akan menuju Jalan Gelora diluruskan ke arah Jalan Tentara Pelajar.

Pengalihan arus menuju KPU:

1. Kendaraan yang datang dari arah bundaran HI yang akan menuju Jalan Imam Bonjol dialihkan ke Jalan H Agus Salim maupun Jalan Pamekasan.

2. Kendaraan yang datang dari arah Jalan H Agus Salim yang akan menuju Jalan Imam Bonjol diluruskan ke Jalan Pamekasan atau belok ke kanan ke arah Bundaran HI.

3. Kendaraan yang datang dari arah Jalan Rasuna Said yang akan menuju Jalan Imam Bonjol diluruskan ke Jalan Hos Cokroaminoto atau belok ke kanan ke Jalan Diponegoro.

4. Kendaraan yang datang dari arah Jalan Diponegoro yang akan menuju Bundaran HI dialihkan ke kiri Jalan Rasuna Said maupun ke kanan Jalan Hos Cokroaminoto.

 

3 dari 4 halaman

Jokowi Izinkan Gibran Maju Pilpres 2024

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengizinkan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka maju menjadi calon wakil presiden (cawapres) pada Pilpres 2024.

Gibran diketahui akan mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai cawapres pendamping Prabowo Subianto pada Rabu, 25 Oktober 2023.

"Presiden melalui surat Menteri Sekretaris Negara tertanggal 24 Oktober 2023 telah menyetujui permohonan izin Walikota Solo untuk diajukan sebagai cawapres oleh gabungan parpol," jelas Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana kepada wartawan, Selasa (24/10/2023).

"Persetujuan ini dikeluarkan sebagai jawaban permohonan Wali Kota Solo yang diajukan melalui surat tertanggal 23 Oktober 2023," sambungnya.

 

 

4 dari 4 halaman

Gibran Ajukan Cuti

Sebelumnya, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengajukan izin kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk maju menjadi calon wakil presiden (cawapres) 2024.

Surat permohonan izin itu diserahkan Gibran melalui Kementerian Sekretariat Negara pada Selasa (24/10/2023).

"Pada hari ini, Selasa tanggal 24 Oktober 2023, Kementerian Sekretariat Negara telah menerima surat permohonan izin dari Walikota Surakarta, Mas Gibran Rakabuming Raka kepada Presiden RI, untuk dicalonkan oleh partai politik atau gabungan partai politik sebagai Calon Wakil Presiden pada Pemilu Presiden dan Wapres tahun 2024," jelas Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana kepada wartawan, Selasa (24/10/2023).

Putra sulung Presiden Jokowi itu diumumkan menjadi bakal calon wakil presiden pendamping Prabowo Subianto di Pilpres 2024. Pasangan Gibran-Prabowo diusung oleh gabungan partai politik Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang terdiri dari, Partai Gerindra, Partai Golkar, PAN, Partai Demokrat, PBB, PSI, Partai Garuda, dan Partai Gelora. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini