Sukses

Jokowi Pimpin Upacara Parade Senja di Kemhan, SBY-AHY Hadir

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memimpin upacara Parade Senja dan penurunan bendera Merah Putih yang digelar di Lapangan Bela Negara, Kementerian Pertahanan (Kemhan), Jakarta, Senin (9/10/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memimpin upacara Parade Senja dan penurunan bendera Merah Putih yang digelar di Lapangan Bela Negara, Kementerian Pertahanan (Kemhan), Jakarta, Senin (9/10/2023). Upacara tersebut merupakan bagian dari rangkaian hari ulang tahun (HUT) ke-78 TNI.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Jokowi tiba di lokasi sekitar pukul 18.05 WIB. Kedatangan Jokowi disambut oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Upacara dimulai dengan laporan komandan upacara kepada Jokowi selaku inspektur upacara.

Jokowi selanjutnya memimpin prosesi mengheningkan cipta untuk menghormati para pejuang bangsa dan para pahlawan yang telah gugur.

Setelah itu, upacara penurunan bendera Merah Putih dilakukan yang kemudian disusul dengan kumandang Andhika Bhayangkari.

Rangkaian upacara diakhiri dengan laporan dari komandan upacara kepada inspektur upacara serta penghormatan kebesaran.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Saksikan Parade Pasukan

Selepas upacara tersebut, Jokowi menyaksikan parade pasukan. Defile tersebut menampilkan pasukan dari tiga matra TNI yakni TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut, dan TNI Angkatan Udara.

Dalam upacara ini, hadir Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan putra sulungnya yang juga Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Keduanya tampak mengenakan pakaian dinas upacara dua bewarna putih.

Selain itu, hadir pula Wakil Presiden keenam RI Try Sutrisno, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua Dewan Pertimbangan Presiden Jenderal (Purn) Wiranto,

3 dari 4 halaman

Jokowi Jadi Inspektur Upacara di HUT TNI ke-78

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjadi Inspektur Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat, Kamis (5/10/2023). Jokowi didampingi oleh Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Jokowi bersama Ibu Negara Iriana, dan Ma'ruf Amin dan Ibu Wurry Estu Handayani tiba di lokasi upacara sekitar pukul 07.58 WIB. Jokowi lalu menuju mimbar upacara dengan didampingi Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dan para kepala staf.

Upacara peringatan HUT ke-78 TNI diawali dengan Indonesia Raya. Jokowi kemudian melakukan pemeriksaan pasukan upacara bersama Panglima TNI dan Komandan Upacara, dengan menaiki Tank BMP-3F Korps Marinir.

Adapun Mayjen TNI Choirul Anam bertindak sebagai Komandan Upacara HUT ke-78 TNI di Monas. Dia saat ini menjabat sebagai Panglima Divisi Infanteri 3/Kostrad.

 

4 dari 4 halaman

Pembacaan Sapta Marga

Acara dilanjutkan dengan pembacaan Sapta Marga. Pengucap Sapta Marga dari tiga Matra TNI yaitu Danbrigif Mek 16/WY Kolonel Inf Sigid Hengki Purwanto yang didampingi Danlanal Palembang Kolonel Laut (P) Sandy Kurniawan (Danlanal Palembang) serta Asren Kopasgat Kolonel Pas Dili Setiawan.

Dalam HUT ke-78 TNI, Jokowi juga menganugerahkan tanda kehormatan kepada anggota TNI yang dinilai berjasa dalam perkembangan TNI. Mereka antara lain, Pangdam XIII/MDK Mayjen TNI Legowo WR Jatmiko (Pangdam XIII/MDK), Aspotmar Kasal Mayjen TNI (Mar) Markos, dan Pangkoopsud II Marsda TNI Andi Kustoro.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.