Sukses

Wali Kota hingga ASN di Depok Gelar Sholat Istisqa

Pelaksanaan sholat Istisqa dilaksanakan secara serentak di wilayah Kota Depok, khususnya kepada aparatur kelurahan hingga kecamatan.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kota Depok melaksanakan sholat Istisqa di lapangan Balai Kota Depok bersama perwakilan Aparat Keamanan dan stake holder lainnya. Pelaksanaan salat Istisqa merupakan salah satu upaya Pemerintah Kota Depok sebagai bentuk ikhtiar kepada Allah agar menurunkan hujan.

Wali Kota Depok Mohammad Idris mengatakan, sholat Istisqa merupakan salah satu upaya memanjatkan doa menghadapi dan meminta petunjuk Tuhan, salah satunya menghadapi musim kemarau. Pada anjurannya sebelum maupun sesudah sholat Istisqa masyarakat muslim melaksanakan ibadah puasa.

"Kalau yang kita laksanakan ini paling minimalis, kita melaksanakan sholat Istisqa," ujar Idris kepada Liputan6.com, Rabu (4/10/2023).

Idris menjelaskan, musim kemarau menjadi pengingat masyarakat masih memiliki dosa, seperti pada ayat Al Qur'an bahwa air yang digunakan merupakan nikmat yang diberikan Tuhan. Untuk itu, masyarakat patut mensyukuri akan nikmat Tuhan yang telah diberikan kepada masyarakat.

Pelaksanaan sholat Istisqa dilaksanakan secara serentak di wilayah Kota Depok, khususnya kepada aparatur kelurahan hingga kecamatan. Bahkan, salah satu kecamatan melaksanakan sholat Istisqa di tiap kelurahan.

"Kecamatan yang melaksanakan sholat Istisqa di tiap kelurahan yakni kecamatan Beji," jelas Idris.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Wali Kota Ajak Masyarakat Laksanakan Sholat Istisqa

Sebelumnya, Melalui surat edaran, Wali Kota Depok Mohammad Idris mengatakan, musim kemarau yang terjadi di wilayah Indonesia, khususnya di Kota Depok menyebabkan kekeringan. Masyarakat kesulitan mendapatkan air bersih serta menurunnya kualitas udara.

"Pemerintah Kota Depok mengimbau kepada para Camat, Lurah dan Ketua Umum MUI Kota Depok, untuk melaksanakan sholat Istisqa," ujar Idris, Selasa (3/1/2023).

Idris menjelaskan, pelaksanaan sholat Istisqa dapat dilaksanakan dalam waktu dekat dengan melibatkan partisipasi seluruh masyarakat. Pelaksanaan sholat Istisqa dapat dilaksanakan di area terbuka.

"Diupayakan dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Kota Depok," jelas Idris.

Rencananya, Wali Kota Depok bersama seluruh jajaran ASN baik OPD hingga Tim Penggerak PKK Kota Depok, melaksanakan sholat Istisqa di Balai Kota Depok. Pelaksanaan sholat tersebut dilakukan di lapangan Balai Kota Depok.

Rencananya sholat tersebut akan dilaksanakan sejak pukul 07.00 WIB hingga selesai. ASN diminta menggunakan pakaian muslim dan membawa sajadah untuk memudahkan sholat di lapangan Balai Kota Depok.

3 dari 4 halaman

Hadapi Kemarau Panjang dan Polusi, Menag Imbau Ummat Islam Gelar Sholat Istisqa

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mendorong ummat Islam bisa turut berkontribusi dalam penyelesaian bencana kemarau panjang dan polusi udara. Salah satunya, dengan menjalankan ibadah Sholat Istisqa atau salat meminta hujan.

"Ini bagian dari ikhtiar batin sekaligus bentuk penghambaan kita kepada Allah SWT, memohon agar Allah menurunkan hujan yang lebat merata, mengairi, menyuburkan, bermanfaat tanpa mencelakakan, segera tanpa ditunda. Amin," kata pria karib disapa Gus Men tersebut melalui siaran pers diterima, Sabtu (16/9/2023).

Dia menjelaskan, sesuai dengan namanya, al-istisqa' ialah meminta curahan air penghidupan (thalab al-saqaya). Dia menambahkan, berdasarkan definisi para ulama Fiqh, Salat Istisqa' sebagai salat sunah muakkadah yang dikerjakan untuk memohon kepada Allah SWT agar menurunkan air hujan.

"Salat Istisqa' pernah dilakukan pada zaman Rasulullah Saw. Dalam hadis yang diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a," ujar Gus Men.

Berikut bunyi hadist tersebut : "Nabi Muhammad Saw keluar rumah pada suatu hari untuk memohon diturunkan hujan, lalu beliau salat dua rekaat bersama kita tanpa azdan dan iqamat, kemudian beliau berdiri untuk khutbah dan memanjatkan doa kepada Allah SWT dan seketika itu beliau mengalihkan wajahnya (dari semula menghadap ke arah hadirin) menghadap ke kiblat serta mengangkat kedua tangannya, serta membalikkan selendang sorbannya, dari pundak kanan ke pundak kiri, begitupun ujung sorbannya. (HR. Imam Ahmad)

4 dari 4 halaman

Tata Cara Sholat Istisqa

Berkenaan dengan hadis tersebut, berikut tata cara Sholat Istisqa':

1. Pelaksanaan Sholat Istisqa' sama dengan Sholat Idul Fitri/Idul Adha. Sesudah Takbiratul Ihram, melakukan takbir 7 kali pada rakaat pertama, dan 5 kali takbir pada rakaat kedua.

Setelah membaca Surat Al-Fatihah dan lainnya, lalu rukuk, sujud hingga duduk tahiyyat kemudian salam

2. Khatib menyampaikan khotbah sama seperti khotbah Idulfitri/Iduladha. Khotbah dianjurkan mengajak umat Islam untuk bertaubat, meminta ampun atas segala dosa, serta memperbanyak istighfar dengan harapan Allah SWT mengabulkan apa yang menjadi kebutuhan umat Islam dan makhluk hidup lainnya pada saat kemarau panjang.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini