Sukses

Ada Istana Berbatik Malam Ini, Cek Rekayasa Lalin Sekitaran Monas

Rekayasa lalu lintas pun diberlakukan di ruas jalan sekitaran Monumen Nasional atau Monas selama Istana Berbatik berlangsung.

Liputan6.com, Jakarta Hari Batik Nasional 2023 yang jatuh pada 2 Oktober 2023 akan dirayakan meriah lewat acara bertajuk Istana Berbatik di Istana Merdeka, Jakarta, pada Minggu (1/10/2023) malam ini. Rekayasa lalu lintas pun diberlakukan di ruas jalan sekitaran Monumen Nasional atau Monas selama Istana Berbatik berlangsung.

Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta pun telah mengabarkan sosialisasi rekayasa lalu lintas melalui akun Instagram resminya. Pemberlakuan giat tersebut dilakukan mulai pukul 18.00-22.00 WIB.

“Sehubungan dengan akan dilaksanakannya kegiatan Istana Berbatik tanggal 1 Oktober 2023 di Jalan Merdeka Utara sisi Utara (depan Istana Negara), Dishub DKI Jakarta melakukan Rekayasa Lalu Lintas di lokasi tersebut mulai pukul 18.00-22.00,” tulis Dishub DKI yang dikutip Liputan6.com terkait rekayasa lalu lintas acara Istana Berbatik.

Selama kegiatan berlangsung, lanjutnya, disediakan 19 titik lokasi parkir dan layanan Shuttle Bus untuk memudahkan mobilitas kegiatan tersebut. Sementara bagi pengguna layanan angkutan umum yang terdampak rekayasa lalu lintas pada acara ini, dapat menyimak infografis yang tertera.

“Dimbau kepada para pengguna jalan agar menghindari ruas jalan tersebut dan dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, petunjuk petugas di lapangan serta mengutamakan keselamatan di jalan,” tulis Dishub DKI.

“Adapun bagi kamu pengguna Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) yang akan menuju Stasiun Gambir, diharap untuk menyesuaikan waktu perjalananmu,” sambung dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar Rekayasa Lalu Lintas

Daftar rekayasa lalu lintas di Jakarta terkait acara Istana Berbatik malam ini adalah sebagai berikut:

  1. Jalan Veteran 1, 2, 3, dan simpang antara Jalan Medan Merdeka Timur dan Jalan Medan Merdeka Utara ditutup untuk kendaraan bermotor. TransJakarta yang melalui Jalan Veteran 3-Jalan Medan Merdeka Utara sisi selatan dialihkan melalui Jalan Ir H Juanda, Jalan Majapahit, Jalan Medan Merdeka Barat, dan seterusnya.
  2. Arus lalu lintas dari Jalan Medan Merdeka Timur (dari arah selatan) yang akan menuju arah barat melalui Medan Merdeka Utara dialihkan menuju Jalan Perwira, Jalan Katedral, Jalan Veteran, Jalan Ir H Juanda, dan seterusnya.
  3. Arus lalu lintas Jalan Majapahit dari arah Blok M menuju Jalan Medan Merdeka Utara masih bisa dilintasi dan berlaku normal. Sementara Jalan Majapahit dari arah Jalan Medan Merdeka Utara menuju arah Blok M tidak bisa dilintasi kendaraan bermotor, kecuali TransJakarta.

Kemudian, angkutan umum terdampak yang semula melintas Jalan Veteran 3-Jalan Medan Merdeka Utara sisi selatan, dialihkan melalui Jalan Ir H Juanda-Jalan Majapahit-Jalan Medan Merdeka Barat, dan seterusnya. Daftar angkutan umum terdampak adalah sebagai berikut:

  1. BRT Koridor 2 (Pulo Gadung-Monas)
  2. BRT Koridor 2A (Pulo Gadung-Rawa Buaya via Balai Kota)
  3. BRT Koridor 2C (Monas-JIEXPO)4. BRT Koridor 2ST (Juanda-Bundaran HI via Pasar Baru)
  4. BRT Koridor 3 (Kalideres-Monas via Veteran)
  5. Bus Wisata BW2 (Jakarta Baru)
  6. Bus Wisata BW4 (Pencakar Langit)8. Bus WIsata bW9 (Monas-Pantal Indah Kapuk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini