Sukses

Tingkatkan Kompetensi, Kemendagri Gelar Penguatan Kapasitas Aparatur Desa

Pembukaan pelatihan yang merupakan bagian dari Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) ini diselenggarakan secara serentak di 33 provinsi pada hari Selasa 26 September 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah melanjutkan ke tahap kedua dari Pelatihan Penguatan Kapasitas Aparatur Desa. Pembukaan pelatihan yang merupakan bagian dari Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) ini diselenggarakan secara serentak di 33 provinsi pada hari Selasa 26 September 2023.

Pembukaan dipusatkan di Semarang, Jawa Tengah. Peserta dari provinsi lain mengikuti secara daring.

Pembukaan dihadiri oleh 288 peserta asal Sulawesi Utara yang mengikuti acara tersebut dari ruang ballroom Hotel Sintesa Peninsula Manado.

Minahasa Selatan dan Bolaang Mongondow Utara menjadi asal peserta pelatihan batch II di Sulawesi Utara, dengan jumlah peserta sebanyak 96 orang dari Minahasa Selatan dan 196 orang dari Bolaang Mongondow Utara.

Direktur Penataan dan Administrasi Pemerintahan Desa, Lutfi menjelaskan bahwa tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi kepala desa dan perangkat desa.

"Sehingga peran mereka meningkat dan mewujudkan desa mandiri dan sejahtera," kata Lutfi.

Batch kedua pelatihan diselenggarakan pada tanggal 24-27 September 2023.

Dalam pelatihan P3PD tahun ini, terdapat partisipasi sebanyak 133.806 perangkat desa yang berasal dari 3.270 desa yang tersebar di 33 provinsi.

"Adapun peserta ialah kepala desa, sekretaris desa, ketua BPD dan Ketua TP PKK Desa," jelasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Narasumber Acara

Nara sumber dalam acara ini merupakan anggota dari unsur TNI Polri, Dinas PMD, Dinas Perindag, Kesbangpol, dan Bank Pembangunan Daerah (BPD).

Sementara itu, pelatihnya adalah aparatur sipil negara (ASN) yang telah mengikuti Training of Trainer (ToT) yang diselenggarakan oleh Kemendagri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini