Sukses

Soal Keluarga Harus Satu Parpol, PDIP: Kalau Anak Pisah KK, Maka Bukan Keluarga Inti

Ketua Bappilu DPP PDIP Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul menyatakan, tak ada kewajiban anggota keluarga kader PDIP harus masuk di satu partai yang sama.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Bappilu DPP PDIP Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul menyatakan, tidak ada kewajiban anggota keluarga kader PDIP harus masuk di satu partai yang sama. Menurut dia, aturan tersebut tidak ada dalam AD/ART PDIP.

"Siapa yang mewajibkan? kau baca AD/ARTnya gue liat, mana gue bacanya. AD/ART persoalan internal kita kan, internal partai masing-‘masing toh. Nah itu ada apa enggak? Jangan asumsi kira-kira," kata Pacul di Kompleks Parlemen Senayan, Senin (25/9/2023).

Menurut Pacul, yang ada adalah aturan keluarga inti harus satu partai. Namun dengan catatan adalah keluarga inti yang masih dalam satu Kartu Keluarga. Sementara anak yang sudah dewasa dan pisah KK bukan bagian dari keluarga inti.

"Yang namanya keluarga inti tuh kalau sudah tua ya bukan keluarga inti. Keluarga inti itu suami, istri dan anak, kan gitu. Tapi kan kalau sudah gede anaknya bikin kartu keluarga sendiri," kata Pacul.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menanggapi santai masuknya putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep yang bergabung ke PSI.

"Tentu saja setiap warga negara dijamin konstitusinya untuk berserikat dan berkumpul,” kata Hasto di DPP PDIP, Senin (25/9/2023)

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

PDIP Bantah Hubungan Megawati dan Jokowi Rengang

Hasto juga membantah kabar bahwa masuknya Kaesang bukti kerenggangan hubungan Ketum Megawati Soekarnoputri dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Ibu Mega, Pak Jokowi itu krek, punya emosional bonding, punya desain masa depan,” kata Hasto.

"Jadi politik itu jangan melihat apa yang tampak dipermukaan, lihat hubungan batinnya. Komitmen terhadap masa depan, komitmen terhadap rakyat," sambungnya.

Menurut Hasto, spekulasi arah dukungan Jokowi di Pilpres sudah jelas ke Ganjar, bukan ke sosok lain. Pernyataan Hasto itu untuk menjawab isu masuknya Kaesang sebagai sinyal keluarga Jokowi mendukung Prabowo Subianto.

"Melihat presiden jokowi, ibu mega, pdi perjuangan itu dalam satu nafas sejarah yg panjang dan itu yang akan dilakukan. Jadi pilpres itu selalu membawa kejutan tetapi kejutannya itu apa, bahwa yg melanjutkan kepemimpinan presiden jokowi adalah sosok yang baik dan bijaksana, bijaksana dan baik," pungkas Hasto/

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini