Sukses

PDIP Miris Lihat Gudang Bulog Berisi Beras Impor Semua: Di mana Menteri Pertanian?

Oleh karena itu, Djarot menilai, hal itu perlu dievaluasi. Tapi tak berarti harus mengganti menteri karena itu hak presiden.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPP PDI Perjuangan Djarot Saiful Hidayat mengaku miris melihat gudang Bulog hanya tersedia beras impor. Dia pun mempertanyakan keberadaan Menteri Pertahanan.

"Kemarin kami turun ke bulog, ke gudang bulog, saya lihat itu hampir tidak ada stok beras ciptaan kita, semuanya impor. Jadi di mana Menteri Pertanian kita ini? Bagaimana dengan data produksi beras kita?" kata Djarot, saat diwawancarai di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Kamis (21/9/2023).

Oleh karena itu, Djarot menilai, hal itu perlu dievaluasi. Tapi tak berarti harus mengganti menteri karena itu hak presiden.

"Kalau diganti, itu aku sudah awal tahun (bilang) perlu dievaluasi, ya. Justru yang dievaluasi, terjadi tereliminasi, menteri yang lain, Menkominfo gitu yah," ujar dia.

Selain itu, Djarot juga menyoroti ketersediaan air bersih. Menurutnya, ini harus jadi perhatian serius Kementerian Pertanian (Kementan). Adanya persoalan itu, dia menilai Kementan gagal menjalankan programnya.

"Air minum ini kan lagi susah saat ini. Jadi, inilah warning untuk Kementan, belum lagi kita harus mengevaluasi berbagai macam kebijakan dan program Kementan dalam tanda kutip gagal," ucap dia.

Lebih lanjut, Djarot berharap jika bacapres PDIP Ganjar Pranowo terpilih menjadi presiden, maka dapat menunjuk Mentan yang dinilainya lebih mumpuni.

"Kalau misal Mas Ganjar ya insyaallah terpilih, maka kita serahkan Mas Ganjar dan wakilnya untuk menitikberatkan di bidang pertanian ini. Tapi minimal ya, Menteri Pertanian ini orang yang betul-betul aktif, yang paham betul pertanian dari hulu sampai hilirnya," imbuh Djarot.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harga Beras Masih Mahal

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan tak menampik harga beras masih terpantau tinggi, oleh karena itu dia menghimbau masyarakat agar membeli beras Bulog agar lebih ekonomis.

"Harga beras memang saat ini tinggi tapi stabil, turun sedikit. Oleh karenanya mengatasi untuk ingin mendapatkan beras murah ya belinga beras bulog hanya Rp 9.450 per kg 1 karung 5 kilo Rp 47 ribu," kata Mendag ditemui usai gelar bazar ramadhan di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (4/4/2023).

Lebih lanjut, untuk menangani harga beras ini pihaknya bersama Menteri Dalam Negeri, Bupati, dan Gubernur telah berkoordinasi akan menanggung ongkos distribusi beras, asalkan kenaikan harga berasnya tidak melebihi 5 persen.

"Tadi pagi pak mendagri bersama seluruh indonesia memimpin rapat dengan bupati gubernur kalau harganya tidak melebihi 5 persen tuh biasanya ditanggung ongkosnya, kalau naik lagi ya kita adakan bazar lagi seperti ini atau subsidi harganya," ujar Mendag.

Melansir dari Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional, harga beras kualitas super II dikisaran Rp 14.250 per kilogram. Sementara dilansir dari laman Sistem Pemantauan Pasar dan kebutuhan Pokok Kementerian Perdagangan, harga beras medium Rp 12.100 per kilogram, dan beras Premium Rp 13.900 per kilogram.

Adapun Mendag mengungkapkan harga kebutuhan pokok di pasar stabil. Kendati demikian, masih terdapat beberapa kebutuhan pokok yang masih naik yakni cabai. Tapi kalau harga cabai sudah mulai turun dikisaran Rp 40.000 - Rp 45.000 per kilo.

"Saya juga baru selesai dari pasar, dan besok saya akan ke pasar lagi, alhamdulillah harga-harga sudah stabil, memang beberapa masih ada yang naik, yang naik itu cabai, tapi sekarang sudah mulai turun yang tadinya tinggi sekali sekarang sudah Rp 40-45 ribu. Cabai rawit memang harganya masih cukup tinggi," ujar Mendag.

Sementara untuk harga telur, daging ayam, bawang putih, dan lainnya sudah stabil.

Reporter: Alma Fikhasari/Merdeka.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini