Sukses

Gandeng Berbagai Pihak, APJII Sulampua Tingkatkan Penetrasi Internet Wilayah Indonesia Timur

Infrastruktur masih menjadi tantangan terberat untuk pertumbuhan internet di wilayah Timur karena daerah-daerah 3T masih banyak di sana.

Liputan6.com, Jakarta Penetrasi internet di Indonesia Timur telah mengalami pertumbuhan signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Meskipun masih menghadapi tantangan dalam infrastruktur dan aksesibilitas, ada perkembangan yang menggembirakan dalam hal konektivitas di wilayah ini.

Kemajuan ini tidak lepas dari peran Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) wilayah Sulampua (Sulawesi,Maluku, Papua) yang terus menggalakkan pertumbuhan internet di Indonesia Timur.

Ketua APJII Sulampua, Abdul Malik mengatakan bahwa pihaknya berkomitmen untuk terus meningkatkan penetrasi internet di wilayah Timur dengan menggandeng berbagai pihak termasuk perusahaan telekomunikasi, pemerintah daerah serta LSM.

“Kami di APJII Sulampua berkomitmen untuk terus melakukan penetrasi internet di wilayah Timur dengan menggandeng beberapa mitra Network Access Point (NAP) & Penyedia ISP member APJII SULAMPUA, nah itu bisa membantu kami. Kami akui masih ada tantangan-tantangan yang harus dihadapi untuk melakukan hal itu,” ujar Abdul Malik, Sabtu (16/9/2023).

Dia menjelaskan bahwa infrastruktur masih menjadi tantangan terberat untuk pertumbuhan internet di wilayah Timur karena daerah-daerah 3T masih banyak di sana. Abdul Malik berharap pihak-pihak terkait bisa ikut membantu dengan membangun infrastruktur di wilayah tersebut.

“Selain infrastruktur, kendala lain adalah medannya karena kita di wilayah kepulauan pastinya tantangannya adalah antar pulau. Tentu saja itu membutuhkan infrastruktur di bawah laut, sedangkan seperti kita ketahui kabel bawah laut saat ini masih terbatas,” jelas Abdul Malik.

"Untuk wilayah Timur, yang jadi PR terbesar APJII Sulampua adalah Papua karena seperti diketahui Papua medannya cukup berat ditambah lagi penduduk lokal di situ belum begitu ngeh tentang infrastruktur ini," Abdul Malik menambahkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berikan Edukasi

Abdul Malik berharap dengan usaha mereka melaksanakan FGD yang berkelanjutan bisa memberikan edukasi kepada masyarakat yang ada di sana

"Target ke depan untuk Indonesia Timur, pastinya kita akan mendorong kawan-kawan bisa fokus membangun infrastruktur yang ada di wilayah sana khususnya wilayah-wilayah 3T sehingga penetrasi internet bisa semakin meluas," pungkas Abdul Malik yg biasa disebut juga Opu Malik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.