Sukses

Ganjar Pranowo Disebut Mampu Atasi Kemiskinan di Jawa Tengah

Ganjar Pranowo hari ini (5/9/2023) resmi mengakhiri masa jabatannya sebagai Gubernur Jawa Tengah yang telah diembannya sejak 2013.

Liputan6.com, Jakarta Ganjar Pranowo hari ini (5/9/2023) resmi mengakhiri masa jabatannya sebagai Gubernur Jawa Tengah yang telah diembannya sejak 2013.

Disebut, Ganjar dianggap mampu mengentaskan kemiskinan yang menjadi salah satu masalah utama di Jawa Tengah.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), Ganjar telah sukses mengentaskan 1 juta warga miskin. Jumlah penduduk miskin di Jawa Tengah berkurang dari 4,83 juta menjadi 3,86 juta jiwa.

 

Pengamat ekonomi asal Universitas Diponegoro (UNDIP) Wahyu Widodo menyebut, pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah selama kepemimpinan Ganjar yang menurutnya stabil.

“Melihat dari indikator ekonomi makro, melihat pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah dalam 10 tahun terakhir, sebenarnya sangat stabil. Bahkan 5 tahun terakhir sedikit di atas pertumbuhan ekonomi nasional,” kata Wahyu kepada wartawan, Selasa (5/9/2023).

Wahyu pun menilai program akselarasi ekonomi Ganjar Pranowo selama ini sukses mengatasi masalah kemiskinan multidimensi di Jawa Tengah.

“Makanya kita kenal kemiskinan multidimensi itu, karena orang sudah miskin mau dikeluarkan dari garis kemiskinan, tetapi yang di atas garis kemisikinan berpotensi jatuh ke jurang kemiskinan juga,” kata Wahyu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Program Ganjar

Keberhasilan Ganjar tersebut, tidak lepas dari program-program yang selama ini dijalankannya untuk meningkatkan perekonomian Jawa Tengah dari hulu ke hilir.

Program yang dilakukan Ganjar di hulu, salah satunya SMKN Jawa Tengah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Melalui program ini, Ganjar memberi beasiswa kepada siswa miskin untuk mendapatkan pendidikan vokasi, sehingga mereka bisa siap bekerja dan meningkatkan derajat ekonomi keluarganya.

Pada 30 Agustus 2023 lalu, Presiden Joko Widodo mengunjungi SMKN Jawa Tengah. Jokowi pun menyebut program Ganjar tersebut mampu mempercepat peningkatan ekonomi dan layak diaplikasikan di tingkat nasional.

Sementara di hilir, program yang telah dilakukan Ganjar seperti membuat #LapakGanjar dan Hetero Space untuk membantu mempercepat kemajuan UMKM. Termasuk membantu UMKM memasarkan produknya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini