Sukses

Bikin Kompetisi Mural, Tim Pemenangan Pilpres PDIP: Ganjar Dorong Ruang Anak Muda Berkreasi

Upaya memfasilitasi para anak muda berkreasi, salah satunya lewat kompetisi mural sesuai dengan cita-cita bakal capres 2024, Ganjar Pranowo.

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Pilpres (TKRPP) PDIP Deddy Yevry Sitorus mengatakan pihaknya berupaya memberi ruang kreativitas bagi anak muda sehingga mengadakan kompetisi mural.

"Kami berupaya memberi ruang kreativitas bagi anak-anak muda, terutama yang terkait dengan seni sehingga karya-karya mereka mendapat tempat. Mudah-mudahan hal ini bisa mendorong semua pihak terkait untuk memberikan ruang berkreasi yang lebih luas ke depannya," kata Deddy di Rumah Aspirasi Pemenangan Ganjar Pranowo, Jakarta, Sabtu (2/9/2023).

Dia mengatakan, upaya memfasilitasi para anak muda berkreasi itu sesuai dengan cita-cita bakal capres 2024 Ganjar Pranowo. Deddy menyebut, Gubernur Jawa Tengah dalam berbagai acara selalu menekankan soal politik perlu memberi ruang anak muda berkarya.

"Amanah dari Pak Ganjar Pranowo agar politik juga memberi ruang bagi anak-anak muda untuk berperan secara indirect," jelas dia.

"Oleh karena itu kami pilih tema yang sesuai agar kesan politisnya tidak dominan. Pesannya lebih kepada menunjukkan kepedulian Mas Ganjar terharap anak muda dan ruang ekspressi bagi mereka," sambungnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ganjar Disebut Bakal Terus Menerima Partisipasi Anak Muda

Sementara itu, Wakil Sekretaris TKRPP-PDIP Restu Hapsari mengatakan mural menjadi sarana milenial dalam berekspresi dalam berbagai hal.

"Ini harus di-support atau didukung dan berharap kegiatan kreatif ini terus dilakukan dan diperbesar," kata Restu. 

Dia menuturkan, Ganjar sebagai calon pemimpin Indonesia bakal terus menerima partisipasi anak muda yang ingin membangun masa depan Indonesia lebih baik. Restu pun mengajak para milenial bisa datang ke Rumah Aspirasi karena tempat tersebut menjadi lokasi memperjuangkan masa depan lebih baik.

"Silakan datang kapan saja (ke Rumah Aspirasi, red). Ini jadi rumah komunitas dan semua orang bagi yang ingin Indonesia lebih hebat, lebih maju bersama Ganjar Pranowo," katanya.

Adapun, peserta kompetisi mural yang diinisiasi TKRPP-PDIP mayoritas berasal dari anak muda yang terbagi dalam 12 tim. Wakil Ketua TKRPP-PDIP Adian Napitupulu rencananya bakal menutup turnamen mural yang diakhiri sekitar pukul 22.00 WIB.

3 dari 3 halaman

Tim Pemenangan Ganjar: Kompetisi Mural Jadi Sarana Anak Muda Perkecil Konflik Pemilu

Dalam kesempatan yang sama, Restu Hapsari juga mengungkapkan, kompetisi mural yang bekerja sama dengan Komunitas Panggung Lukis Moral (Plural) menjadi ajang anak muda untuk mengekspresikan harapan serta pesan untuk kemajuan Indonesia.

Dia meyakini, seni mural yang dituangkan oleh anak-anak muda ini bisa menjadi wadah untuk menuangkan kreativitas sebebas-bebasnya.

"Kami berharap jadi sarana ekspresi produktif oleh anak-anak muda untuk mengeksplor ada harapan, ada pesan mungkin juga ke depannya untuk Indonesia Maju dimimpikan oleh anak-anak muda," tutur Wakil Sekretaris TKRPP PDIP Restu Hapsari di Rumah Aspirasi Pemenangan Ganjar Pranowo, Jakarta, Sabtu (2/9/2023).

Saat disinggung kegiatan ini untuk menggaet suara kelompok generasi Z, Restu menyebut bahwa seni mural ini turut melibatkan seluruh kalangan anak muda. Terlebih, seni tidak terbatas oleh usia.

"Karena seni itu semua kalangan bisa masuk, semua suka dari mural seperti ini karena kita sering lihat d kalang muda banyak sekali dan (mural) masuk juga ke kafe," jelas dia

Restu mengatakan, bahwa sebagai pemuda tak boleh acuh dan abai terhadap dunia politik. Karena, banyak cara yang bisa dilakukan oleh generasi muda untuk menciptakan suasana politik yang demokratis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.