Sukses

Sekolah Gratisan Rintisan Ganjar Bisa Dibawa ke Skala Nasional

Presiden Joko Widodo meninjau kegiatan belajar mengajar di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Semarang, Jawa Tengah. Jokowi pun memuji lantaran konsep sekolah gratis itu dipandang sebagai sebuah solusi.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo meninjau kegiatan belajar mengajar di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Semarang, Jawa Tengah. Jokowi pun memuji lantaran konsep sekolah gratis itu dipandang sebagai sebuah solusi.

Terkait hal tersebut, Boedi Rheza, peneliti CYPR menyampaikan bahwa gagasan seperti ini sudah seharusnya sejak lama dilakukan oleh gubernur lain sejak otonomi daerah diterapkan. Otonomi Daerah memungkinkan kepala daerah untuk membuat inisiatif dan inovasi serupa.

Ia juga menyampaikan apresiasi terhadap apa yang dilakukan oleh Ganjar Pranowo.

"Saya kira, program yang dilakukan oleh Pak Ganjar Pranowo adalah satu langkah maju dalam dunia pendidikan. Tidak semua gubernur dapat memikirkan inisiasi seperti ini," jelas dia, Kamis (31/8/2023).

Ia juga mengatakan bahwa program ini dapat direplikasi di daerah lain, terutama yang memiliki tingkat pengangguran tinggi.

"Dunia usaha sangat membutuhkan tenaga kerja hanal dan berkualitas. Jangan sampai ketika ada perusahaan atau industri yang ingin melakukan usaha namun kebingungan mencari tenaga kerja yang sesuai. Akhirnya justru mengambil tenaker dari luar daerah," tutur Boedi.

Ia juga mengatakan bahwa jangan sampai penduduk lokal justru tidak menikmati kehadiran industri di daerahnya karena kualitas tenaga kerja setempat yang rendah.

Pola link and match yang digunakan untuk menyalurkan para lulusan untuk dapat langsung bekerja juga mendapatkan dukungan dari peneliti yang memiliki perhatian terhadap isu kependudukan.

"Apa yang dilakukan Pak Ganjar Pranowo, dengan menggunakan link and match dengan industri dapat mempercepat penyaluran lulusan dan tidak menambah pengangguran," jelasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ganjar Akan Penuhi Keinginan Jokowi

Presiden Joko Widodo meninjau kegiatan belajar mengajar di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Semarang, Jawa Tengah. Jokowi pun memuji lantaran konsep sekolah gratis itu dipandang sebagai sebuah solusi.

Terkait hal tersebut, Gubernur Jateng yang juga bakal calon presiden Ganjar Pranowo berterima kasih atas apresiasi Jokowi. Dia pun menyatakan siap mengaplikasikan program tersebut ke tingkat nasional sebagaimana harapan Presiden Jokowi.

“Saya akan membawa program ini ke level nasional, karena saya percaya akses atas pendidikan bagi semua kalangan adalah langkah yang paling penting untuk mengangkat harkat hidup manusia Indonesia, membuka akses pada pekerjaan, penghidupan yang lebih layak dan pada akhirnya mendorong simpul-simpul akselerasi perekonomian Indonesia,” kata Ganjar dalam keterangannya, Rabu (30/8/2023).

Dia menyatakan, SMKN Jawa Tengah adalah wujud komitmennya mendukung penuh langkah dan keberlanjutan akselerasi ekonomi pemerintahan Presiden Joko Widodo melalui penguatan sumber daya manusia.

“Maka yang dibutuhkan adalah pendidikan yang berkualitas, yang dapat memperluas perspektif anak didik terhadap Indonesia dan dunia, serta berorientasi pada pengembangan diri, pendidikan yang terjangkau dan menjamin keterbukaan akses bagi semua kalangan,” kata Politikus PDIP ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.