Sukses

Waspada Penipuan di Aplikasi Kencan Mirip The Tinder Swindler, Begini Modusnya

Dari dua korban saja nilai penipuan berjumlah ratusan juta dari aplikasi kencan.

Liputan6.com, Jakarta - Waspada penipuan mirip serial The Tinder Swindler di aplikasi kencan. Saat ini, Polda Metro Jaya mencatat sudah ada 2 korban dari penipuan ini. 

"Ini masih kita lakukan penyelidikan, sejauh ini ada 2 orang korban yang melapor," kata Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak dalam keterangannya, Rabu (23/8/2023)

Ade menerangkan, para pelaku mengincar pengguna aplikasi kencan. Saat itu, mereka akan diajak berkomunikasi secara intensif hingga menjalin hubungan dekat.

"Di situlah pelaku ini melaksanakan aksi penipuan dengan bujuk rayu, rayuan, yang pada akhirnya korban tertarik dengan iming-iming maupun rayuan, kemudian menyerahkan sejumlah uang kepada pelaku," ujar dia.

Ade belum bisa menafsir jumlah kerugian yang ditanggung oleh para korban yang terjerat penipuan modus semacam ini. Sementara ini, dari dua korban saja nilainya berjumlah ratusan juta. Namun, Ade menduga korban lebih dari itu.

"Masih kita dalami, kemungkinan masih ada korban lainnya terkait dengan hal ini, upaya penyelidikan masih dilakukan secara optimal," ujar dia.

"Kita akan melakukan update apabila nanti ditemukan peristiwa pidana, kita akan lakukan gelar perkara untuk menaikan status dari lidik menjadi sidik, sekaligus penetapan tersangkanya," tandas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini