Sukses

Lomba HUT ke-78 RI, Anies Baswedan Akan Ikut Tarik Tambang dan Pukul Bantal

Anies Baswedan mengaku kerap mengikuti lomba pada Hari Kemerdekaan.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Gubernur DKI Jakarta dan calon presiden Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan mengaku kerap mengikuti lomba pada Hari Kemerdekaan. Anies mengaku pada hari HUT ke-78 RI akan mengikuti lomba tarik tambang.

"Saya ikut, nanti ada. Iya saya main tarik tambang," ujar Anies di Waduk Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Kamis (17/8/2023).

Anies menyebut dirinya juga berencana mengikuti lomba pukul bantal. Pukul bantal biasanya dilakukan di atas air atau waduk. Siapa yang jatuh maka akan kalah.

"Kalau ada lomba pukul bantal saya ikut. Terus lomba 17an pokoknya lomba yang seru ya, yang penting seneng," kata Anies Baswedan.

Anies sendiri mengikuti rangkaian upacara Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia bersama ratusan warga di Waduk Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Kamis (17/8/2023).

Anies yang menjadi peserta upacara sempat diberikan kesempatan menyampaikan sambutan. Dalam sambutannya, Anies mengajak seluruh peserta yang hadir memekikkan salam kemerdekaan.

"Izinkan saya mengajak semua untuk memekikkan salam kemerdekaan, salam kebangsaan," ujar Anies.

Dalam kesempatan ini Anies menjelaskan bahwa salam kemerdekaan itu tidak dilakukan dengan tangan mengepal, tapi dengan tangan terbuka.

"Tapi sebelum itu saya sampaikan bahwa salam kebangsaan itu tangannya tidak mengepal, salam kebangsaan itu ada dengan tangan terbuka, itulah yang ditunjukkan oleh presiden pertama Republik Indonesia, pada tanggal 31 Agustus 1945," kata Anies.

"Pekik merdeka dengan tangan terbuka yang mengirimkan pesan kita memberikan salam hangat kepada semua, saya akan ucapkan kalimat kata merdeka dan kita semua ikuti bersama-sama. Salam kebangsaan. Merdeka! Merdeka! Merdeka!," Anies menambahkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

HUT ke-78 RI Jadi Jembatan Emas

Anies menyebut, upacara peringatan Hari Kemerdekaan ke-78 RI ini merupakan jembatan emas menuju Indonesia yang sejahtera, adil, dan makmur.

"Upacara ini mengingatkan kita bahwa kemerdekaan adalah jembatan emas untuk menuju keadilan, kemakmuran. Kemerdekaan menggulung kolonialisme dan menggelar kesejahteraan keadilian. Tanggung jawab kita sekarang adalah sama-sama melunasi janji kemerdekaan itu," kata Anies.

Anies menyebut, janji kemerdekaan yakni mencerdaskan kehidupan bangsa, berjanji melindungi setiap tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, dan terlibat dalam partisipasi dunia.

"Inilah janji kemerdekaan, dan tanggung jawanmb kita adalah bersama-sama untuk melunasi janji kemerdekaan itu. Kita mengikhtiarkan agar mulai dari lingkungan kita, bahwa semua mendapat kesetaraan, kesempatan. Mudah-mudahn kita akan bisa melunasi janji ini dalam waktu yang tidak terlalu lama," kata dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini