Sukses

Talkshow Literasi Digital Menutup Gelaran Tangerang Digifest 2023

Kepala Diskominfo Kota Tangerang, Indri Astuti menuturkan, talkshow tersebut menjadi kesempatan untuk mengampanyekan pentingnya pedoman 4 pilar literasi digital bagi masyarakat secara luas.

Liputan6.com, Tangerang - Setelah berlangsung selama tiga hari pada akhir pekan, Digital Festival (DigiFest) 2023 selesaii dilakukan. Talkshow Literasi Digital berjalan secara interaktif di tengah hiburan Tangerang Digital Festival 2023 yang telah berjalan dalam dua hari terakhir, 12-13 Agustus 2023.

Berbagai kegiatan pada akhir pekan lalu, seperti sepedahan ontel dengan tema pejuang, gerak jalan bertema, Nyoride yang melibatkan 30 komunitas motor, serta berbagai kegitan festival digital, rampung dilaksakan.

Lalu, pada Minggu malam, 13 Agustus 2023, ditutup dengan Talkshow Literasi Digital dan juga penampilan dari Kangen Band.

Kepala Diskominfo Kota Tangerang, Indri Astuti menuturkan, talkshow tersebut menjadi kesempatan untuk mengampanyekan pentingnya pedoman 4 pilar literasi digital bagi masyarakat secara luas. Seperti etis bermedia digital, aman bermedia digital, cakap bermedia digital, dan budaya bermedia digital.

"Talkshow Literasi Digital ini mendatangkan berbagai narasumber berkompeten, seperti Sopril Amir, seorang Pengamat Media dan Komunikasi Publik), Widodo Muktiyo selaku Staf Ahli Kemenkominfo RI," katanya.

Menurut, pengamat Media dan Komunikasi Publik, Sopril Amir, Talkshow Literasi Digital seperti ini dinilai penting untuk diterima masyarakat secara luas. Terlebih, kecakapan literasi digitial, khususnya bermedia sosial, menjadi kebutuhan yang penting bagi masyarakat secara luas untuk berakselerasi dengan perkembangan zaman.

Serta, kecakapan literasi digital seperti yang diperbincangkan, juga mampu dioptimalkan untuk mencegah kejahatan yang saat ini kerap terjadi di dunia digital, seperti ujaran kebencian, peretasan, data pribadi, dan lainnya.

“Semua keperluan hidup kita saat ini diperantarai oleh perkembangan digital. Oleh karenanya, literasi digital menjadi sesuatu yang penting untuk dikuasai dan dimanfaatkan secara optimal. Mulai dari cara penggunaan, pedoman penggunaan, sampai risiko penggunaan. Sehingga kita bisa memanfaatkan perkembangan dunia digital sebaik-baiknya,” lanjutnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penampilan Kangen Band

Gelaran Tangerang DigiFest 2023 yang juga merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke-78, puncaknya ditutup dengan penampilan Kangen Band.

Band yang digawang Andika Mahesa dan kawan-kawan itu, langsung menyapa puluhan ribu penonton yang tumpah ruah di Taman Elektrik, kawasan Pusat Pemerintahan Kota Tangerang.

"Selamat malam Kota Tangerang!" sapanya disusul seruan para penonton.

Kangen Band membawakan sekitar 11 lagu. Penampilannya membuat para penonton bernostalgia dengan lagu-lagu lama yang pernah merajai deretan tangga lagu nasional.

Dengan kompak para penonton ikut menyanyikan lagu seperti Terbang Bersamaku, Doy, Selingkuh, Tentang Bintang, Penantian yang Tertunda dan lain-lain.

"Terima kasih kepada Pemerintah Kota Tangerang yang malam ini sudah mengundang kami untuk tampil di sini," kata Andika di sela-sela penampuilannya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangerang Herman Suwarman mengatakan DigiFest merupakan bagian dari cara melanjutkan perjuangan para pahlawan kemerdekaan dengan karya-karya yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Kalau dulu, pendahulu kita berjuang dengan tumpah darah, masa kini kita berjuang dengan karya, prestasi dan inovasi dalam pembangunan. Salah satunya lewat DigiFest ini," ujar Sekda yang didampingi istri dalam sambutannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.