Sukses

Mentan Syahrul Yasin Limpo Hampiri Ketua KPK Sebelum Sidang Kabinet di Istana

Disela-sela menunggu kedatangan Jokowi, para menteri dan pimpiman lembaga negara pun memanfaatkan waktu untuk berfoto bersama hingga bersenda gurau. Seperti yang dilakukan Mentan Syahrul Yasin Limpo dan Ketua KPK Firli Bahuri.

Liputan6.com, Jakarta Momen menarik terjadi sebelum sidang kabinet paripurna di Istana Negara Jakarta, Rabu (9/8/2023). Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo tiba-tiba menghampiri Ketua KPK Firli Bahuri. Keduanya pun sempat berbincang-bincang.

Awalnya, Syahrul Yasin Limpo berbincang-bincang dengan Jaksa Agung ST Burhanuddin. Kemudian, Syahrul terlihat menghampiri Firli yang sedang duduk. Politisi Partai NasDem itu dan Firli saling berjabat tangan dan berbincang-bincang.

Syahrul juga berbincang dengan Ketua Dewan Pertimbangan Presiden Wiranto yang duduk disebelah Firli Bahuri. Sebelum kembali ke bangkunya, Syahrul pun sedikit menunduk. Firli pun mengangkat jempolnya untuk Syahrul.

Interaksi antara Mentan Syahrul Yasin Limpo dan Firli Bahuri terlihat menarik. Sebab, Syahrul diduga terseret kasus korupsi di Kementerian Pertanian.

Mentan Syahrul Yasin Limpo sendiri sudah diperiksa KPK pada 19 Juni 2023. KPK menyebut ada tiga klaster dugaan korupsi di Kementan, termasuk dugaan jual beli jabatan.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, sidang kabinet paripurna dimulai sekitar pukul 10.44 WIB. Sementara itu, para menteri dan pimpinan lembaga negara sudah berada di Istana Negara pukul 10.31 WIB.

Disela-sela menunggu kedatangan Jokowi, para menteri dan pimpiman lembaga negara pun memanfaatkan waktu untuk berfoto bersama, berbincang-bincang, hingga bersenda gurau.

Disisi lain, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, hingga Jaksa Agung ST Burhanuddin berfoto bersama. Mereka juga bersenda gurau.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

KPK Sedang Selidiki Kasus di Kementerian Pertanian

 

Sebelumnya, KPK membenarkan pihaknya tengah menyelidiki kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian. Hal tersebut diungkap Plt Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Asep Guntur Rahayu.

"Saat ini masih proses lidik (penyelidikan)," ujar Asep Guntur dalam keterangannya, Rabu, 14 Juni 2023. 

Berdasarkan informasi, penyelidikan yang dimulai pada awal 2023 ini menyeret pejabat tinggi di Kementan. Dugaan kasus ini berkaitan dengan penyalahgunaan pertanggungjawaban dana di Kementan.

Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri membenarkan adanya penyelidikan kasus ini. Ali menyebut tim lembaga antirasuah sudah mengklarifikasi beberapa pihak.

"Sejauh ini yang kami ketahui benar tahap proses permintaan keterangan kepada sejumlah pihak atas dugaan korupsi di Kementan RI," kata Ali, Rabu, 14 Juni. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.