Sukses

Bantu Kebutuhan Warga, Sandiaga Uno Gelar Bazar Sembako Murah di Batam

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno terjun langsung mendengar keluhan para pelaku usaha dan masyarakat di Kota Batam

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno terjun langsung mendengar keluhan para pelaku usaha dan masyarakat di Kota Batam. Menurut Sandiaga, mereka menginginkan harga bahan pokok bisa kembali stabil.

"Banyak UMKM di Kota Batam khususnya mengeluh harga-harga bahan pokok yang mulai merangkak tinggi, terutama pada telur, minyak goreng, dan hampir semuanya," ujar Sandiaga di Anjung Asam pedas Melaka, Kota Batam, dalam keterangan pers diterima, seperti dikutip Minggu (30/7/2023).

Menyiasati hal tersebut, Sandiaga bersinergi dan kolaborasi bersama Akademi Melayu Dermawan memberikan fasilitas Bazar Sembako Murah untuk membantu menjangkau kebutuhan sehari-hari. Sandiaga pun mengapresiasi langkah tersebut, dengan cara mengumpulkan para pelaku usaha.

"Saya sangat apresiasi, kami berkolaborasi dari Akademi Melayu Dermawan dengan teman-teman lainnya mengumpulkan pelaku usaha untuk memberikan sembako murah sebagai upaya menurunkan biaya hidup masyarakat," ujar Sandiaga.

Sandiaga mendorong, UMKM dapat terus berinovasi dalam menciptakan produk-produk baru yang selaras dengan keinginan pasar. Untuk itu, pelaku ekonomi kreatif diharapkan bisa beradaptasi secara digital guna menjangkau lebih banyak masyarakat, terutama di momen pemulihan ekonomi setelah pandemi Covid-19.

"Pelaku UMKM harus terus berinovasi dengan produk-produk yang baru, beradaptasi mengikuti proses digitalisasi, dan kolaborasi. Saya selalu mengingatkan bantulah teman-teman yang sedang kesusahan dalam menghadapi tekanan ekonomi," ungkap Sandi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Senam Bareng Ibu-ibu

Sebagai informasi, dalam kesempatan tersebut Sandiaga turut melakukan joging bersama komunitas lari di Batam, senam bersama ibu-ibu, penyerahan simbolis sembako murah dari UMKM Sahabat Sandi, hingga menyapa pelaku UMKM melalui kegiatan Akademi Melayu Dermawan.

Sandiaga yakin, kegiatan serupa dapat mempercepat lapangan kerja baru di 2024. Sehingga masyarakat di Kota Batam dapat terus berkembang dan sejahtera.

"Kita kolaborasi sama-sama memikul beban ini secara bergotong royong, harapannya para UMKM dapat bangkit. Jadi mudah-mudahan bisa membuka lapangan kerja baru di 2024 serta omzetnya meningkat. Tadi saya tanya juga ada yang punya hutang, banyak yang angkat tangan supaya mereka dapat mencicil hutangnya dan usaha mereka terus berkembang," doa Sandiaga menutup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.