Sukses

6 Fakta Pesinetron Bobby Joseph Kembali Ditangkap Kasus Dugaan Narkoba, Minta Maaf Tak Akan Ulangi

Pemain sinetron Bobby Joseph kembali ditangkap polisi terkait kasus dugaan penyalahgunaan narkoba. Ia ditangkap jajaran Satresnarkoba Polres Metro Jakarta Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Pemain sinetron Bobby Joseph kembali ditangkap polisi terkait kasus dugaan penyalahgunaan narkoba. Ia ditangkap jajaran Satresnarkoba Polres Metro Jakarta Selatan.

Bobby Joseph diamankan di sebuah rumah kawasan Cinere, Kota Depok, Jawa Barat pada Jumat malam 21 Juli 2023. Hal tersebut disampaikan Kasatresnarkoba Polres Metro Jakarta Selatan Kompol Achmad Ardhy.

"Iya betul Bobby Joseph ditangkap," kata Achmad Ardhy dalam keterangannya, Senin 24 Juli 2023.

Ardhy menerangkan, ini bukan pertama kalinya aktor peran Bobby Joseph tersandung masalah narkoba. Namun kali ini, terkait penggunaan tembakau sintetis.

"Sekarang kita amankan lagi terkait tembakau sintetis. Dia menggunakan, sudah kita amanin," ujar dia.

Menurut Ardhy, saat diamankan, Bobby Joseph baru saja menggunakan tembakau sintentis. Bersamaan dengan itu, polisi juga mengamankan barang bukti berupa tembakau sintetis atau gorilla seberat 0,46 gram.

"Dia menggunakan, tapi dia menyimpan. Barbuk tembakau sintetis, sudah dilakukan proses cek lab, itu tembakau sintetis. Beratnya 0,46 gram," papar dia.

Usai ditangkap, Polres Metro Jakarta Selatan pun menggelar giat rilis penangkapan Bobby Joseph terkait kasus narkotika. Bobby Joseph yang turut dihadirkan, tampak tertunduk lesu di hadapan awak media.

Dengan kedua tangan diborgol, ia mengenakan baju tahanan oranye bertuliskan 'Tahanan Narkoba' di bagian punggung.

Dalam kesempatan ini, Bobby menyampaikan permohonan maafnya terkhusus untuk keluarga tercinta. Begitu juga kepada masyarakat luas yang merasa kecewa atas kesalahan yang ia perbuat.

"Saya mau mengungkapkan permintaan maaf khususnya untuk keluarga saya dan juga masyarakat di luar sana," ucap Bobby Joseph di Mapolres Jakarta Selatan, Selasa (25/7/2023).

Berikut sederet fakta terkait pemain sinetron Bobby Joseph kembali ditangkap polisi terkait kasus dugaan penyalahgunaan narkoba dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Ditangkap di Kawasan Cinere saat Gunakan Tembakau Sintetis

Pemain sinetron Bobby Joseph kembali terseret kasus penyalahgunaan narkotika. Bobby Joseph pun ditangkap jajaran Satresnarkoba Polres Metro Jakarta Selatan.

Penangkapan Bobby Joseph dibenarkan Kasatresnarkoba Polres Metro Jakarta Selatan Kompol Achmad Ardhy. Dia menjelaskan, Bobby Joseph diamankan di sebuah rumah kawasan Cinere, Kota Depok, Jawa Barat pada Jumat malam 21 Juli 2023.

"Iya betul Bobby Joseph ditangkap," kata Achmad Ardhy dalam keterangannya, Senin 24 Juli 2023.

Achmad Ardhy menerangkan, ini bukan pertama kalinya aktor peran Bobby Joseph tersandung masalah narkoba. Namun kali ini, terkait penggunaan tembakau sintetis.

"Sekarang kita amankan lagi terkait tembakau sintetis. Dia menggunakan, sudah kita amanin," ujar dia.

 

3 dari 7 halaman

2. Amankan Barang Bukti, Bobby Jadi Pemilik dan Pemakai

Menurut penuturan Ardhy, saat diamankan, Bobby Joseph baru saja menggunakan tembakau sintentis. Bersamaan dengan itu, polisi juga mengamankan barang bukti berupa tembakau sintetis atau gorilla seberat 0,46 gram.

"Dia menggunakan, tapi dia menyimpan. Barbuk tembakau sintetis, sudah dilakukan proses cek lab, itu tembakau sintetis. Beratnya 0,46 gram," kata Ardhy.

Berbeda dengan narkotika jenis lain, lanjut Ardhy, diperlukan tes tersendiri bagi pengguna tembakau sintetis. Itu sebabnya saat dilakukan tes urine terhadap Bobby Joseph, hasilnya negatif.

"Tes urine negatif karena dia menggunakan tembakau sintetis. Beda, karena urine yang lain positif, kalau ini tembakau sintetis, dia tes nya harus sendiri," ucap dia.

Meski begitu, lanjut Ardhy, saat diperiksa yang bersangkutan mengakui kepemilikannya atas barang tersebut. Sementara ini polisi juga masih terus mendalami kasus yang menjerat Bobby Joseph.

"Satu orang (yang diamankan) Dia mengakui bahwa dia memegang dan memiliki," terang Achmad Ardhy.

 

4 dari 7 halaman

3. Jadi Tersangka Kasus Narkoba dan Ditahan

Kemudian usai penangkapan, Bobby Joseph ditetapkan sebagai tersangka atas kasus kepemilikan narkotika jenis tembakau sintetis.

Penetapan tersangka diumumkan Satresnarkoba Polres Metro Jakarta Selatan setelah melakukan gelar perkara. Bobby Joseph dipersangkakan melanggar Pasal 112 Subsider Pasal 127 UU No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

"Statusnya sudah tersangka atas kepemilikan narkoba jenis tembakau sintetis," kata Achmad Ardhy.

Achmad Ardhy menerangkan, Bobby Joseph saat ini telah resmi menjadi tahanan Satresnarkoba Polres Metro Jaksel guna kepentingan penyelidikan.

"Ditahan untuk pemeriksaan," ujar dia.

 

5 dari 7 halaman

4. Polisi Ungkap Alasan Bobby Joseph Kembali Konsumsi Narkoba

Pesinetron Bobby Joseph untuk kedua kalinya terjerembab ke dalam lingkaran narkoba. Bobby ditangkap Satuan Reserse Narkoba Polres Jakarta Selatan, atas dugaan penyalahgunaan dan kepemilikan narkob jenis tembakau sintetis.

Ironisnya, sudah cukup lama Bobby Joseph mengonsumsi tembakau sintetis. Kepada polisi Bobby mengaku sudah menghisap barang haram tersebut sejak 2020 lalu.

Kasat Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Selatan Kompol Achmad Ardhy mengatakan, tersangka mengaku menggunakan narkotka lantaran stres menghadapi permasalahan keluarga.

"Ya dia lagi ada masalah keluarga ya, mungkin dia lagi stres. Dia sampaikan ke saya juga tadi, dia lagi ada permasalahan keluarga, makanya dia sampai terjerat narkoba," ungkap Achmad Ardhy di Polres Jakarta Selatan, Selasa (25/7/2023).

 

6 dari 7 halaman

5. Bobby Joseph Dapat Tembakau Sintetis dari Akun Instagram, Sudah 10 Kali Lakukan Pemesanan

Saat ditangkap, polisi juga mengamankan barang bukti berupa tembakau sintetis seberat 0,46 gram dan kertas papir.

Achmad Ardhy menjelaskan darimana Bobby mendapatkan narkoba tersebut. Dari pengakuan yang bersangkutan, barang haram itu dibeli dari salah satu akun Instagram.

"Barang tersebut didapatkan dari salah satu akun Instagram di media sosial. Yang setelah kita lakukan penyelidikan mendalam, bahwa pelaku sudah menggunakan narkoba jenis tembakau sintetis ini dari tahun 2020, dan sudah melakukan pemesanan sebanyak 10 kali," kata dia.

"Cara pelaku memesan dengan contact melalui media sosial, kemudian barang itu diletakkan di suatu tempat oleh pengedarnya," Ardhy menambahkan.

Kepada polisi, Bobby tidak dapat memastikan berapa banyak tembakau sintetis di setiap pembeliannya. Untuk mekanismenya, penjual akan menaruh barang itu di suatu tempat, dan nantinya diambil oleh pembeli.

"Berapa gramnya tidak pasti. Cuma dia ngaku membeli kadang dengan membayar Rp100 ribu, Rp200 ribu. Memang sistemnya ditaruh di suatu tempat, nanti penjualnya shareloc dan dia datang ke situ ambil barangnya," terang dia.

Ardhy melanjutkan, tersangka mengaku hanya melakukan pembelian tembakau sintetis ke satu akun Instagram itu saja. Saat ini polisi juga masih melakukan pendalaman terhadap kasus Bobby.

"Dari satu akun Instgram saja, makanya sedang kami lakukan penyelidikan," pungka Ardhy.

 

7 dari 7 halaman

6. Bobby Joseph Minta Maaf dan Berjanji Tak Konsumsi Narkoba Lagi

Usai ditangkap, Polres Metro Jakarta Selatan menggelar giat rilis penangkapan Bobby Joseph terkait kasus narkotika.

Bobby Joseph yang turut dihadirkan, tampak tertunduk lesu di hadapan awak media. Dengan kedua tangan diborgol, ia mengenakan baju tahanan oranye bertuliskan 'Tahanan Narkoba' di bagian punggung.

Dalam kesempatan ini, Bobby menyampaikan permohonan maafnya terkhusus untuk keluarga tercinta. Begitu juga kepada masyarakat luas yang merasa kecewa atas kesalahan yang ia perbuat.

"Saya mau mengungkapkan permintaan maaf khususnya untuk keluarga saya dan juga masyarakat di luar sana," ucap Bobby Joseph di Mapolres Jakarta Selatan, Selasa (25/7/2023).

Bobby Joseph pun mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak sekali-kali mendekati narkotika. Menurutnya, tidak mudah keluar dari lingkar hitam narkoba.

"Saya mengimbau untuk teman-teman yang lain baik yang saya kenal atau tidak saya kenal, jauhi narkoba. Jangan pernah menyentuhnya karena sangat sulit keluar dari sini," kata Bobby.

Bobby kembali meminta maaf atas perbuatan yang ia lakukan. Sang aktor berjanji tidak akan mengulangi kesalahan yang sama di kemudian hari.

"Saya meminta maaf dan saya berjanji untuk tidak mengulanginya lagi," Bobby menutup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.