Sukses

Ucapan Selamat Harlah ke-25 PKB dari PM Timor Leste Xanana Gusmao

Perdana Menteri Timor Leste, Xanana Gusmao, menyampaikan ucapan selamat atas peringatan hari lahir (harlah) ke-25 Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Puncak acara digelar di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah pada Minggu 23 Juli 2023 kemarin.

Liputan6.com, Jakarta Perdana Menteri Timor Leste, Xanana Gusmao, menyampaikan ucapan selamat atas peringatan hari lahir (harlah) ke-25 Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Puncak acara digelar di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah pada Minggu 23 Juli 2023 kemarin.

"Merupakan kebahagiaan yang luar biasa dapat mengucapkan selamat kepada Partai Kebangkitan Bangsa pada peringatan 25 tahunnya dan merayakan kontribusi signifikan yang telah diberikan PKB untuk Indonesia dan rakyatnya," kata Xanana dikutip dari keterangan tertulis yang diterima pada, Senin (24/7/2023).

Xanana mengatakan, PKB punya andil bedar dalam mendukung perdamaian, rekonsiliasi, serta hubungan harmonis antar bangsa sebagaimana diwariskan oleh sang deklarator, KH. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

"Hubungan positif antarnegara kita sebagian besar disebabkan oleh visi dan kerja keras PKB dalam mendukung perdamaian, rekonsiliasi, dan rasa hormat antarbangsa," ujar Xanana Gusmao.

Xanana juga mengakui jika PKB memiliki tempat bersejarah dan penting dalam tatanan masyarakat Indonesia. Pasa saat Indonesia terdampak krisis, kata Xanana, PKB memainkan peran penting dalam transisi Indonesia menuju demokrasi yang kuat dan berkembang.

Dengan menghormati warisan dan landasan filosofis ini, PKB terus berlanjut sebagai pembela demokrasi dan sebagai penganjur reformasi, perbaikan dan pembangunan bangsa di Indonesia.

"Yang penting, PKB adalah pendukung kuat masyarakat pedesaan, perempuan dan kaum dhuafa serta tetap teguh dalam mempromosikan keberagaman dan toleransi," tegas Xanana.

Tak hanya itu, Xanana juga menyebut PKB memainkan peran penting dalam mendorong rekonsiliasi dan kerja sama antara Timor-Leste dan Indonesia.

"Pada tanggal 29 Februari 2000, pendiri PKB, Yang Mulia Abdurrahman Wahid, adalah Presiden Indonesia pertama yang mengunjungi negara kami setelah pemungutan suara untuk kemerdekaan," ucap dia.

"Sekali lagi, saya mengucapkan selamat kepada Partai Kebangkitan Bangsa pada HUT ke-25 dan saya berharap partai merayakan prestasinya dengan baik dan melihat ke depan sebagai pembela demokrasi, kebhinekaan dan bangsa Indonesia," kata Xanana.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perintah Cak Imin untuk Semua Kader: Menangkan Pemilu 2024

Dalam sambutannya saat Syukuran Hari Lahir (Harlah) ke-25 Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Stadion Manahan Solo, hari ini, Minggu (23/7/2023), Muhaimin Iskandar memerintahkan kader dan simpatisan meraih untuk bekerja keras untuk menang pada pemilu 2024.

Dalam hal ini, politikus yang akrab disapa Cak Imin menyinggung perolehan suara di Provinsi Jawa Tengah. Cak Imin mengakui, perolehan suara PDI Perjuangan dengan PKB masih terlampau jauh, meski berada di urutan kedua.

"Jateng pemenangnya Mbak Puan atau PDI Perjuangan, pemenang keduanya PKB. Tapi jaraknya jauh," kata Cak Imin saat memberikan sambutan, Minggu (23/7/2023).

Cak Imin mengatakan, ia ingin pada pemilu 2024 perolehan suara PKB tidak berbeda jauh dengan PDIP. Cak Imin semangati kader yang hadir.

"Saya ingin 2024 kita juara 2 jaraknya agak dekat dengan PDI Perjuangan, sanggup," ujar Cak Imin.

"Sanggup," disambut kader.

"Mbak Puan sanggup kita," timpal Cak Imin.

Cak Imin meminta seluruh kader PKB harus serius dan bersungguh-sungguh memenangkan pileg dan pilpres 2024.

"Tidak ada jalan lain kalau tidak bisa menangkan PKB maka diremehkan oleh kekuatan lain. Saya minta 2024 tetap juara dua mepet, sehingga Mbak Puan hormat sama PKB," kata Cak Imin.

"Itulah perintah saya, menangkan pemilu, menangkan pemilu. Dengan kita menang pemilu, maka PKB tidak akan diremehkan kekuatan lain," Cak Imin menandaskan.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.