Sukses

Reshuffle Kabinet, Budi Arie dan Sejumlah Pejabat Tiba di Istana

Presiden Joko Widodo atau Joko melakukan reshuffle atau perombakan kabinet Indonesia Maju, Senin (17/7/2023). Dia akan melantik satu menteri, lima wakil menteri (wamen), dan dua anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres).

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan reshuffle atau perombakan kabinet Indonesia Maju, Senin (17/7/2023). Dia akan melantik satu menteri, lima wakil menteri (wamen), dan dua anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres).

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Ketua Umum Relawan Pro Jokowi (ProJo) Budi Arie Setiadi telah tiba di Istana Kepresidenan Jakarta, pukul 08.09 WIB. Budi Arie yang saat ini menjabat Wakil Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) itu akan dilantik menjadi Menteri Komunikasi dan Informatika.

Budi Arie mengatakan dirinya telah dihubungi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno pada pekan lalu terkait jabatan barunya di pemerintahan. Namun, dia belum mau mengungkapkan soal apa jabatan yang diisinya.

"Pekan lalu saya dihubungi oleh Sekneg. Jabatan entarlah, nunggu pengumuman Presiden. Saya enggak mau mendahului," kata Budi Arie kepada wartawan.

Selain Budi Arie, sejumlah pejabat negara yang dikabarkan akan dilantik juga telah tiba. Mulai dari Nezar Patria, Paiman Raharjo, Pahala Mansury, Rosan Roeslani, Djan Faridz, Saiful Rahmat Dasuki, hingga Gandhi Sulistiyanto.

Budi Arie yang juga Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) menjadi Menkominfo menggantikan Johnny G.Plate yang menjadi tersangka kasus korupsi Base Transceiver Station (BTS) 4G. Posisi Budi Arie sebagai Wamendes dikabarkan akan diisi oleh Paiman Raharjo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nezar Patria Jadi Wamenkominfo

Menurut sumber Liputan6.com, Jokowi juga akan melantik mantan wartawan Nazer Patria sebagai Wamenkominfo. Dia saat ini menjabat sebagai Staf Khusus V Menteri BUMN.

Kemudian, Wakil Menteri BUMN Pahala Mansury akan dilantik menjadi Wakil Menteri Luar Negeri. Posisi Pahala akan digantikan oleh pengusaha sekaligus Duta Besar RI untuk Amerika Serikat (AS), Rosan Roeslani.

Sementara itu, Saiful Rahmat Desuki akan dilantik menjadi Wakil Menteri Agama. Jokowi juga akan melantik Djan Faridz dan Gandhi Sulistiyanto akan dilantik menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.