Sukses

Kelakar Prabowo di Rakernas XVI Apeksi: Saya Orang Orba dan Orla Sekaligus

Namun, orba dan orla yang dimaksud Prabowo Subianto bukan orde baru dan orde lama, melainkan orang Langowan dan orang Banyuwangi.

Liputan6.com, Jakarta - Bakal calon presiden dari Partai Gerindra, Prabowo Subianto menjadi salah satu pembicara dalam acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVI Asosiasi Pemerintah Kota Se-Indonesia (Apeksi) di Makassar, Sulawesi Selatan pada Kamis (13/7/2023).

Dalam kesempatan itu, Prabowo berkelakar bahwa dirinya merupakan orang orba dan orla. Namun, orba dan orla yang dimaksud Menteri Pertahanan RI itu bukan orde baru dan orde lama, melainkan orang Langowan dan orang Banyuwangi.

"Jadi kalau bisa dikatakan, saya ini orang orba dan orang orla sekaligus," kata Prabowo di acara Apeksi, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (13/7/2023).

Menurut Prabowo, ia merupakan keturunan Sulawesi Utara dan Jawa Tengah. Ibunya berasal dari Langowan, Minahasa, Sulawesi Utara, sedangkan ayahnya merupakan orang asli Banyumas, Jawa Tengah.

"Karena ibu saya orang Langowan, Sulawesi Utara. Bapak saya dari Banyumas, Jawa Tengah. Jadi saya orla, orba sekaligus," ucap Prabowo.

Pada kesempatan yang sama Ketua Apeksi yang juga merupakan Wali Kota Bogor, Bima Arya bertanya ke Prabowo terkait sosok Ganjar Pranowo.

"Sebagaimana sebelumnya saya juga ingin bertanya kepada Pak Prabowo tentang Ganjar Pranowo," tanya Bima.

"Gubernur," jawab Prabowo Subianto.

Tak hanya ditanya tentang Ganjar. Prabowo Subianto juga ditanya tentang Anies Baswedan yang diketahui merupakan Bacapres usungan Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP).

Secara singkat Prabowo menyebut bahwa mantan Rektor Universitas Paramadina Jakarta itu sebagai profesor

"Satu kata tentang Pak Anies," ucap Bima.

"Profesor," jawab Prabowo bersambung tawa para hadirin yang hadir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ganjar, Prabowo, dan Anies Hadir di Rakernas XVI Apeksi

Sebelumnya, Ketua Dewan Pengurus Apeksi yang juga merupakan Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto menyebutkan bahwa tiga sosok pemimpin nasional bakal hadir dalam Rakernas Apeksi untuk adu gagasan.

Mereka adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

"Insyaallah besok akan hadir tiga sosok pemimpin nasional, ada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, ada Gubernur Jawa Tengah, Mas Ganjar Pranowo dan masih menunggu konfirmasi," ujar Ketua Dewan Pengurus Apeksi Bima Arya Sugiarto, Rabu 12 Juli 2023.

Ketiga bakal capres tersebut akhirnya datang dan menghadiri Rakernas XVI Apeksi di Makassar, Sulawesi Selatan pada Kamis (13/7/2023).

Ketiganya diundang untuk bicara soal gagasan guna memajukan kota di Indonesia. Ketiga bakal calon presiden diberi waktu di sesi yang berbeda untuk memaparkan pandangannya dan rencana ke depan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.