Sukses

Mengapa Nasdem Tetap Ngotot Gelar Acara Apel Siaga di GBK padahal Ada JIS?

NasDem tetap memilih Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) meski diketahui bentrok dengan laga Persija Versus Bhayangkara FC pada Minggu (16/7/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Partai NasDem menjelaskan perihal tidak memilih Jakarta International Stadium (JIS) sebagai lokasi acara Apel Siaga Perubahan. NasDem sendiri tetap memilih Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), meski diketahui bentrok dengan laga Persija Versus Bhayangkara FC pada Minggu (16/7/2023).

Wakil Ketua Umum NasDem Ahmad Ali menjelaskan bahwa JIS itu dibangun Anies Baswedan semasa menjabat Gubernur DKI untuk homebase atau kandang Persija. Ali justru bertanya balik mengapa Persija seakan dijauhkan dari JIS.

"Kenapa NasDem tidak menggunakan JIS dalam pelaksanaan kegiatan karena itu kan menjadi karya daripada Anies. JIS itu bukan milik Anies Baswedan, JIS itu itu dibangun di masa pemerintahan Mas Anies Rasyid Baswedan untuk menjadi homebase daripada Persija," kata Wakil Ketua Umum NasDem Ahmad Ali di NasDem Tower, Jakarta, Rabu (12/7/2023).

"Pertanyaannya saya tanya balik, Kenapa itu tidak digunakan untuk kepentingan JIS? Kenapa Persija justru dijauhkan dari kandangnya sendiri? Padahal kita tahu JIS ini dibangun oleh gubernur saat itu, Anies Baswedan, untuk menjadi kandangnya Persija," ujarnya.

Ali menegaskan, tidak ada pretensi khusus untuk NasDem memilih GBK atau JIS. Dia menyebut, alasan memakai stadion GBK untuk acara Apel Siaga karena selama ini tempat itu menjadi pusat kegiatan politik dan multi-event yang dilakukan.

"Sedangkan JIS di pikiran kami dia memang lapangan yang dilakukan untuk kandang Persija," kata Ali.

Sehingga, kata Ali, jadwal-jadwal pertandingan Persija saat menjadi tuan rumah mestinya digelar di JIS. Namun, hingga kini JIS belum digunakan untuk kegiatan-kegiatan Macan Kemayoran.

"Harusnya sebijaksana mungkin dilaksanakan di JIS. Cuma pertanyaannya sampai hari ini kenapa sampai hari ini JIS belum bisa digunakan untuk kegiatan kegiatan liga atau kegiatan yang dilakukan oleh Persija itu sendiri," tuturnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Acara Nasdem Bentrok Jadwal Jackmania

Meski begitu, Ali meminta maaf karena acara apel siaga NasDem di (GBK). Karena jadwalnya bentrok, akhirnya Persija bermain di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat.

"Izinkan saya menyampaikan permohonan maaf sebesar-besarnyanya kepada teman-teman Persija dan Jakmania atas berbenturan jadwal yang tanggal 16, kemudian sejatinya kawan-kawan Persija akan bertanding di GBK tanggal 16, terus kemudian pada akhirnya dipindahkan ke Patriot," kata Ali.

Ali menjelaskan, NasDem telah mengajukan penggunaan izin GBK sejak tanggal Februari 2023 dan disetujui pada tanggl 22 februari 2023. Meski begitu, Ali menyesalkan adanya bentrokan jadwal.

"Sehingga berkembang seakan-akan tanda kutip ini adalah suatu upaya untuk mengusir Persija dari Jakarta dan bertanding keluar," tandas Ali.

Reporter: Muhammad Genantan Saputra/Merdeka.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini