Sukses

Infografis Menanti Arah Dukungan Partai Non-Parlemen di Pilpres 2024

Bakal calon presiden atau bacapres untuk Pilpres 2024 memang baru muncul 3 nama. Namun, selain partai pendukung utama koalisi, parpol non-parlemen mulai menyokong 3 bacapres 2024 yang ada.

Liputan6.com, Jakarta - Pemilihan umum presiden dan wakil presiden atau populer disebut pilpres tinggal hitungan kurang dalam 8 bulan lagi. Dinamika pilpres yang masuk dalam rangkaian Pemilu 2024 itu pun kian mengerucut, terutama ihwal sosok bakal calon presiden atau bacapres.

Sejauh ini baru ada 3 nama bakal capres 2024 yang muncul, yakni Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto. Selain 3 bacapres tersebut, belum ada lagi sosok yang muncul.

Sekalipun masing-masing bacapres belum mendeklarasikan bakal calon wakil presiden alias bacawapres, dukungan dari partai politik atau parpol mulai terlihat. Terutama dari parpol di luar koalisi partai pengusung utama 3 bacapres.

Bacapres Anies Baswedan diusung Koalisi Perubahan. Koalisi ini digawangi Partai NasDem, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera atau PKS. Dari parpol non-parlemen, Partai Ummat sudah menyatakan dukungan terhadap Anies.

Sedangkan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP telah mendeklasikan Ganjar Pranowo sebagai bacapres. Selain diusung PDIP, Ganjar didukung oleh Partai Persatuan Pembangunan atau PPP. Dukungan parpol non-parlemen datang dari Partai Hanura dan Partai Perindo.

Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya menjagokan Prabowo Subianto sebagai bacapres. Kekuatan utama koalisi ini terletak pada Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB. Adapun parpol non-parlemen yang telah memberikan sinyal dukungan terhadap Prabowo adalah Partai Bulan Bintang atau PBB dan Partai Partai Gelombang Rakyat Indonesia atau Gelora.

Adapun Koalisi Indonesia Bersatu belum menentukan bacapres. Koalisi ini awalnya diusung Partai Golkar, Partai Amanat Nasional atau PAN, dan PPP. Namun, PPP telah menentukan pilihan mendukung bacapres Ganjar Pranowo.

Parpol non-parlemen mana saja yang belum menentukan arah dukungan terhadap 3 bacapres tersebut? Mana saja yang tergolong parpol parlemen dan partai non-parlemen di Pemilu 2024? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menanti Arah Dukungan Partai Non-Parlemen di Pilpres 2024

3 dari 3 halaman

Infografis Parpol Parlemen dan Non-Parlemen di Pemilu 2024

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.