Sukses

Puncak Perayaan HUT ke-77 Bhayangkara di GBK, Polda Metro Jaya Siagakan 1.777 Personel Gabungan

Polda Metro Jaya menyiapkan sebanyak 1.777 personel gabungan untuk pengamanan perayaan Hari Ulang Tahun atau HUT ke-77 Bhayangkara di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta pada hari ini, Sabtu (1/7/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Polda Metro Jaya menyiapkan sebanyak 1.777 personel gabungan untuk pengamanan perayaan Hari Ulang Tahun atau HUT ke-77 Bhayangkara di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta pada hari ini, Sabtu (1/7/2023).

"Personel polisi terdiri atas Polda Metro Jaya 976 orang dan dari polres-polres sebanyak 628 orang," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, melansir Antara, Sabtu (1/7/2023).

Dia menjelaskan, tak hanya polisi, personel pemerintah provinsi (pemprov) juga ikut dilibatkan mengamankan GBK.

Mereka terdiri atas Satpol PP sebanyak 60 personel, Dinas Perhubungan 55 personel, Pemadam Kebakaran sebanyak 30 personel beserta enam unit pemadam, dan dari Dinas Kesehatan sebanyak 28 personel dengan empat unit ambulans.

"Pihak kepolisian juga melaksanakan rekayasa lalu lintas di sekitar Gelora Bung Karno untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan," ucap Trunoyudo. Namun, lanjut dia, untuk rekayasa lalu lintas bersifat situasional tergantung kondisi di lapangan untuk penerapannya. "Sifatnya situasional melihat kondisi di lapangan," jelas Trunoyudo.

Sebelumnya, acara puncak HUT Bhayangkara akan diselenggarakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, pada hari ini yang dimulai pukul 15.00 WIB. HUT ke-77 Bhayangkara mengangkat tema 'Polri Presisi untuk Negeri. Pemilu Damai untuk Indonesia Emas'.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Presiden Jokowi Akan Jadi Inspektur Upacara HUT ke-77 Bhayangkara

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin akan menghadiri acara HUT ke-77 Bhayangkara pada Sabtu, 1 Juli 2023.

Berdasarkan undangan yang diterima, nantinya Presiden Jokowi akan menjadi Inspektur Upacara. Jokowi rencananya akan hadir beserta istri dalam kegiatan tersebut.

Bukan hanya itu, Wakil Presiden Ma'ruf Amin juga rencananya akan didampingi oleh istrinya untuk hadir pada acara yang digelar sore hari nanti.

Tak hanya itu, nantinya juga akan ada sejumlah musisi yang turut memeriahkan acara tersebut. Mereka seperti group band Slank serta Putri Ariani yang sedang ramai diperbincangkan karena bakatnya.

Selain itu, pada acara nanti juga adanya sejumlah penampilan lainnya seperti dancer, rampak kendang, angklung, aksi terjun payung dan simulasi dari personel Brigade Mobile (Brimob).

 

3 dari 3 halaman

HUT ke-77 Bhayangkara, Puan: Jangan Tunggu Viral Saat Tangani Kasus

Ketua DPR RI Puan Maharani mengucapkan selamat HUT ke-77 Bhayangkara. Puan berharap Polri semakin profesional dan terus bekerja memberi pelayanan terbaik bagi rakyat.

“Saya mengucapkan selamat Hari Bhayangkara ke-77 tahun 2023 untuk seluruh anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia. Tingkatkan kedisiplinan dan profesionalitas dalam melayani dan menjaga keamanan masyarakat,” tutur Puan dalam keterangannya, Sabtu (1/7/2023).

Puan mengingatkan, agar Polri mengedepankan restorative justice pada kasus tindak pidana ringan yang melibatkan masyarakat kecil, dan tidak bergerak ketika kasus sudah viral lebih dahulu.

“Masyarakat berharap, Polri bisa bekerja secara terbuka, penuh keadilan, dan sigap untuk semua penegakan hukum tanpa perlu menunggu peristiwa viral terlebih dahulu,” sebutnya.

Politikus PDIP itu memint Polri menjalankan tugasnya dengan baik dalam berbagai dinamika dan tantangan yang ada. Termasuk saat menghadapi tahun politik jelang Pemilu 2024.

“Dengan profesionalitasnya, saya yakin Polri mampu menjaga tahun politik sehingga Pemilu 2024 bisa berlangsung dengan aman, damai, dan gembira,” ungkap Puan.

Puan juga meminta Polri melakukan evaluasi terhadap kinerja-kinerjanya selama ini. Khususnya dalam satu tahun terakhir.

“Polri harus segera berbenah dan tingkatkan pengawasan internal sehingga dapat lebih maksimal dalam memberi pelayanan kepada rakyat,” tegasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.