Sukses

Top 3 News: KPK Ungkap Akal Bulus Lukas Enembe Dapat Uang Makan Rp1 Miliar Sehari

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkap akal-akalan Gubernur nonaktif Papua Lukas Enembe agar bisa menyelewengkan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Rp1 miliar satu hari. Itulah top 3 news hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkap akal-akalan Gubernur nonaktif Papua Lukas Enembe agar bisa menyelewengkan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Rp1 miliar satu hari. Itulah top 3 news hari ini.

Menurut Plt Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Asep Guntur Rahayu, Lukas menghabiskan Rp1 miliar dalam satu hari untuk makan dan minum.

Asep Guntur Rahayu mengungkap akal bulus Lukas Enembe mendapatkan dana itu. Menurut Asep, sebagai orang nomor satu di Papua, Lukas menelurkan aturannya sendiri.

Sementara itu, belum lama ini publik dibuat heboh dengan kabar dugaan incest atau inses yang terjadi di Purwokerto, Banyumas. Bagaimana tidak, kasus dugaan hubungan terlarang inses di Purwokerto antara bapak dan anak itu bermula terungkap dari ditemukannya benda diduga tulang manusia oleh dua orang pekerja, Slamet (50) dan Purwanto (44) pada Kamis 15 Juni 2023.

Rupanya, ini bukanlah yang pertama kali terjadi di Indonesia. Pada 2020 silam, terungkap kasus pembuangan jasad bayi yang dilakukan seorang siswi SMA hasil hubungan sedarah atau inses dengan adiknya yang berusia 13 tahun.

Kasus ini bermula dari penemuan jenazah bayi yang baru berumur hitungan hari oleh warga daerah Nagari Langsek Kodok, Kecamatan Rao Selatan pada Minggu 16 Februari 2020, kemudian warga melaporkannya kepada polisi.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto memberikan sinyal ada tokoh yang masuk bursa calon wakil presiden pendamping Bakal Capres PDIP Ganjar Pranowo ketika peletakan batu pertama pembangunan Monumen Plaza Dr.(HC) Ir.Soekarno yang terletak di kawasan GOR Saparua, Kota Bandung, pada Rabu 28 Juni 2023.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil hadir dalam acara tersebut. Sinyal itu berupa pantun yang disampaikan Hasto kepada Ridwan Kamil.

Pantun yang disampaikan Hasto mengundang tepuk tangan meriah dari peserta yang hadir. Ditambah dengan Hasto membakar semangat dengan teriakan 'Merdeka' yang dipopulerkan partai itu khususnya Ketua Umum Prof.Dr (HC) Megawati Soekarnoputri.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Rabu 28 Juni 2023:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Begini Akal Bulus Lukas Enembe untuk Dapat Uang Makan Rp1 Miliar Sehari

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkap akal-akalan Gubernur nonaktif Papua Lukas Enembe agar bisa menyelewengkan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Rp1 miliar satu hari.

Lukas disebut KPK menghabiskan Rp1 miliar dalam satu hari untuk makan dan minum.

Plt Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Asep Guntur Rahayu mengungkap akal bulus Lukas Enembe mendapatkan dana itu. Menurut Asep, sebagai orang nomor satu di Papua, Lukas menelurkan aturannya sendiri.

"Dibuatlah peraturan gubernur (pergub), sehingga itu tidak kelihatan. Jadi dia disembunyikan," ujar Asep dalam keterangannya, Rabu 28 Juni 2023.

Asep mengatakan pergub yang dibuat Lukas ini memuluskan penggunaan dana Rp1 triliun dalam satu tahun dengan dalih uang operasional. Terkait hal itu, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) juga terkecoh.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Delapan Kasus Inses yang Sempat Viral di Indonesia Seperti Hubungan Bapak Anak Purwokerto

Belum lama ini publik dibuat heboh dengan kabar dugaan incest atau inses yang terjadi di Purwokerto, Banyumas.

Bagaimana tidak, kasus dugaan hubungan terlarang inses di Purwokerto antara bapak dan anak itu bermula terungkap dari ditemukannya benda diduga tulang manusia oleh dua orang pekerja, Slamet (50) dan Purwanto (44) pada Kamis 15 Juni 2023.

Saat itu, keduanya sedang meratakan tanah bekas kolam yang baru dibeli Prasetyo Utomo (42), warga Kelurahan Tanjung RT 01 RW 02, Kecamatan Purwokerto Selatan, Banyumas, sekitar tiga bulan lalu.

Berdasarkan hasil pemeriksaan forensik yang dilakukan tim dari RSUD Prof Dr Margono Soekarjo bersama Polresta Banyumas, temuan tersebut diketahui sebagai tulang atau kerangka bayi.

Polisi memeriksa lima orang saksi. Keterangan para saksi mengarah pada satu keluarga yang pernah tinggal di gubuk sederhana di bidang tanah itu. Dia adalah Linda, bukan nama sebenarnya, merupakan ibu dari bayi-bayi tersebut.

Rupanya, ini bukanlah yang pertama kali terjadi di Indonesia. Pada 2020 silam, terungkap kasus pembuangan jasad bayi yang dilakukan seorang siswi SMA hasil hubungan sedarah atau inses dengan adiknya yang berusia 13 tahun.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Di Depan Ridwan Kamil, Hasto Pantun: Bacawapres Ganjar Ada di Sini

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto memberikan sinyal ada tokoh yang masuk bursa calon wakil presiden pendamping Bakal Capres PDIP Ganjar Pranowo ketika peletakan batu pertama pembangunan Monumen Plaza Dr.(HC) Ir.Soekarno yang terletak di kawasan GOR Saparua, Kota Bandung, pada Rabu (28/6).

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil hadir dalam acara tersebut. Sinyal itu berupa pantun yang disampaikan Hasto kepada Ridwan Kamil.

Hasto pun turut menyanjung kepemimpinan Ridwan Kamil di Jawa Barat:

"Kang Emil memang kaya prestasi

Memajukan Jabar penuh daya seni

Pemilu akan digelar beberapa bulan lagi

Bacawapres Pak Ganjar ternyata ada di sini."

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.