Sukses

Jemaah Haji Masuki Arafah, Timwas Haji DPR Pastikan Fasilitas Penunjang Tersedia

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily berharap ibadah haji jemaah Indonesia tahun ini bisa berjalan lancar seperti yang diharapkan.

Liputan6.com, Jakarta Jemaah haji dari seluruh dunia termasuk jemaah dari Indonesia telah memasuki Padang Arafah, Makkah. Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily berharap ibadah haji jemaah Indonesia tahun ini bisa berjalan lancar seperti yang diharapkan. Timwas Haji DPR sendiri telah memastikan bahwa fasilitas untuk para jemaah haji tersedia lengkap, termasuk fasilitas pendukung terutama bagi Lansia

"Kami (Komisi VIII) di dalam rapat kemarin, telah meminta kepada Kementerian Agama untuk memberikan fasilitas pendukung terutama bagi Lansia, yaitu ketersediaan golf car atau mobil golf dan disediakan lebih banyak lagi kursi roda yang diperuntukkan bagi jemaah haji terutama jemaah Lansia. Kita harapkan, terutama pada hari ini sebagai puncak haji tahun 2023 tidak ada kendala apapun," ujar Ace saat mengikuti rangkaian Haji di Arafah, Mekkah, Arab Saudi, Selasa (27/6/2023).

Sebelumnya, Politisi F-Golkar ini meminta Kemenag agar mengatur posisi tenda Indonesia di Mina yang memiliki jarak cukup jauh sekitar 7 kilometer. Sehingga, hal itu membutuhkan ketersediaan golf car  yang dapat membantu mengantarkan para jemaah terutama Lansia agar bisa melakukan lempar jumroh. Serta diperlukan pula penyediaan kursi-kursi roda yang bisa digunakan dengan dibantu oleh para petugas untuk mengantarkan para jemaah.

"Kami juga meminta kepada pihak Kementerian Agama agar petugasnya ditempatkan di setiap satu kilometer dari jalan yang dilalui oleh para Jemaah supaya dapat diketahui. Jangan sampai para Jemaah kita tersesat gara-gara tidak tahu lokasi karena jarak yang cukup jauh tersebut," ucap Ace.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Timwas Haji DPR Harap Ibadah Haji Berjalan Lancar

Sesuai tugasnya, Timwas DPR juga telah memastikan berjalannya penyelenggaraan ibadah haji 2023 ini, walaupun masih ada kekurangan di beberapa hal. Semua temuan kekurangan itu sudah disampaikan Timwas Haji DPR kepada Pemerintah dan menjadi bahan evaluasi ke depan.

"Kita harapkan Haji 2023 ini bisa berjalan dengan lancar dan karena pada hari ini merupakan puncak haji, tentu kita berharap semua bisa berjalan dengan baik, tertib, dan nanti malam akan mulai bergerak ke Muzdalifah. Kita harapkan nanti bisa berjalan dengan lancar bisa menuju Mina dan setelah itu bisa melakukan lempar jumroh," harap Legislator Dapil Jabar II.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.