Sukses

KLHK Apresiasi Komitmen Asparminas dalam Mendukung Peta Jalan Pengurangan Sampah

Asparminas bersama Kementerian LHK menggelar Sosialisasi dan Coaching Clinic mengenai pelaksanaan Peraturan Menteri LHK No P75/2019 (P75).

Liputan6.com, Jakarta Sebagai wujud komitmen nyata dalam mendukung Peta Jalan Pengurangan Sampah, Asosiasi Produsen Air Minum Kemasan Nasional (Asparminas) bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI menggelar Sosialisasi dan Coaching Clinic mengenai pelaksanaan Peraturan Menteri LHK No P75/2019 (P75).

Melalui kegiatan ini, Asparminas bersama Kementerian LHK ingin mendorong pengusaha agar aktif dalam upaya pengurangan timbulan sampah. Kegiatan coaching clinic dibuka oleh Direktur Penanganan Sampah Kementerian LHK, Vinda Damayanti Ansjar, S.Si., M.Sc. selaku dan dihadiri lebih dari 30 peserta baik secara langsung yang bertempat di kantor KLHK RI dan juga yang melalui daring.

Dalam sambutannya, Vinda Damayanti mengapresiasi Asparminas beserta anggotanya yang telah berkomitmen dan terus berupaya mematuhi kewajiban pengurangan sampah.

"Kami akan terus mendampingi dalam semua proses dan memberikan apresiasi kepada produsen yang berkinerja baik sesuai dengan peraturan yang berlaku," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Umum Asparminas, Johan Muliawan mengungkapkan kegembiraannya dan apresiasi kepada para peserta atas terselenggaranya kegiatan coaching clinic peta jalan pengurangan sampah.

Menurutnya, Peta Jalan Pengurangan Sampah oleh Produsen, serta penerapannya bagi pelaku usaha kecil menengah, perlu dibuatkan prosedur tersendiri sehingga skala pelaksanaan bisa disesuaikan dengan kapasitas pelaku usaha. Selain itu, diharapkan KLHK bisa menyiapkan insentif yang bisa menstimulus pelaku usaha untuk percepatan pelaksanaannya.

Ia juga menegaskan bahwa Asparminas akan bekerja sama dengan mitra seperti bank sampah, pelapak, asosiasi daur ulang, dan pihak lainnya dalam pelaksanaan peta jalan pengurangan sampah.

"Asparminas kedepannya akan terus melakukan upaya edukasi lainya kepada anggota, seperti dalam upaya menuju zero emission, pelestarian sumber daya air dan penerapan energi baru terbarukan dalam produksinya. Asparminas siap menjadi pionir dalam memajukan industri air minum dalam kemasan," tuturnya.

Asparminas juga ingin berkontribusi agar seluruh anggota menerapkan sustainability dengan mendorong anggotanya melakukan konservasi sumber daya air dan bertanggung jawab terhadap sampah kemasannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Target Pengurangan Sampah

Dalam sesi diskusi, Penyuluh Lingkungan Hidup Ahli Madya, Agnes Swastika Ningrum, bersama dengan Pengendali Dampak Lingkungan Ahli Pertama, Rifky Ilhami, menyampaikan materi terkait peraturan Menteri LHK Nomor P75/2019.

Keduanya menekankan pentingnya komitmen dari para produsen dalam mengurangi timbulan sampah dan menyoroti target nasional maupun daerah yang ditetapkan sebesar 30% dari total sampah pada tahun 2029.

Rifky menyampaikan 30% ini merupakan total dari pengurangan sampah jenis kertas, logam, kaca, dan plastik. Dalam mencapai target ini, Kementerian LHK khususnya Ditjen PSLB3 menekankan pentingnya kerja sama dengan berbagai pihak.

Sesi dilanjutkan dengan mentorisasi dari KLHK kepada anggota Asparminas dalam penyusunan Peta Jalan Pengurangan Sampah. Peserta aktif dan antusias dalam penyusunan peta jalan sampah.

Sebagai puncak dari kegiatan sosialisasi dan coaching clinic ini, dari 30 peserta yang berpartisipasi, Asparminas berhasil memotivasi 8 pesertanya untuk menyerahkan dokumen Peta Jalan Pengurangan Sampah kepada pihak KLHK.

Melalui coaching clinic ini, peserta diharapkan dapat mengambil langkah nyata dalam mengurangi sampah dan menjaga lingkungan. Dengan kerja sama semua pihak, Indonesia dapat mencapai target pengurangan sampah yang telah ditetapkan.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.