Sukses

4 Fakta Kabar Duka Pria Obesitas 260 Kilogram Muhammad Fajri Meninggal Dunia

Kabar duka datang dari Muhammad Fajri, pasien obesitas yang memiliki bobot 260 Kilogram, meninggal dunia pada hari ini, Kamis (22/6/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Kabar duka datang dari Muhammad Fajri, pasien obesitas yang memiliki bobot 260 Kilogram, meninggal dunia pada hari ini, Kamis (22/6/2023).

Kabar tersebut pertama kali diterima awak media pada Kamis pagi. Fajri sudah lebih dari dua pekan menjalani perawatan di ruang isolasi dengan perlengkapan memadai seperti di ruang ICU Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM).

Kabar duka Muhammad Fajri meninggal dunia juga dibenarkan oleh Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kota Tangerang dr Dini Anggraeni.

"Iya, untuk lebih jelas masih menunggu info dari RSCM," tutur dr Dini, saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (22/6/2023).

Dinas Kesehatan atau Dinkes Tangerang pun saat ini sudah mempersiapkan personel untuk mengevakuasi jenazah Muhammad Fajri. Personel ini disiapkan jika sewaktu-waktu RSCM membutuhkan.

"Kita sudah siapkan personil jika dibutuhkan," kata Dini.

Plt Direktur Pelayanan Operasional RSCM Renan Sukmawan pun menyampaikan kabar duka terkait pasien obesitas asal Tangerang Muhammad Fajri.

"MF berpulang ke Rahmatullah tadi malam pukul 01.25 WIB di hadapan keluarga," kata Renan dalam konferensi pers di RSCM, Jakarta Pusat, Kamis (22/6/2023).

Menurut Renan, pasien berbobot sekitar 260kg itu meninggal setelah menjalani perawatan selama 14 hari di RSCM.

Sementara itu, Koordinator Hukum, Organisasi, dan Humas RSCM Jakarta, Uud mengatakan, pihak keluarga tidak berkenan prosesi pemakaman diliput awak media.

Berikut sederet fakta kabar duka Muhammad Fajri, pasien obesitas yang memiliki bobot 260 Kilogram, meninggal dunia pada hari ini, Kamis (22/6/2023) dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Meninggal Dunia Dini Hari Tadi Usai Jalani 14 Hari Perawatan

Muhammad Fajri, pasien obesitas yang memiliki bobot 260 Kilogram, meninggal dunia, Kamis (22/6/2023).

Kabar tersebut pertama kali diterima awak media pada Kamis pagi. Fajri sudah lebih dari dua pekan menjalani perawatan di ruang isolasi dengan perlengkapan memadai seperti di ruang ICU.

Kabar duka tersebut pun dibenarkan oleh Kadis Kesehatan Kota Tangerang, dr Dini Anggraeni.

"Iya, untuk lebih jelas masih menunggu info dari RSCM," tutur dr Dini, saat dihubungi Liputan6.com.

Hal senada juga disampaikan Plt Direktur Pelayanan Operasional RSCM Renan Sukmawan. Renan menyampaikan kabar duka terkait pasien obesitas asal Tangerang Muhammad Fajri.

"MF berpulang ke Rahmatullah tadi malam pukul 01.25 WIB di hadapan keluarga," kata Renan dalam konferensi pers di RSCM, Jakarta Pusat, Kamis (22/6/2023).

Pasien berbobot sekitar 260kg itu meninggal setelah menjalani perawatan selama 14 hari di RSCM.

 

3 dari 5 halaman

2. Dinkes Tangerang Siapkan Personel untuk Evakuasi Jenazah Muhammad Fajri

Dinkes Tangerang saat ini sudah mempersiapkan personel untuk mengevakuasi jenazah Muhammad Fajri, pasien obesitas yang memiliki bobot 260 Kilogram. Personel ini disiapkan jika sewaktu-waktu RSCM membutuhkan.

"Kita sudah siapkan personil jika dibutuhkan," kata Kadis Kesehatan Kota Tangerang dr Dini Anggraeni saat dihubungi Liputan6.com, Kamis, (22/6/2023).

Dini mengatakan, saat ini pihaknya masih menunggu kabar dari RSCM di mana Muhammad Fajri dirawat.

"Iya, untuk lebih jelas masih menunggu info dari RSCM," tutur dr Dini.

 

4 dari 5 halaman

3. Pemulasaran Jenazah Dilakukan oleh RSCM dan Langsung Diantar ke Rumah Duka

Pihak RSCM pun menjelaskan soal pemulasaraan jenazah Fajri. Pemulasaraan jenazah dilakukan mulai pukul 03.45 hingga pukul 05.00 WIB oleh tim pemulasaraan jenazah Instalasi Forensik dan Pemulasaraan Jenazah RSCM yang terdiri dari 18 orang.

Jenazah dimandikan dan dikafankan secara Islam. Berdasarkan konfirmasi pihak keluarga, jenazah dimakamkan di Taman Pemakaman Umum (TPU) Menteng Pulo dan diberangkatkan setelah ada kepastian kesiapan liang lahat.

Jenazah diantar ke peristirahatan terakhir menggunakan mobil jenazah Rumah Duka RSCM.

Dalam proses pemakaman ini, RSCM berkoordinasi dengan Dinas Pertamanan dan Kehutanan DKI Jakarta agar dapat dibuatkan liang lahat dengan ukuran yang lebih dari standar.

Pihak RSCM pun sudah melakukan koordinasi dengan pihak keluarga dan pihak terkait mulai dari keberangkatan hingga pengantaran terakhir ke makam pasien.

 

5 dari 5 halaman

4. Pihak Keluarga Gelar Pemakaman Secara Tertutup

RSCM menyampaikan permintaan pihak keluarga perihal prosesi pemakaman Muhammad Fajri (MF) pemuda obesitas berbobot hampir 300 Kilogram (Kg).

Koordinator Hukum, Organisasi, dan Humas Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta Uud mengatakan, pihak keluarga tidak berkenan prosesi pemakaman diliput awak media.

"Ada permintaan juga dari pihak keluarga bapak ibu media untuk proses penyampaian informasi cukup kita akhiri sampai di sini," kata Uud usai konferensi pers di RSCM, Jakarta Pusat, Kamis (22/6/2023).

"Kemudian juga tidak ada peliputan lanjutan juga dalam prosesi pemakaman terhadap almarhum karena ini bagian daripada privasi keluarga kita perlu memahami itu," jelas Uud.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.