Sukses

Naik MRT, LRT, dan Transjakarta Cuma Rp1 pada Besok, Kamis 22 Juni 2023

Tarif MRT, LRT, dan Transjakarta Rp1 berlaku pada Kamis, 22 Juni 2023 mulai pukul 00.00 - 23.59 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta, PT Light Rail Transit (LRT) Jakarta, dan PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) bakal menerapkan tarif layanan khusus Rp1 selama satu hari penuh pada Kamis 22 Juni 2023. Hal ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-496 DKI Jakarta.

Direktur Operasional dan Pemeliharaan PT MRT Jakarta Muhammad Effendi mengatakan, pada layanan MRT pemberlakukan tarif Rp1 ini efektif berlaku pada jadwal operasional pukul 05.00 WIB-24.00 WIB. Effendi menyebut, meski tarif hanya Rp1 pengguna jasa tetap melakukan tap di passenger gate, baik saat masuk maupun keluar.

"Tarif berlaku untuk semua jenis pembayaran seperti kartu MTT, kartu uang elektronik bank, dan pembelian melalui aplikasi MRT-J," kata Effendi dalam keterangan resmi, Rabu (20/6/2023).

Di sisi lain, Direktur Utama Transjakarta Welfizon Yuza mengatakan tarif khusus ini berlaku bagi semua masyarakat tanpa terkecuali di layanan BRT dan non BRT. Tarif Rp1 naik Transjakarta mulai bisa dinikmati pukul 00.00 WIB-23.59 WIB, pada Kamis 22 Juni

"Manfaatkan transportasi umum, Transjakarta, untuk mendapatkan layanan dengan tarif khusus ini," ujar Welfizon.

Pelanggan juga diimbau untuk membawa kartu uang elektronik (KUE) ketika akan menggunakan layanan Transjakarta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tarif Rp1 untuk MRT, LRT, Transjakarta Berlaku Mulai pukul 00.00 - 23.59 WIB

Sementara itu, Head of Corporate Secretary Division PT LRT Jakarta Sheila Indira Maharshi menyampaikan, untuk LRT penerapan tarif Rp1 sama dengan Transjakarta. Di mana tarif Rp1 berlaku pada Kamis, 22 Juni 2023 mulai pukul 00.00 - 23.59 WIB.

"Sebagai salah satu operator transportasi publik yang melayani segenap masyarakat Jakarta, LRT Jakarta mendukung kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengenai penerapan tarif Rp1 di LRT Jakarta pada tanggal 22 Juni 2023," kata Sheila.

Senada, Sheila menerangkan untuk menikmati tarif Rp1 saat naik LRT, para pelanggan perlu melakukan pembayaran dengan melakukan tap-in dan tap-out seperti biasa. Penumpang bisa menggunakan Kartu Uang Elektronik (KUE) seperti JakLingko card, JAK card, Flazz, E-Money, hingga Brizzi.

"Selain itu, penumpang juga dapat menggunakan aplikasi LinkAja maupun JakLingko App yang dapat diunduh pada smartphone," kata dia.

Sheila menambahkan, penerapan tarif khusus pada momen HUT DKI Jakarta ini menjadi kali kedua dilakukan LRT Jakarta. Pada tahun lalu, LRT Jakarta mencatat ada sebanyak lebih dari 5 ribu penumpang yang menikmati layanan LRT Jakarta dengan tarif khusus ini.

"LRT Jakarta akan terus berkomitmen untuk memberikan layanan yang terbaik serta menjadi moda transportas publik yang aman, nyaman dan berkelanjutan bagi mobilitas masyarakat Jakarta," katanya.

Adapun pemberlakuan ini sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Kepala Dinas Perhubungan (Diahub) DKI Jakarta e-0078 Tahun 2023 tentang Penugasan Tarif Layanan Khusus Transportasi Umum Transjakarta, MRT Jakarta, dan LRT Jakarta Dalam Rangka HUT ke-496 DKI Jakarta.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Moda Raya Terpadu atau disingkat MRT adalah sistem transportasi rel angkutan cepat di Jakarta.

    MRT

  • Lintas Rel Terpadu Jabodetabek atau disingkat menjadi LRT Jabodetabek adalah lintas rel terpadu yang berada di daerah Jabodetabek.

    LRT

  • Transjakarta adalah sistem transportasi Bus Rapid Transit (BRT) pertama di Asia Tenggara dan Selatan, yang beroperasi sejak tahun 2004 di Ja

    Transjakarta

  • Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Jakarta jatuh pada 22 Juni.
    Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Jakarta jatuh pada 22 Juni.

    HUT Jakarta

  • Rp1

  • tarif Rp1