Sukses

Anies Baswedan: Pemimpin Jangan Takut Masa Jabatan Berakhir, Itu Bagian dari Demokrasi

Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta agar pemimpin tidak takut dengan berakhirnya masa jabatan. Pasalnya, menurut dia, itulah proses demokrasi.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta agar pemimpin tidak takut dengan berakhirnya masa jabatan. Pasalnya, menurut dia, itulah proses demokrasi.

Hal tersebut disampaikan Anies saat dimintai tanggapannya soal kepemimpinan Heru Budi Hartono sebagai orang nomor satu di DKI Jakarta atau Penjabat Gubernur (Pj Gubernur) pasca masa jabatannya selesai pada 2022 lalu.

"Tidak lah tidak ada tanggapan. Gini, inilah bagian ada sebuah masa di mana kami bekerja. Sesudah kami bekerja, selesai. Kami fokus kepada yang lain. Dan itulah prinsip demokrasi," ujar Anies ditemui di Formula E 2023 di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (3/6/2023).

"Jangan takut dengan jabatan yang berakhir. Jangan pernah berpikir dengan perpanjangan masa jabatan. Dan itulah bagian dari demokrasi kita," sambung dia.

Anies menuturkan, ketika ada orang lain yang bertugas, maka hal tersebut harus dihormati. Dia menilai hal itu sebagai bagian dari etika yang harus dijaga.

Anies mencontohkan, saat dia selesai bertugas di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI dia tidak pernah lagi berkomentar tentang kebijakan yang dilakukan oleh Mendikbud selanjutnya.

"Saya tidak berkomentar lagi soal pendidikan. Saya selesai dari DKI, saya tidak berkomentar lagi soal DKI. Hormati itu. Dan saya rasa etika ini kita jaga sama-sama," jelas Anies yang kini merupakan bakal calon presiden atau bakal capres.

Sebelumnya, Anies Baswedan membantah pengumuman calon wakil presiden akan dilakukan dalam waktu dekat. Menurutnya, penentuan tokoh cawapres yang akan mendampinginya di Pilpres 2024 masih berjalan.

"Masa sih? enggak. Sudah ada (nama cawapres), tapi masih panjang," kata Anies saat ditemui di Jakarta International E-Prix Circuit, Ancol, Jakarta Utara pada Sabtu (3/6/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ditanya soal Cawapres dari Jawa Timur, Ini Jawaban Anies Baswedan

Saat ditanya apakah cawapresnya berasal dari Jawa Timur, Anies justru menjawab berasal dari Indonesia.

"Dari Indonesia," kata Anies sambil tertawa.

Anies juga bergurau saat dikonfirmasi apakah ia sudah memilih satu atau lebih nama cawapres.

"Emang cawapres ada tiga? Ada empat? Satu lah. Kan sudah dibilang cawapresnya satu. Ya memang satu. Nggak mungkin cawapresnya dua," tambah Anies.

Diberitakan sebelumnya, Anies memastikan bahwa penggodokan nama bakal calon wakil presiden pendampingnya masih berproses. Anies Baswedan meyakini, pada saat yang tepat, nama cawapresnya akan diungkap ke publik.

"Pokoknya, prosesnya sudah berjalan, pada waktunya nanti akan diumumkan, yang jelas bukan sore ini pengumumannya," kata Anies saat ditemui di NasDem Tower Jakarta, Jumat 2 Juni 2023.

 

3 dari 4 halaman

Tak Diundang Khusus Nonton Formula E Jakarta 2023, Anies Baswedan: Saya Warga Biasa

Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan tak diundang secara khusus untuk menonton ajang balap mobil listrik Formula E Jakarta 2023. Anies menyebut sebagai warga biasa, dia telah membeli tiket secara mandiri dari jauh-jauh hari.

"Nggak, saya nggak diundang dan saya memang tidak berharap ada undangan, dan lain-lain. Saya warga biasa ya," kata Anies di kawasan Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (3/6/2023).

Anies menyampaikan, juga tak ada komunikasi antara dirinya dan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono perihal bakal hadir menyaksikan helatan Formula E Jakarta 2023.

"Nggak ada (Komunikasi dengan Heru Budi) dan memang kita sebagai warga aja biasa," ucap dia.

Anies menjelaskan, saat ini posisinya berbeda lantaran tidak lagi menjabat di pemerintahan. Sehingga, kata dia sebagai warga biasa undangan khusus tidak bisa diharapkan.

"Nah, sedang jadi warga negara sekarang dan saya ingin berpartisipasi. Bentuk partisipasinya, saya datang, saya ikut dukung, saya ikut doakan, saya ikut apresiasi, dan inilah Indonesia modern, dan inilah kehidupan bernegara, kehidupan berdemokrasi," kata dia.

 

4 dari 4 halaman

Anies Baswedan Menonton Formula E Bersama Keluarga

Sebelumnya, bakal calon presiden (Bacapres) Koalisi Perubahan Untuk Persatuan ini tiba di JIEC Ancol sekitar pukul 12.23 WIB. Dia memboyong serta keluarganya, meliputi istrinya Fery Farhati, putrinya Mutiara Annisa Baswedan, serta menantunya Ali Saleh Alhuraiby.

Dilihat Liputan6.com dari kartu id yang dikenakan Anies beserta keluarga, dia bakal duduk di kursi Grandstand yang berada di tribun penonton bernomor 2E.

Diketahui, 11 tim dan 22 pembalap dari berbagai negara bakal berlaga di JIEC Ancol pada 3-4 Juni 2023 ini.

Pada Sabtu (3/6/2023) ini, para pembalap bakal melaju di sirkuit sepanjang 2,37 kilometer (KM) itu pukul 15.00 WIB usai sebelumnya mengikuti kualifikasi pada pukul 10.00 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.