Sukses

Emrus Prediksi Sebagian Besar Relawan Jokowi Dukung Ganjar Pranowo di Pilpres, Ini Alasannya

Emrus menilai, deklarasi di Senayan tersebut akan mengubah peta elektabilitas bakal capres. Hal itu sudah terbukti saat beberapa relawan Ganjar pindah menjadi mendukung bakal capres Prabowo Subianto.

Liputan6.com, Jakarta - Seluruh relawan Joko Widodo (Jokowi) diperkirakan akan berlabuh pada satu tujuan, yakni mendukung bakal calon presiden Ganjar Pranowo. Salah satu dasarnya adalah hanya Ganjar yang mungkin meneruskan program kerja Jokowi. 

"Kalau semua relawan mendukung Ganjar karena hanya Ganjar yang akan meneruskan program Jokowi," kata pengamat politik Emrus Sihombing.

Analisis Emrus cukup beralasan, karena Jokowi dan Ganjar sama-sama kader PDI Perjuangan. Kondisi akan berbeda jika relawan Jokowi mendukung bakal calon presiden dari partai lain, karena program kerja pasti berbeda dari PDI Perjuangan. 

Ribuan orang dari ratusan organisasi relawan Jokowi akan mendeklarasikan dukungan kepada Ganjar Pranowo, Sabtu, 3 Juni di Senayan, Jakarta. Acara bertajuk Deklarasi Nasional Relawan Jokowi Dukung Ganjar Pranowo ini merupakan bentuk ketegasan para relawan dalam menghadapi Pilpres 2024 sehingga tidak ada lagi kebingungan dalam menentukan pilihan.

Emrus menilai, deklarasi di Senayan tersebut akan mengubah peta elektabilitas bakal capres. Hal itu sudah terbukti saat beberapa relawan Ganjar pindah menjadi mendukung bakal capres Prabowo Subianto. 

"Relawan punya pengaruh survei dan elektabilitas. Kita akui elektabilitas kandidat besar kemungkinan naik. Tapi bukan berarti semua capres akan bikin relawan. Misal Anies bikin relawan, para relawan memberikan dukungan bisa dongkrak elektabilitas dia," ujar Emrus.

Agar menjadi satu kesatuan kekuatan, Emrus menilai, para relawan sebaiknya dalam kontrol PDI Perjuangan. Sedangkan Ganjar bisa fokus kepada program dan ide besar untuk pembangunan bangsa.

Bila PPP dan PAN benar-benar jadi bergabung mengusung Ganjar, tugas-tugas mengonsolidasikan relawan bisa dibagi-bagi.

"Sehingga Ganjar fokus kepada ide besar," ujar Emrus.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ganjar Tak Takut Relawan Alihkan Dukungan

 

Ganjar Pranowo sebelumnya mengaku tidak ambil pusing, jika ada relawan pendukungnya  bermanuver dan mendukung calon lain, termasuk Prabowo Subianto.

Penegasan ini disampaikan Ganjar usai meresmikan rumah aspirasi di kawasan Jakarta Pusat.

Relawan-relawan yang kemarin sudah mendukung salah satu calon kita hormati pada pilihannya (saat ini),” ujar Ganjar saat dikonfirmasi awak media, Kamis (1/6/2023).

Ganjar meyakini, usai dideklarasikan oleh sang Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sebagai bakal calon presiden, kebanyakan dari para relawannya masih setia mendukung dirinya.

"Mostly, sebagian besar ternyata duduk di sini, anda tahu yang sebelah kanan saya (Andi Gani). Kami dulu kebetulan bareng ya, Ini wajah-wajah lama yang beberapa periode pemilihan Pilpres dulu bareng, termasuk dengan saya, termasuk dengan Mas Bas. Jadi kita orang-orang tim suksesnya Pak Jokowi waktu itu,” sebut Ganjar.

Ganjar meyakini, relawan setianya tidak akan berpaling hati. Terlebih hari ini sebuah rumah aspirasi untuk relawan Ganjar Pranowo sudah diresmikan secara akbar.

"Saya haqqul yaqin (sangat yakin) sebagian besar (masih) akan ke sini. Terus sebagian kecil ada yang ke sana tentu kami sangat menghormati, karena itulah demokrasi. Ndak apa-apa,” Ganjar menandasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.