Sukses

Sahroni Puji Langkah Kepala BNPT Lakukan Pendekatan ke Mantan Napiter

Ahmad Sahroni memuji langkah Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) RI Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel yang melakukan pendekatan berbeda dengan para mantan narapida teroris (Napiter) khususnya di Jawa Timur, yang akan mengandeng e-commerce.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni memuji langkah Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) RI Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel yang melakukan pendekatan berbeda dengan para mantan narapida teroris (Napiter) khususnya di Jawa Timur, yang akan mengandeng e-commerce.

"Saya kira apa yang dilakukan BNPT ini merupakan terobosan hebat dalam upaya menghasilkan solusi yang relevan dengan situasi zaman saat ini. Tapi ya harus dipastikan bahwa pengetauan ilmu teknologinya sudah mumpuni dulu, artinya tidak ada yang gaptek dalam menggunakan terobosan ini," kata dia dalam keterangannya, Senin (22/5/2023).

Politikus NasDem ini mengatakan, ingin nantinya para mantan napiter mendapat pengawasan serta pelatihan yang intens dari BNPT. Sahroni tidak ingin program bagus seperti ini menjadi sekedar formalitas tanpa adanya pendampingan sama sekali.

"Nanti saya harap para mantan napiter ini dapat pengawasan, pelatihan, serta pendampingan secara intens. Jadi benar-benar bisa kita pantau setiap progressnya," jelas dia.

Menurut Sahroni, dengan terus dilakukan pengawasan, bisa menjadi solusi jangka panjang bagi para mantan napiter.

"Agar program ini dapat menjadi solusi jangka panjang bagi para mantan napiter. Sebab kita tidak ingin mereka terjerumus kembali ke dalam paham dan kegiatan yang menyimpang," pungkasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Langkah Baru Kepala BNPT

Sebelumnya, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) terus berupaya meningkatkan program deradikalisasi untuk memberikan manfaat bagi masyarakat sehingga tidak mudah terpengaruh dan kembali kepada kelompok-kelompok berideologi kekerasan.

Dalam rangka peningkatan program deradikalisasi, BNPT RI akan berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk menciptakan site plan Kawasan Terpadu Nusantara (KTN) Turen seluas 15 hektar agar dapat memberikan manfaat optimal bagi mitra deradikalisasi dan masyarakat.

"Kita akan kelola dengan cara yang lebih tertata, menyusun site plan di sini sesuai keinginan dan kemampuan masing-masing agar bisa dikerjakan dan membawa manfaat,” kata Kepala BNPT RI Komjen Pol ycko Amelza Dahniel, saat mendatangi mitra deradikalisasi di Kecamatan Turen dan Kabupaten Lamongan, Jawa Timur pada hari Rabu (18/5/2023).

Dalam keterangannya tersebut, dia juga berpendapat jika pelibatan masyarakat di dalam KTN Turen dapat mendorong percepatan integrasi sosial sekaligus membuka sekat-sekat eksklusif yang terjadi di tengah masyarakat.

Dirinya menambahkan BNPT RI akan terus menjalin silaturahmi, berdialog dan menyerap aspirasi mitra deradikalisasi dan masyarakat agar program pembinaan dapat membawa manfaat.

"Kita juga akan membantu mitra deradikalisasi yang berwiraswasta mengembangkan usahanya agar dikenal dan dipasarkan lebih luas melalui e-commerce," katanya.

Pada kesempatan yang sama Kepala BNPT RI mengapresiasi antusiasme mitra deradikalisasi yang memiliki semangat untuk bangkit menjadi pribadi yang lebih baik serta memiliki solidaritas yang tinggi untuk membantu sesama mitra.

Kepala BNPT pun berpesan agar tiap usaha yang mereka kerjakan membawa manfaat bagi masyarakat.

“Selain meningkatkan kesejahteraan dan persaudaraan, masyarakat juga harus mendapat manfaat,” lanjutnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.