Sukses

Ganjar Pastikan Masa Depan Cerah untuk Atlet Berprestasi Jateng

Ganjar mengaku bangga atas prestasi para atlet Jateng yang berlaga dalam Sea Games 2023. Laporan KONI Jateng, dari total 44 atlet asal Jateng yang bertanding, 41 di antaranya berhasil membawa pulang medali.

Liputan6.com, Jakarta Bahagia dan tenang dirasakan Tarisah Dyah Florentina, atlet Wushu dari Kecamatan Bawen, Jawa Tengah (Jateng). Capaian emasnya di Sea Games 2023, membawanya bertemu dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Tak sekadar bertemu untuk menerima simbolis bonus atlet dari KONI Jateng, Tarisah juga bakal dijamin masa depannya yang bercita-cita menjadi abdi negara.

Momen itu terjadi saat acara Halal Bihalal bersama insan olahraga Jateng di kantor KONI Jateng, Stadion Jatidiri, Kota Semarang pada Rabu (17/5/2023). Di depan Ganjar, Tarisah mengungkapkan cita-citanya menjadi PNS usai lulus kuliah.

"Dari Doplang, Pak. Kuliah di Unnes (Semarang). Setahun lagi lulus. Cita-citanya jadi PNS,” ujar Tarisah kepada Ganjar.

Mendengar itu, Ganjar langsung mengacungkan jempol dan mendorong KONI Jateng untuk membantu Tarisah menggapai cita-citanya. Tentu hal ini menggembirakan bagi Tarisah.

“Iya ayem (masa depan diperhatikan). Pesan dari Pak Ganjar harus segera lulus biar bisa cepat kerja. Pak Ganjar juga memperhatikan masa depan kita bakal diapresiasi juga,” ucap Tarisah.

Tarisah mengungkapkan, selama ini perhatian selalu diberikan Pemprov Jateng dan KONI Jateng terkait keberlangsungan masa depan para atlet. Di cabang wushu, kata Tarisah, difasilitasi dengan baik.

"Pemprov Jawa Tengah selalu memperhatikan atlet dari uang saku juga, terus alat-alat buat latihan juga didukung penuh,” kata Tarisah.

Sementara itu Gubernur Ganjar Pranowo bangga atas prestasi para atlet Jateng yang berlaga dalam Sea Games 2023. Laporan KONI Jateng, dari total 44 atlet asal Jateng yang bertanding, 41 di antaranya berhasil membawa pulang medali.

"Hampir semua mendapatkan medali bangga dong. Maka kita senang tadi kawan-kawan dari KONI memberikan apresiasi kepada mereka. Mungkin jumlahnya tidak terlalu banyak tapi itulah tanda cinta yang diberikan,” tutur Ganjar.

Ganjar juga mendorong agar bonus segera dicairkan secepatnya kepada atlet peraih medali.

"Mereka pemegang medali Sea Games dan kemudian ingin jadi PNS ini kan mesti kita kasih rekomendasi. Saya akan teruskan kepada Kemenpan dan saya minta teknisnya kawan-kawan KONI untuk membantu," kata politikus PDI Perjuangan itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Upayakan Beasiswa Atlet Muda

Ganjar melanjutkan, termasuk untuk para atlet yang saat ini masih menempuh pendidikan. Kesejahteraan bisa diberikan dengan cara mengupayakan beasiswa.

"Kalau saya bisa mengibarkan bendera merah putih dengan medali yang ada dikalungkan di leher saya, itu akan berkonsekuensi pada cita-cita lain sebagai harapan hidup ke depan yang akan saya dapatkan. Fair dan negara menurut saya bisa memberikan tindakan khusus atau afirmasi kepada atlet-atlet kita yang hebat itu,” tandas Ganjar.

Sebagai informasi, sebanyak 44 atlet Jateng dari 19 cabang olahraga memperkuat kontingen Indonesia pada SEA Games 2023 di Kamboja.

Klasemen akhir Sea Games 2023 Kamboja menunjukkan, Indonesia masuk tiga besar dalam ajang pertandingan olahraga terbesar Asia Tenggara itu. Indonesia meraih 87 emas, jauh lebih tingi dari target pemerintah, 60-69 emas.

Dengan itu, total raihan medali yang dibawa RI menjadi total 87 emas, 80 perak, dan 109 perunggu. Posisi pertama diraih Vietnam dengan 136 emas, 105 perak, dan 114 perunggu sementara posisi kedua Thailand dengan 108 emas, 96 perak, dan 108 perunggu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.