Sukses

Demi Bansos Tepat Sasaran, Komisi VIII DPR Minta Kemensos Perbarui Data Penerima Bansos

Komisi VIII DPR senantiasa mendorong kebijakan yang pro masyarakat, termasuk penyaluran dana bantuan sosial dari Kemensos.

Liputan6.com, Jambi Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Tb. Ace Hasan Syadzily meminta Kementerian Sosial terus melakukan pemutakhiran data terhadap penerima bantuan. Tujuannya, supaya bantuan sosial itu tepat sasaran, mengingat bantuan itu bersifat pemberdayaan ekonomi bagi masyarakat.

"Karena tujuannya untuk dapat meningkatkan ekonomi, jadi jangan sampai bantuan habis di modal saja," ujar Ace Hasan dalam kunjungan kerja Komisi VIII DPR di Sentra Alyatama Kota Jambi, Selasa (9/05/2023).

Ace menambahkan, Komisi VIII DPR senantiasa mendorong kebijakan yang pro masyarakat. “Kami berikhtiar menjadikan masyarakat yang sejahtera," sambungnya. 

Setelah pertemuan bersama Komisi VIII DPR RI, Kemensos menyalurkan bantuan senilai Rp179 miliar bagi para keluarga penerima manfaat (KPM) di Jambi. Secara simbolis, bantuan tersebut diserahkan oleh Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Tb. Ace Hasan Syadzily didampingi anggota Komisi VIII DPR RI Dapil Jambi, Hasan Basri Agus (HBA).

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Sentra Terpadu Inten Suweno Bogor, Jawa Barat, M. O. Royani yang mewakili Kemensos, menyampaikan di Provinsi Jambi total bantuan yang diserahkan senilai Rp179 miliar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rincian Bantuan dari Kemensos

Bantuan tersebut terdiri dari bantuan PKH tahap 1 senilai Rp.73.298.525.000 yang diperuntukkan kepada 101.024 KPM, dan bantuan tahap 2 senilai Rp.69.089.050.000 kepada 95.289 KPM. Kemudian bantuan atensi senilai Rp.2.222.029.100 dan bantuan sembako/BPNT tahap 2 senilai Rp.34.837.400.000 kepada 174.187 KPM.

"Di Jambi tingkat realisasinya cukup tinggi. Bahkan untuk bantuan tahap 1 realisasinya sudah hampir 100 persen," kata Royani yang didampingi Viking Rizarta selaku kepala Sentra Alyatama Jambi.

Lebih lanjut, ia menyampaikan dalam penyaluran bantuan itu, Kemensos juga bekerja sama dengan Bank Himbara dan Kantor Pos. "Kerja sama ini kita lakukan untuk meminimalisir kendala-kendala saat penyaluran," tandasnya. 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini