Sukses

Selain One Way, Polri Juga Berlakukan Ganjil Genap di Tol Arah Jakarta Saat Arus Balik

Polri menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas mulai dari contraflow, one way, hingga ganjil genap untuk mengurai kepadatan saat puncak arus balik Lebaran yang terjadi pada 24-25 April 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri akan memberlakukan sejumlah rekayasa lalu lintas mulai dari contra flow, one way, hingga ganjil genap di ruas tol Trans Jawa untuk memperlancar arus balik Lebaran Idul Fitri 1444 H/2023 M. 

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Firman Shantyabudi menyampaikan, rekayasa lalu lintas berupa one way atau satu arah di ruas Tol Trans Jawa akan diberlakukan mulai hari ini, Senin (24/4/2023) pukul 14.00 WIB.

Adapun rekayasa lalu lintas one way ini akan diberlakukan dari Tol Kalikangkung KM 414 sampai Gate Tol Cikampek Utama. Sementara itu, kebijakan contraflow akan diberlakukan dari KM 70 sampai KM 47 dengan menggunakan tiga lajur.

Selain itu, Polri juga akan memberlakukan rekayasa lalu lintas tambahan, yakni kebijakan ganjil-genap di tol.

"Kami akan sosialisasikan penerapan ini dan mengimbau kepada masyarakat agar melakukan perjalanan pada puncak arus mudik tanggal 24-25 April untuk jalan sesuai dengan pelat kendaraannya," kata Firman dalam keterangan tertulis, Minggu (23/4/2023).

Kakorlantas menambahkan, rekayasa lalu lintas berupa contraflow akan dilanjutkan sampai KM 36 seandainya kendaraan pemudik dari arah timur menuju barat meningkat.

"Kemudian dilanjutkan sampai KM 21, dengan catatan KM 70 sampai KM 66 dua lajur, kemudian sampai KM 48 tiga lajur, contraflow KM 48 - KM 36 dua lajur dan apabila saat padat, dilanjutkan KM 36 sampai KM 21 Tol Cikampek," ucap dia.

Bahkan Polri juga sudah menyiapkan diskresi perpanjangan rekayasa lalu lintas contraflow sampai Tol Dalam Kota bila volume kendaraan meningkat hingga masuk Jakarta. "Kami berikan satu lajur sampai akses keluar tol di Dalam Kota," terang Firman.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jadwal One Way Arus Balik Lebaran 2023

Tak hanya itu, ada juga jalan tol yang akan difungsionalkan pada saat arus balik Lebaran 2023. Pertama untuk masyarakat yang akan ke Bandung, Sumedang dan sekitarnya akan dikawal melewati Cisumdawu. Namun rekayasa lalu lintas ini disiapkan hanya sampai pukul 16.00 WIB.

"Kemudian ada pengalihan di Tol Cipularang melalui Japek 2 Sadang, untuk menghindari pertemuan dari Cipularang dan Cipali yang akan masuk Tol Cikampek," ujar dia.

Berdasarkan informasi dari National Traffic Management Center (NTMC) Korlantas Polri, rekayasa lalu lintas one way arus balik Lebaran 2023 periode 1 akan dilakukan di sepanjang ruas Tol Trans Jawa mulai KM 414 Gerbang Tol Kalikangkung hingga KM 70 Tol Jakarta Cikampek (Japek).

Adapun jadwal pemberlakuan one way arus balik Lebaran 2023 periode 1 adalah sebagai berikut:

  1. Pembersihan jalur one way akan dimulai pukul 12.00 WIB, Senin 24 April 2023;
  2. Pembukaan rekayasa one way akan dimulai pukul 14.00 WIB sampai selesai (situasional situasi diskresi kepolisian);
  3. Ganjil genap tetap dilaksanakan. Kepada pemudik yang akan balik mengikuti one way agar menyesuaikan tanggal dan nomor TNKB (pelat nomor).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini