Sukses

PDIP Usung Ganjar Pranowo di Pemilu 2024, KIB Bakal Gelar Rapat Tertutup Susun Strategi

Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, mengungkapkan KIB akan menggelar rapat secara tertutup dalam waktu dekat menyikapi keputusan PDIP yang usung Ganjar Pranowo sebagai capres pada Pemilu 2024.

 

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, mengungkapkan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) akan menggelar rapat secara tertutup dalam waktu dekat. Rapat digelar untuk menyikapi keputusan PDIP yang telah resmi mengusung Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) pada Pemilu 2024.

"Tentu habis ini kita akan lebih intens lagi untuk melakukan diskusi-diskusi lebih lanjut agar komitmen kebangsaan kita ini tetap kuat. Untuk melanjutkan pembangunan sehingga meletakkan fondasi yang kokoh untuk kemajuan Indonesia," kata Zulhas saat ditemui di rumahnya, kawasan Cipinang, Jakarta Timur, Sabtu (22/4/2023).

Menurut dia, komunikasi intens akan dibangun tak hanya dengan anggota KIB, yakni PAN, PPP, Golkar, dalam menyikapi dinamika politik tersebut. Dia mengatakan, pihaknya juga akan berkomunikasi dengan anggota Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR), yakni Gerindra dan PKB.

Oleh karena itu, pertemuan tersebut akan mengundang semua partai anggota Koalisi Besar.

"(Pertemuan) tertutup saya kira. Saya usulkan waktu itu semuanya ikut (KIB dan KIR)," ujar Zulhas.

Sementara, saat disinggung nama Ganjar dalam internal PAN, Zulhas mengakui sosok Gubenur Jawa Tengah itu memang sudah disuarakan di beberapa akar rumput. Karenanya, dia mengomunikasikan hal ini di internal PAN.

"Ya banyak, Jawa Tengah sudah berapa kali, kemudian Indonesia Timur. Banyak kita tentu kita akan lakukan komunikasi lebih intens," ungkap Zulhas.

Kata Golkar

Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat Ace Hasan Syadzily juga membenarkan soal rencana pertemuan KIB. Dia mengatakan Ketua Umum Airlangga Hartarto bakal melakukan sejumlah pertemuan dalam waktu dekat.

Pertemuan itu akan berlangsung antara KIB dan juga KIR dalam rangka penjajakan Koalisi Besar usai PDIP mengusung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres).

“Pasti akan ada pembicaraan Ketua Umum Pak Airlangga, Pak Prabowo, dan tentu dengan KIB itu sendiri. Menyikapi dinamika yang terjadi, menyangkut dengan perkembangan yang saat ini terjadi,” ujar Ace di kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta, Sabtu (22/4/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prioritas KIB

Meski belum ada kepastian waktu pertemuan itu, Ace mengungkap, saat ini Partai Golkar masih memilih untuk memprioritaskan pembentukan koalisi besar.

"Penjajakannya kan sudah dimulai. Jadi saya kira kalau dilihat dari dinamikanya pasti koalisi besar ini akan terus melakukan komunikasi,” ujar Ace.

Sebelumnya, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sebelumnya resmi mengumumkan nama Ganjar Pranowo yang akan diusung sebagai capres di Pilpres 2024.

Pengumuman disampaikan langsung Megawati di kediaman Bung Karno di Batu Tulis, Bogor, Jumat 21 April 2023.

"Pada jam 13.45 WIB dengan mengucap bismillah, menetapkan Ganjar Pranowo sebagai kader dan petugas partai, ditingkatkan tugasnya sebagai calon presiden," kata Megawati.

 

Reporter: Bachtiarudin Alam

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.