Sukses

Inspektorat Cek Keaslian Tas Mewah Istri Pejabat Dishub DKI, Heru Budi: Katanya Palsu

Inspektorat DKI Jakarta sebelumnya telah memanggil Pejabat Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Massdes Arouffy buntut viralnya istri dan anak memamerkan barang-barang mewah di media sosial.

Liputan6.com, Jakarta Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengaku telah menerima laporan hasil pemeriksaan keaslian tas mewah yang dipamerkan istri dan anak pejabat Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Massdes Arouffy.

Menurut Heru, tas yang dipamerkan bukan produk asli atau produk original.

"Kalau Massdes, tanya Inspektorat katanya palsu atau apa, dari laporan," kata Heru kepada wartawan, Minggu 9 April 2023.

Kendati demikian, saat ditanyai apakah artinya tas tersebut merupakan barang tiruan alias KW, Heru irit bicara. Dia bahkan mengaku tak tahu apa itu KW.

"Ya dari laporan Inspektorat begitu laporannya. KW apa sih? Pokoknya yang enggak asli gitu aja, saya enggak bilang KW," ungkap Heru.

Diketahui, warganet belakangan membongkar gaya hidup mewah istri dan anak Massdes. Lewat akun Twitter @PartaiSocmed, viral di media sosial memperlihatkan foto-foto istri dan anak Massdes memamerkan tas mewah merek ternama mulai dari Hermes, Gucci, Louis Vuitton, Balenciaga hingga Dior.

Keduanya, juga terlihat acap kali pamer sepatu, hingga lensa kamera yang diduga berharga puluhan juta hingga miliaran rupiah.

Sementara itu, berdasarkan laman elhkpn.kpk.go.id, Massdes mempunyai harta kekayaan senilai Rp1,87 miliar yang dilaporkan terakhir kali ke KPK pada 12 Maret 2022.

Buntut viralnya kasus ini, Inspektorat DKI Jakarta memanggil Massdes untuk dimintai keterangannya pada Jumat, 31 Maret 2023. Sementara itu, Inspektorat juga telah memanggil istri Massdes pada Senin, 3 April 2023 lalu. 

 
 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Koordinasi dengan KPK

 
Sebelumnya, Inspektorat DKI Jakarta menyatakan sedang menyusun laporan hasil pemeriksaan terhadap keluarga Kepala Bidang Pengendalian dan Operasi Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Massdes Arouffy atas kasus dugaan pamer kekayaan yang viral di media sosial.
 
"Lagi proses penyusunan laporan," kata Inspektur DKI Jakarta Syaefuloh Hidayat di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis 6 April 2023.
 
Syaefuloh irit bicara saat ditanyai soal perkembangan pemeriksaan yang telah dilakukan terhadap keluarga Massdes. Namun, dia menyampaikan pihaknya telah sudah melihat tas mewah merek ternama milik istri dan anak Massdes yang ditunjukkan di media.
 
"Yang pasti tas nya sudah kita lihat semua," ungkap dia.
 
Lebih lanjut, Syaefuloh belum dapat membeberkan hasil pemeriksaan karena tengah menyusun laporan resmi. Dalam kasus ini, kata dia Inspektorat DKI Jakarta juga berkoordinasi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
 
"Nanti lah pas laporannya terbit, ada kok di laporan. Dan kita koordinasi terus sama KPK Insyaallah," jelas Syaefuloh.
 
Dia menyebut secara lisan laporan juga telah disampaikan kepada Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. Namun, dia tak dapat memastikan kapan laporan resmi hasil pemeriksaan bakal diterbitkan. 
 
"Iya sudah (lapor ke Heru Budi), tapi nanti tunggu laporannya secara resmi ya," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.