Sukses

Terminal Kalideres Jakarta Didatangi Penumpang yang Pilih Mudik Lebih Awal

Liputan6.com, Jakarta - Suasana arus mudik mulai terlihat di Terminal Kalideres, Jakarta Barat. Beberapa warga memilih kembali ke kampung halaman lebih awal.

Berdasarkan pantauan di lokasi pada Minggu siang (2/4/023), puluhan calon penumpang terlihat sedang menunggu keberangkat bus masing-masing. Meskipun belum terlalu padat, terlihat beberapa koper, ransel, kardus, hingga karung tergeletak di lantai depan loket penjualan tiket, menunggu diangkut sang empunya ke dalam bus.

Kepala Terminal Kalideres Revi Zulkarnaen mengatakan, kondisi hari ini masih normal dan belum menunjukkan kepadatan penumpang. Ia memprediksi, kenaikan penumpang akan terjadi pada tujuh hari sebelum Lebaran 2023.

"Saat ini masih sepi. Hari Sabtu dan Minggu rata-rata jumlah penumpang 300 sampai 350 orang per hari. Perkiraan nanti puncak Lebaran di atas 4.000 orang," kata Revi kepada merdeka.com.

Revi mengungkapkan, daerah yang paling banyak dituju calon penumpang dari Terminal Kalideres adalah Jawa Tengah, Padang, dan Lampung.

"Terminal bus Kalideres hanya melayani tujuan Sumatera, Jawa dan Bali. Tujuan didominasi Jawa Tengah, Padang, Lampung," tambah Revi.

2 dari 2 halaman

Mudik Awal untuk Hindari Harga Tiket Lebih Mahal

Sementara itu, salah satu calon penumpang bernama Ela bercerita, ia memutuskan berangkat mudik lebih awal untuk menghindari harga tiket yang lebih mahal. Dengan tujuan ke Lahat, Sumatera Selatan, ia sudah tiba di Terminal Kalideres dari pukul 10.00 WIB.

"Aku kan dari Bogor tadi ke sini naik Grab. Ya mudik sekarang biar harganya belum naik. Kalau dekat-dekat (Lebaran, harga tiket) mahal, naik dua kali lipat. Ini aku dapat harganya Rp380 ribu, masih normal," kata Ela di lokasi.

Ela melanjutkan, bus yang ditumpanginya akan berangkat sekitar pukul 12.00 WIB. Adapun bus yang dipilih Ela adalah PO Sinar Dempo.

"Aku sudah langganan jadi tinggal Whatsapp Sinar Dempo terus transfer. Tadi ke sini langsung dikasih tiketnya," cerita Ela.

Sementara itu, tersedia juga park and ride di dalam Terminal Kalideres. Kepala Unit Pengelola (UP) Perparkiran Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Aji Kusambarto menjelaskan, lokasi itu akan dijadikan kantong parkir bagi para pemudik.

"Untuk kantong parkir bagi yang akan mudik Lebaran, sudah tersedia di lokasi terminal keberangkatan," kata Aji kepada merdeka.com.

Salah satu petugas park and ride di lapangan, Argi, mengatakan bahwa baru ada sekitar 500 motor dan 10 mobil yang menggunakan fasilitas tersebut.

Sebagai informasi, tarif park and ride bagi kendaraan motor dibanderol Rp2 ribu dan Rp5 ribu untuk mobil. Jika motor menginap, hari pertama dikenakan biaya Rp12 ribu dan Rp10 ribu untuk hari selanjutnya. Sedangkan, untuk mobil dikenakan Rp45 ribu pada hari pertama dan Rp40 ribu pada hari selanjutnya.

 

 

 

Reporter: Lydia Fransisca

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.