Sukses

Polri Prediksi Puncak Arus Mudik Lebaran Terjadi pada 19-21 April 2023

Polisi telah menyiapkan rekayasa lalu lintas demi mengantisipasi terjadinya kemacetan di jalan tol saat puncak arus mudik Lebaran 2023, salah satunya dengan pemberlakuan satu arah atau one way.

Liputan6.com, Jakarta - Polri memprediksi puncak arus mudik Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah akan terjadi pada tanggal 19-21 April 2023. Rekayasa lalu lintas pun disiapkan demi mengantisipasi terjadinya kemacetan di jalan tol saat arus mudik, salah satunya dengan pemberlakuan satu arah atau one way.

"Kami pihak kepolisian akan memberlakukan sistem oneway pada tanggal 18 April mulai dari KM 72 hingga KM 414. Karena puncak arus mudik akan terjadi pada H-2 dan H-1," tutur Kadiv Humas Polri Irjen Sandi Nugroho dalam keterangannya, Minggu (2/4/2023).

Sementara untuk puncak arus balik, lanjut Sandi, diprediksi akan terjadi dua kali yakni pada 24-25 April 2023 dan 29 April hingga 1 Mei 2023.

"Nanti juga akan diberlakukan sistem oneway untuk arus balik, mulai dari KM 414 hingga KM 72," jelas dia.

Menurut Sandi, pihaknya telah menentukan titik-titik krusial yang berpotensi menjadi masalah saat momen lonjakan mudik Lebaran 2023.

Tercatat untuk Jalur Tol Trans Jawa, jalur tol ke arah Jawa Tengah yakni Tol Cipali menjadi titik krusial baik arus mudik maupun arus balik. Termasuk juga di rest area Sumatera dan Jawa, yakni jalur Sumatera di Indralaya-Palembang dan jalur Jawa di Tol Cipali.

"Sementara untuk di Pelabuhan Merak dari pengalaman tahun lalu, angkutan lebaran sempat terjadi kepadatan," katanya.

Selain di jalur tol Jawa dan Sumatera, titik krusial lainnya yang menjadi perhatian Polri yakni jalur arteri di Jawa. Sandi mengatakan, jalur utama yang digunakan roda dua dan alternatif roda empat juga berpotensi terjadinya kepadatan yang berpotensi timbul ini kecelakaan hingga gangguan kamtibmas.

Lebih lanjut, untuk lokasi wisata pada saat Lebaran juga terpantau sering terjadi lonjakan pengunjung.

Adapun dalam Operasi Ketupat Idul Fitri 2023, Polri akan menurunkan 148.211 personel, dengan rincian pelibatan kekuatan dari Mabes Polri sebanyak 1.240 personel, Polda 91.153 personel, dan intansi terkait sebanyak 55.818 personel.

“Bila terjadinya kemacetan, kita akan mengurai kemacetan dengan melakukan rekayasa lalu-lintas yakni contraflow, oneway dan juga ganjil-genap," kata Sandi menandaskan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Polres Bogor Siapkan 10 Bus Mudik Gratis

Polres Bogor menyiapkan bus mudik gratis bagi masyarakat di wilayah Kabupaten Bogor yang ingin merayakan Hari Raya Idul Fitri 1444 H/2023 M di kampung halamannya. Pendaftaran mudik gratis dibuka mulai Senin 3 April 2023 di Urmin Satuan Lalu Lintas Polres Bogor.

"Masyarakat bisa langsung mendaftar dengan datang ke kantor Sat Lantas," ujar Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin, Minggu (2/4/2023).

 Pendaftaran mudik gratis Lebaran 2023 ini dibuka hingga Minggu 16 April 2023. Adapun waktu pendaftaran dibuka setiap hari Senin sampai Jumat pukul 08.00–15.00 WIB.

Masyarakat yang ingin mengikuti program mudik gratis Polri Presisi ini cukup membawa fotocopy KTP dan kartu keluarga (KK).

Untuk tahun ini, Polres Bogor menyiapkan 10 bus dengan kapasitas penumpang mencapai 550 orang.

Adapun kota tujuan mudik gratis Polri Presisi kal ini yaitu jalur Cirebon-Brebes-Tegal. Sementara lima bus lainnya disiapkan untuk tujuan mudik ke daerah Garut-Tasikmalaya-Cilacap.

"Dari sebanyak 10 bus mudik gratis ini dibagi dua rute tujuan," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.