Sukses

Minat Jadi Polisi, Pemain Timnas U-20 Bisa Masuk Lewat Jalur Rekrutmen Proaktif

Minat para pemain Timnas U-20 itu diungkap Presiden Jokowi usai bertemu di SUGBK, Senayan, Sabtu kemarin. Kata Jokowi, para pemain Timnas Indonesia U-20 ini ada yang berminat melanjutkan kuliah, mengabdi sebagai PNS, hingga jadi anggota TNI-Polri.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah pemain Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-20 menyampaikan ketertarikannya untuk menjadi polisi. Hal itu disampaikan langsung kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat berbincang di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Sabtu (1/4/2023) kemarin.

Merespons keinginan tersebut, Kadiv Humas Polri, Irjen Sandi Nugroho menjelaskan, para pemain Timnas U-20 itu bisa mewujudkan harapannya dengan mengikuti seleksi rekrutmen proaktif bintara.

"Dimonitor kalau memang benar ada yang ingin menjadi polisi ada salurannya di kepolisian, namanya rekrutmen proaktif," kata Sandi saat dihubungi, dikutip Minggu (2/4/2023).

Kata dia, para pemain timnas Indonesia ini bisa mengikuti jalur rekrutmen proaktif kategori talent scouting. Kategori tersebut sebagai wadah khusus calon anggota yang memiliki bakat, minat, dan potensi yang dibutuhkan Polri dari prestasi akademik atau prestasi non-akademik.

"Yang berasal dari para talent-talent termasuk olahraga," jelasnya.

Sandi menyampaikan, Polri sangat terbuka apabila para atlet Timnas U-20 ingin bergabung dengan Korps Bhayangkara melalui seleksi proaktif bintara yang digelar setiap tahun.

"Tentunya sesuai dengan ketentuan yang berlaku," tutur jenderal bintang dua Polri ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ingin Kuliah, Jadi PNS, hingga TNI-Polri

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berbincang-bincang dengan timnas Indonesia U-20 di stadion utama GBK, Senayan, Jakarta. Jokowi menanyakan keinginan para pemain imbas kegagalan Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U20 di Indonesia.

"Tadi saya menanyakan kepada para pemain apakah ada hal yang bisa saya dengar mengenai keinginan-keinginan," katanya di Stadion GBK, Senayan, Jakarta, Sabtu (1/4).

Dia berkata, beberapa dari pemain berkeinginan untuk kuliah. Selain itu ada yang ingin menjadi PNS maupun anggota TNI dan Polri.

"Beberapa dari mereka ingin kuliah, beberapa dari mereka ingin bisa masuk ke Polri, TNI, maupun di PNS. Itu aja," ujarnya.

 

Reporter: Bachtiarudin Alam

Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.