Sukses

Gelar Rapat Pimpinan Kota, Kadin Jaksel Bahas Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi

Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Jakarta Selatan menggelar Rapat Pimpinan Kota (RAPIMKOTA) II pada Kamis (16/3/2023) di Gedung Menara 165, Jakarta Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Jakarta Selatan menggelar Rapat Pimpinan Kota (RAPIMKOTA) II pada Kamis (16/3/2023) di Gedung Menara 165, Jakarta Selatan.

Acara bertema "Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi yang Adaptif, Inovatif dan Kolaboratif" ini dibuka oleh Walikota Jakarta Selatan, Munjirin. Kehadiran orang nomer satu di jajaran pemerintah Jakarta Selatan ini disambut dengan tradisi Betawi, Palang Pintu.

Dalam sambutannya saat membuka acara, Walikota Jakarta Selatan, Munjirin menyampaikan terima kasih kepada jajaran Kadin Jakarta Selatan yang telah bermitra selama pandemi menjaga situasi dan pertumbuhan ekonomi secara mikro dan makro.

"Untuk terus memulihkan ekonomi akibat pandemi, pemerintah tidak bisa bergerak sendiri. Saya yakin, KADIN melalui Rapimkota ini akan menghasilkan hal-hal yang bermanfaat bagi pertumbuhan ekonomi baik dalam lingkup Jakarta Selatan, Jakarta pada umumnya dan tentunya berdampak secara nasional," ujar Walikota Jakarta Selatan, Munjirin.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Kadin Jakarta Selatan, Akhmad Lafranta Siregar, menyampaikan pandemi membuat situasi ekonomi berubah dengan pergeseran perilaku masyarakat.

"Oleh karena itu, tema Rapimkota kali ini yakni 'Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi yang Adaptif, Inovatif dan Kolaboratif' sangat tepat dengan situasi sekarang ini," ujarnya.

KadinJakarta juga memiliki amanah dalam lingkup pemberdayaan dan menumbuhkan UMKM. "Dalam lingkup ini, Kadin Jakarta Selatan rutin menggelar pelatihan-pelatihan dan pameran dan membawa UMKM kita ke Franfurt Festival di Jerman, supaya UMKM go internasional," ujarnya.

Lebih lanjut, Akhmad Lafranta Siregar menyamapikan bahwa sebagai wadah atau organisasi pengusaha tentu Kadin tidak bisa berjalan sendiri. Jadi perlu bersinergi dengan pemerintah dan instansi terkait.

"Sebagai wadah dari para pengusaha tentunya kita tidak dapat berdiri sendiri. Ke depan, kita akan terus bermitra yang membangun sinergi dengan Pemerintah Kota Jakarta Selatan dan juga dengan Pemerintah Provinsi DKI," ujar Akhmad Lafranta memungkasi.

Pada acara tersebut, juga diluncurkan aplikasi My Jaksel sebagai database anggota dan UMKM, lokapasar, layanan dan forum komunikasi per kelurahan dan per kecamatan. Juga penandatanganan Memorandum of understanding (MoU) antara KADIN Jakarta Selatan dengan Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dorong Pertumbuhan Ekonomi yang Inovatif

"Alhamdulillah, acara berjalan lancar dan Rapat Pimpinan Kota ini menghasilkan beberapa hal penting untuk kemajuan UMKM khususnya wilayah Jakarta Selatan. Satu diantaranya adalah Kadin akan melakukan pembinaan kepada UMKM bagaimana mengkombinasikan usaha di sektor digital, khususnya memanfaatkan e-commerce," kata Ketua Panitia Pelaksana RAPIMKOTA II, Amirullah saat ditemui ditempat acara.

Amirullah menambahkan, Rapat Pimpinan Kota (RAPIMKOTA) II tahun 2023 adalah Rapat Pimpinan Jajaran Organisasi, dalam rangka koordinasi, sinkronisasi dan upaya-upaya sinergistik dalam perencanaan dan pelaksanaan program-program antar jajaran pada tingkat masing-masing. Kewewenang Rapimkota sebagaimana diatur dalam Anggaran Dasar KADIN pasal 30 ayat 7 sesuai Keputusan Presiden RI No. 18 tahun 2022.

"Acara ini juga ada talk show dengan para narasumber yang membahas dan merumuskan strategi jitu dalam mendorong pertumbuhan ekonomi yang inovatif, kolaboratif dan mudah diterima dan dilaksanakan secara bersama-sama oleh para stakeholder," lanjutnya.

Pada kesempatan tesebut, Amirullah menjelaskan beberapa hasil pembahasan pada Rapat Pimpinan Kota II. "Kadin Jakarta Selatan akan melakukan pendataan UMKM dan akan selalu bersinergi dengan pemerintah daerah dan pusat untuk program pembinaan," imbuhnya.

Menurutnya, inovasi dan kolaborasi menjadi kunci pemulihan ekonomi di Indonesia yang terpuruk akibat pandemi COVID-19. Situasi pandemi juga menghasilkan perilaku baru dalam tatanan kehidupan bermasyarakat yang harus direspons dengan baik oleh pelaku usaha di dalam negeri. Dalam kehidupan tatanan baru atau lebih dikenal dengan istilah new normal, peranan teknologi informasi kian vital.

"Untuk itulah Kamar Dagang Indonesia Wilayah Kota Jakarta Selatan akan fokus pada program pemulihkan ekonomi pasca pandemi," ujar Amirullah memungkasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Kamar Dagang dan Industri Indonesia atau Kadin Indonesia adalah organisasi pengusaha Indonesia yang bergerak di bidang perekonomian.

    Kadin