Sukses

Resmikan Tol Semarang-Demak Seksi II, Jokowi: Sekaligus sebagai Tanggul Laut

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Jalan Tol Semarang- Demak, seksi II Sayung-Demak pada Sabtu, (25/2/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Jalan Tol Semarang- Demak, seksi II Sayung-Demak pada Sabtu, (25/2/2023). Jokowi menyatakan jalan sepanjang 16,01 km itu menghabiskan anggara sebesar Rp 5,9 trilliun.

Alhamdulillah jalan tol Tol Semarang- Demak, seksi II ruas Sayung-Demak sudah selesai dan siap dioperasikan sepanjang 16,01 km yang menghabiskan anggaran biaya Rp 5,9 trililiun,” kata Jokowi disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Sabtu (25/2/2023).

Jokowi menyebut tol tersebut cukup spesial sebab, tol juga berfungsi sebagai tanggul laut yang bisa mengurangi banjir rob di kawasan tersebut.

“Ini juga sekaligus sebagai tanggul laut, sehingga rob ke depan menurut saya akan semakin jauh dan level lebih tinggi, dan itu sedikit bisa kita cegah,” kata Jokowi.

Jokowi juga meminta para bupati, walikota hingga gubernur yang wilayahnya dilewati tol, agar segera menyambungkan dan mengintergrasikan kawasan industri, pertanian, perkebunan dan pariwisata dengan jalur tol sehingga penyaluran produk lebih cepat.

“Sehingga manfaatkan jalan tol untuk memberikan kecepatan baik dalam transportasi logistik, maupun produk-produk pertanian, perkebunan dan kawasan industri. Dengan kepecatan itu, efisiensi, daya saing competitiveness kita miliki,” pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Disambut Gubernur Jawa Tengah

Sebelumnya, Joko Widodo tiba di Pangkalan Udara Utama Angkatan Darat Ahmad Yani, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah, pada Sabtu, (25/2/2023) sekitar pukul 08.40 WIB. Hujan deras dengan angin kencang sambut ketibaan Jokowi dan rombongan.

Kedatangan Jokowi di Semarang disambut oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Widi Prasetijono , Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol. Ahmad Luthfi, dan Danlanumad Ahmad Yani, Letkol CPN Ihwan Okti Riyadi.

Dalam kunjungan kerja kali ini, Jokowi diagendakan menuju Kabupaten Demak untuk meresmikan Jalan Tol Semarang- Demak, seksi Sayung-Demak.

Sebelumnya, Jokowi beserta rombongan lepas landas menuju Provinsi Jawa Tengah melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 sekitar pukul 07.55 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.