Sukses

Wapres Ma’ruf Amin Tinjau Rekonstruksi Gedung SMK di Mamuju, PUPR Jelaskan Hasil Kerja Pascagempa

Kepada Wapres Ma'ruf Amin, pejabat Kementerian PUPR menyampaikan bahwa, catatan awal ada sebanyak 247 bangunan yang rusak terdampak gempa.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin meninjau langsung proyek rekonstruksi pasca-bencana gempa bumi yang melanda Mamuju, Sulawesi Barat. Pihak Kementerian PUPR pun menjelaskan secara langsung saat berada di SMK 1 Rangas, salah satu sekolah unggulan di Mamuju yang hancur terdampak gempa.

Pejabat Pembuat Keputusan (PPK) Prasarana Strategis Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sulbar Kementerian PUPR, M Sulthoni Rahman menyampaikan bahwa, catatan awal ada sebanyak 247 bangunan yang rusak terdampak gempa.

Setelah dilakukan assessment maka ada 139 bangunan yang ditangani Kementerian PUPR dan sisanya diurus oleh masing-masing instansi.

"Dari 139 itu kami kategorikan tiga bangunan. Ada fasilitas pemerintahan, kesehatan, dan pendidikan. Untuk pemerintah kami sudah selesaikan 64 bagunan dan sisanya masih dalam tahap penyelesaian. Dan untuk faskes meliputi Puskemas, Posyandu, RSUD, itu sudah kami selesaikan," tutur Sulthoni kepada Wapres Ma’ruf Amin di SMK 1 Rangas, Mamuju, Sulawesi Barat, Kamis (23/2/2023).

Kemudian, lanjutnya, ada 43 sekolah yang terdampak gempa dengan 37 di antaranya telah dibangun kembali, termasuk SMK 1 Rangas. Sementara, untuk gedung pemerintah, ada Kantor Bupati Mamuju yang hancur dan telah dibangun kembali.

"Kemudian RSUD juga sama sudah kami lakukan rekonstruksi, kantor gubernur saat ini sedang dalam proses pembangunan. Pendidikan, ini ada beberapa madrasah yang rusak parah sudah kami bangun kembali, contoh MAN Mamuju Bapak. Kalau rumah penduduk oleh Balai Perumahan. Kalau yang kami tangani di sini Direktorat Cipta Karya," ujar Sulthoni. 

"Dulu ini hancur ya? (SMK 1 Rangas)," tanya Ma’ruf.

"Keseluruhan bangunan di sini hancur, hanya menyisakan enam bangunan dan satu lantai. Yang di sana ada bangunan dua lantai memang dulunya semuanya hancur, menyisakan di belakang, yang di belakang lebih tinggi," jawab Sulthoni.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Wapres Ma'ruf: Jangan Sampai Menjadi SMK Teori

Menurutnya, ada 9 kompetensi di SMK 1 Rangas. Antara lain teknik otomotif, teknik dan bisnis sepeda motor, DKV, teknik instalasi listrik, teknik elektronika industri, agribisnis pengeloaan hasil pertanian, teknik pengelasan, konstruksi jalan irigasi dan jembatan, desain pemodelan dan informasi bangunan, serta dilengkapi laboratorium bahasa.

"Alat-alat labnya ini sejak gempa hancur semua, belum ada," sahut Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Barat, M Natsir kepada Wapres Ma’ruf.

"Sekarang belum ada?," tanya Ma’ruf.

"Belum ada, sudah hancur semua, sebelum gempa lengkap semua. Peralatan lab sebelumnya ada, sekarang pakai tenda dan sekolahnya di rumah warga," jawab Natsir.

"Praktiknya gimana?," kata Ma’ruf.

“Praktiknya, sekarang lebih banyak teori dulu," jawabnya.

“Wah ini jangan sampai SMK ini menjadi SMK teori. Gedungnya sudah siap?," tanya Ma’ruf lagi.

“Sudah siap, ada 15 bangunan yang direkonstruksi dan enam direhab, yang dua lantai kami rekonstruksi, yang belakang satu lantai kami rehab. Kami bangun dengan standar gempa baru," jelas Pejabat Pembuat Keputusan (PPK) Prasarana Strategis Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sulbar Kementerian PUPR, M Sulthoni Rahman.

"SMK ini praktik, supaya jangan lama-lama," Wapres Ma’ruf menandaskan.

3 dari 3 halaman

21 Bangunan Gedung Baru

Secara rinci, sekolah yang ditinjau langsung oleh Wapres Ma’ruf Amin yakni SMKN 1 Rangas dengan pihak pelaksana pembangunan PT Nindya Karya. Jumlah dana yang diperlukan sebanyak Rp66.197.552.367,275 dengan sumber dana APBN.

Untuk jumlah bangunan baru yang didirikan ada 21 gedung, yang dilakukan rekonstruksi 15 gedung, rehabilitasi 6 gedung. Adapun luas lahan yang digunakan 38.400 meter persegi dengan jumlah daya tampung siswa 1.296 orang.

Kemudian untuk pemberian bantuan alat sekolah secara simbolis diberikan kepada empat perwakilan siswa SMA, tiga siswa SMP, dan tiga siswa SD.

Perlengkapan yang diserahkan secara rinci antara lain seragam sekolah meliputi sepatu, tas sekolah, buku, baju, celana, rok, jilbab, topi. Selanjutnya seragam pramuka meliputi sepatu, tas, baju pramuka, kacu, dan topi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Ma'ruf Amin merupakan ulama yang digandeng Jokowi untuk menjadi cawapres dalam Pemilihan Presiden 2019.
    Ma'ruf Amin merupakan ulama yang digandeng Jokowi untuk menjadi cawapres dalam Pemilihan Presiden 2019.

    Ma'ruf Amin

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Mamuju adalah kota yang terdapat di bagian barat Sulawesi.
    Mamuju adalah kota yang terdapat di bagian barat Sulawesi.

    mamuju