Sukses

Gibran Ungkap 16 Program Pembangunan Kota Solo, Sebagian Sudah Bisa Dinikmati Masyarakat

Wali kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengungkap 16 program prioritas pembangunan Kota Solo pada tahun ini. Menurutnya sebagian dari proyek pembanguan tersebut telah bisa dinikmati masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Wali kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengungkap 16 program prioritas pembangunan Kota Solo pada tahun ini.

Menurutnya sebagian dari proyek pembanguan tersebut telah bisa dinikmati masyarakat.

"Wajah baru dan segar sudah mulai tampak di beberapa spot Kota Solo," ujar Gibran melalui beberapa unggahan di media sosial Instagram @gibran_rakabuming yang bercentang biru, Jumat (10/2).

Dampak dari berbagai pembangunan itu adalah peningkatan sektor ekonomi dan sosial Kota Solo, tambah Gibran Rakabuming.

"Solo siap menjadi destinasi impian bagi yang tinggal maupun yang datang," ucap putra pertama Jokowi itu.

Mengutip laman resmi Pemerintah Kota Surakarta, 16 titik pembangunan kota tersebut meliputi:

  • Masjid Raya Syekh Zayed Solo

Seperti dikutip dari surakarta.go.id, pembangunan Masjid Raya Syekh Zayed ini sudah rampung, meski belum dibuka untuk ibadah umat. Namun tak lama lagi masjid tersebut akan bisa difungsikan untuk ibadah sekaligus destinasi wisata religi.

  • Islamic Center

Bangunan Islamic Center ini berada dalam satu kompleks dengan Masjid Syekh Zayed, dan bertujuan menjadi pusat pendidikan dan pengajaran Islam. Saat ini tengah dikembangkan pula ekonomi berbasis syariah di lokasi tersebut. 

  • Elevated Rail Simpang Tujuh Joglo

Elevated rail ini digadang-gadang bakal menjadi rel layang terpanjang di Indonesia. Lokasi Simpang Tujuh Joglo diketahui memang langganan macet, sehingga pembangunan proyek tersebut diharapkan akan mengurangi beban kemacetan. Saat ini konstruksinya sedang berlangsung.

  • Revitalisasi Technopark

Kawasan ini berada tak jauh dari Kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Keberadaan proyek ini untuk mengembangkan UMKM yang bekerja sama dengan beberapa pihak swasta. Proyek ini juga melibatkan UNS dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, SKK Migas, Petrotechno dan Indofarma.

  • Revitalisasi Ngarsopuro dan Koridor Gatot Subroto

Berada di jantung Kota Solo, revitalisasi Ngarsopuro dan Koridor Gatot Subroto, saat ini sudah tampak hasilnya. Menjadi sentra UMKM, budaya dan pentas seni yang pasti menghidupkan Solo sebagai Kota Budaya dan Seni.  

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Solo Safari

  • Revitalisasi Kebun Binatang Jurug

Sebelum bermetamorfosa sebagai Solo Safari, lokasi ini dikenal sebagai Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ).

Soft opening Solo Safari sudah dimulai pada 27 Januari 2023. Sebentara lagi akan dibuka untuk umum, sembari menyelesaikan beberapa fase lagi. Dalam pengelolaannya, Pemkot Surakarta menggandeng Taman Safari Indonesia.

  • Shelter Manahan

Lokasi ini sering dimanfaatkan sebagai tempat kuliner warga Solo. Melalui konsep penataan ruang publik, Shelter Manahan bertambah indah dan menarik untuk dikunjungi. Digarap mulai Mei 2022, sekarang sudah tampak rapi dan tertata.

  • Revitalisasi Lokananta

Lokanata merupakan industri rekaman tertua di Indonesia. Pada masa keemasannya, Lokananta banyak melahirkan rekaman lagu dari musisi-musisi besar di Indonesia.

Saat ini sedang berlangsung pembangunan tambahan untuk area pentas musik indoor dan outdoor. Lokananta disiapkan sebagai destinasi edukasi di bidang musik, yang memiliki beragam koleksi berharga.

  • Revitalisasi Taman Balekambang Solo

Taman Balekambang Solo disiapkan menjadi pusat kebudayaan Jawa. Gedung kesenian tak luput dari rehabilitasi tersebut. Juga akan ada art work area open stage, yang menjadi pusat pementasan seni di panggung terbuka.

  • Revitalisasi Sentra IKM Meubel Gilingan

Lokasi ini dikembangkan menjadi sentra IKM mebel berkualitas dan menjadikan pusat mebel layak eksport.

  • Revitalisasi Pasar Jongke

Konsep revitalisasi Pasar Jongke ini digabungkan dengan Pasar Kabangan yang dimulai pada 2023.

 

3 dari 3 halaman

Pura Mangkunegaran

  • Revitalisasi Pura Mangkunegaran

Sebagai ikon budaya, Pura Mangkunegaran dikembangkan menjadi destinasi budaya. Saat ini Taman Pracima yang ada di kompleks Pura Mangkunegaran sudah rampung pengerjaannya.

Soft launching Taman Pracima dilakukan pada 21 Januari 2023. Keindahannya bak taman raja yang dipenuhi bunga-bunga cantik, bangunan estetik dan air mancur.

  • Museum of Culture and Technology

Cultural Science and Technology Museum (Museum Budaya, Sains dan Teknologi) dibangun di kawasan Pedaringan, Jebres, Solo. Lokasi ini disiapkan menjadi kawasan pendukung riset dan akademis. Peletakan batu pertama sudah dilakukan pada 25 Januari 2023. Pengusaha nasional pemilik Mayapada, Sri Dato Tahir menjadi investor proyek pembangunan kawasan riset ini.

  • PLTSA Putri Cempo

PLTSA Putri Cempo Surakarta merupakan proyek sistem pengelolaan sampah yang akan dikonversi menjadi energi listrik. PLTSA ini diharapkan bakal mencukupi kebutuhan listrik di Kota Solo.

  • Revitalisasi GOR Indoor Manahan

Pembangunan proyek ini sempat berhenti beberapa tahun. Kini Pemkot Surakarta segera merampungkan pembangunannya agar kelak dapat digunakan untuk berbagai cabang olah raga seperti bulutangkis hingga basket.

  • Penataan Kawasan Kumuh Semanggi-Mojo

Rumah warga di areal itu ditata menjadi lebih rapi dengan membangun rumah-rumah tipe sederhana, agar tak terkesan kumuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.