Sukses

Kemenparekraf dan RichWorks Kembangkan Bisnis dan Ciptakan Lapangan Kerja Baru

Kemenparekraf dan RichWorks akan memberikan program pembinaan dan pendampingan usaha kepada pemilik usaha kecil.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) telah bermitra dengan RichWorks, sebuah perusahaan pelatihan dan pendampingan bisnis terkemuka untuk membantu pengusaha dan pemilik usaha kecil menciptakan usaha sukses yang akan menghasilkan peluang kerja di masa depan.

Untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia, Kemenparekraf dan RichWorks akan memberikan program pembinaan dan pendampingan usaha kepada pemilik usaha kecil.

Melalui kemitraan ini, para pengusaha akan dilengkapi dengan keterampilan dan sumber daya yang diperlukan untuk menciptakan bisnis berkelanjutan yang dapat menciptakan lapangan kerja baru dan berkontribusi pada pembangunan ekonomi negara.

"Kami senang dapat bermitra dengan RichWorks untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan usaha kecil di Indonesia," ujar Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

"Dengan bekerja sama, kita dapat membantu pengusaha dan pemilik usaha kecil untuk menciptakan perusahaan sukses yang tidak hanya menghasilkan pendapatan tetapi juga menciptakan lapangan kerja di masa depan," imbuh dia.

RichWorks memiliki rekam jejak yang terbukti dalam membantu bisnis kecil tumbuh dan sukses. Dengan strategi pengembangan bisnis yang inovatif dan keahlian yang mendalam dalam kewirausahaan, RichWorks dapat memberikan dukungan dan sumber daya yang diperlukan untuk membantu pengusaha Indonesia menciptakan bisnis yang sukses.

"Kami sangat senang bisa bekerja sama dengan Kemenparekraf untuk mendukung pemilik usaha kecil di Indonesia," ujar Datuk Jerry Rizal, Executive Chairman RichWorks Malaysia.

“Kami percaya bahwa kewirausahaan adalah kunci untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi dan kesempatan kerja. Dengan bekerja sama, kita dapat membantu para pengusaha membangun bisnis yang sukses yang akan menciptakan lapangan kerja baru dan berkontribusi pada pembangunan ekonomi Indonesia," imbuh dia.

Menurutnya, RichWorks tidak hanya membantu pengusaha Malaysia, tapi juga di luar negeri, termasuk Indonesia. RichWorks membuka potensi pribadi dan bisnis untuk menciptakan pengusaha sukses. Kami juga telah mendirikan RichWorks Indonesia yang dipimpin oleh Ibu Aryani Firdaus, Chief Executive Officer untuk mendukung inisiatif di sini.

"Sangat membanggakan, kali ini ada 23 anggota Mentorship Indonesia bersama kami hari ini. Insya Allah jumlah ini akan bertambah dengan menyambut baik persetujuan dan dukungan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Indonesia dan Menparekraf Sandi Uno. Mari berdoa bersama," katanya.

Menurutnya, angka penjualan yang meningkat menunjukkan peningkatan prestasi anggota RichWorks Titanium di bawah bimbingan intensif Datuk Wira Dr Azizan Osman.

"Tahukah Anda, selama 9 tahun berdirinya Titanium Circle, jumlah akumulasi pendapatan penjualan sebanyak RM 24 bilion. Sebagai indikator, mengacu pada statistik dari Departemen Statistik Nasional Malaysia tanggal 27 Juli 2022, tingkat pertumbuhan penjualan UKM Malaysia hanya sebesar 1%," jelasnya.

Ia pun mengumumkan, tahun 2022 saja total penjualan terkumpul anggota RichWorks Titanium akan menjadi 3,5 billion Ringgit Malaysia, yang merupakan peningkatan sebesar 110%. Sebanyak 51% Anggota RichWorks Titanium mencapai 5% atau lebih pertumbuhan dalam bisnis mereka.

"Dan perlu diingat bahwa lonjakan penjualan ini terjadi pada saat dunia sedang menghadapi krisis The Great Resignation dan Malaysia juga menerima beban tantangan ekonomi global termasuk ketidakpastian ekonomi pasca pandemi COVID-19, krisis geopolitik yang berdampak pada rantai pasokan dan tekanan inflasi," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lapangan Kerja Baru

Tahun lalu, sebanyak 46 bisnis dianugerahi gelar Gladiator dengan pencapaian penjualan melebihi RM 10 juta per tahun atau setara dengan Rp 34 miliar. Selain itu, sebanyak 13 bisnis mendapatkan predikat Gladiator Prime dengan mencapai volume penjualan melebihi RM 25 juta per tahun atau setara dengan Rp 85 miliar.

Selanjutnya, sebanyak 5 pelaku usaha telah mendapatkan predikat Ksatria, yang berarti telah mencapai omzet penjualan sebesar 50 juta atau lebih atau setara dengan Rp 171 miliar.

"Dan yang paling seru, sebanyak 6 bisnis telah dianugerahi predikat Stallion dimana mereka meraih penjualan lebih dari RM 100 juta setara dengan Rp 342 miliar," terangnya.

Pada September 2022, RichWorks International bekerja sama dengan RichWorks Indonesia meluncurkan program Mentoring bernama Mentorship Indonesia di Inner Circle Meeting Bali.

"Pendampingan ini lahir dari aspirasi dan upaya Datuk Wira Dr Azizan Osman, Mentor dan Pengasas RichWorks bersama Menteri Sandiaga Uno. Ketekunan mereka terlihat dan hasilnya, 44% anggota Mentorship Indonesia telah mencapai peningkatan penjualan hanya dalam waktu 6 bulan dibimbing oleh RichWorks," ujarnya.

Kemitraan Kemenparekraf dan RichWorks merupakan langkah signifikan menuju terciptanya ekonomi yang dinamis dan berkelanjutan di Indonesia. Dengan bekerja sama, organisasi ini akan membantu pengusaha dan pemilik usaha kecil untuk berhasil, menciptakan lapangan kerja baru dan mendorong pertumbuhan ekonomi negara.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai kerjasama Kemenparekraf dan RichWorks, silakan kunjungi website Mentorship Indonesia. Richworks Indonesia telah resmi luncurkan Website Mentorship Indonesia bagi para pengusaha di richworks.co.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.